Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TIPS MERISET PILIHAN TEMPAT KULIAH DI MASA PANDEMI

Tips Meriset Pilihan Tempat Kuliah Di Masa Pandemi

Saat ini, sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu online sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19). Dengan tersedianya berbagai informasi yang menarik di internet, kita bisa dengan mudah kehilangan fokus atau malah kewalahan memproses semua konten yang ada. Karena itu, terkadang sulit untuk mengetahui cara memaksimalkan produktivitas kita di ranah online. Ada banyak informasi berharga yang tersedia di internet dan keterampilan untuk memahami semuanya adalah kunci utamanya. Saat kamu ingin mencari informasi secara online mengenai opsi tempat kuliah terbaik, kamu bisa mengikuti beberapa tips sederhana untuk membantumu mencapai tujuan studimu. Berikut adalah panduan yang disusun oleh tim Hotcourses Indonesia untuk membantumu melakukan riset online dengan lebih efektif.

 

 

Buatlah Kerangka Kerja

 

Sebelum memulai riset atau pencarian informasi tempat kuliah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target dan kemudian mengerucutkan pencarian. Dengan begitu, kamu bisa mulai menyusun kerangka kerja untuk memperjelas proses risetmu. Kamu bisa memulai proses ini dengan mengumpulkan serangkaian pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui dari sebuah universitas. Hal ini akan membantumu mengeliminasi semua informasi yang kurang relevan dengan tujuanmu. Misalnya, kamu bisa mencari informasi tentang kebijakan yang diambil sebuah institusi pendidikan tinggi mengenai virus corona. 


Teknik lain yang membantu dalam mengembangkan rencana kerja adalah penggunaan kata kunci. Susunlah satu set kata kunci sebagai panduan utama dalam proses meneliti universitas pilihanmu - ini akan membantu risetmu tetap terfokus. Kami juga menyarankan agar kamu membagi rencana penelitianmu menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dilaksanakan. Selain memungkinkanmu untuk melacak kemajuan risetmu, pembagian ini juga akan menciptakan alur kerja yang lebih logis. 

 

Buatlah Kerangka Kerja


Jenis informasi yang akan kamu temui adalah hal lain yang perlu kamu pertimbangkan. Saat meneliti atau membandingkan universitas/institusi pendidikan tinggi, kamu akan menemukan informasi berbasis fakta dan juga informasi yang berorientasi pada opini. Karena itu, buatlah rencana kerja yang memungkinkanmu untuk menganalisis kedua jenis informasi ini dengan objektif.
 

 

 

Buatlah Jadwal

 

Membuat jadwal riset dengan tenggat waktu yang jelas akan membantu meningkatkan produktivitasmu. Kamu bisa menetapkan target harian atau mingguan dalam penyusunan jadwal ini. Jadwal yang ideal akan memiliki pembagian waktu yang jelas untuk setiap aspek yang kamu teliti dari sebuah universitas. Tim Hotcourses Indonesia menyarankan agar kamu menyisihkan waktu khusus untuk melakukan riset - ini akan membantumu tetap fokus dan termotivasi. Pastikan jadwalmu cukup fleksibel untuk berjaga-jaga bila kamu menghadapi halangan saat melakukan riset.


Kamu juga bisa menentukan waktu spesifik untuk menelusuri jenis sumber informasi tertentu di internet. Misalnya, kamu bisa menggunakan 1 hari untuk melihat semua informasi yang tersedia di Google, 1 hari untuk membaca informasi di situs resmi universitas dan 1 hari untuk membaca brosur/prospektus.

 

 

Dengan adanya jadwal, kamu bisa memastikan proses risetmu sesuai dengan kerangka kerja dan tidak keluar jalur. Ini akan memudahkanmu dalam mengumpulkan informasi dan menjaga objektivitas. Ditambah lagi, pasti kamu akan merasa puas saat bisa menandai semua poin dalam to-do list yang telah kamu susun.

 

 

Tetaplah Terorganisir

 

Bagian terpenting dari riset online adalah mengorganisir hasil pencarianmu. Jangan sampai kamu kehilangan informasi berharga karena kamu tidak menyimpannya dengan baik. Saat mengumpulkan informasi, cobalah mencari sistem pengarsipan yang paling sesuai untukmu - mungkin berdasarkan tema, topik, atau tanggal. Kamu juga bisa mengorganisir hasil penelitianmu berdasarkan jenis sumbernya, seperti video atau podcast.  

 
Terkadang ada beberapa informasi yang tidak bisa disimpan langsung dari sumbernya. Karena itu, kami menyarankan kamu mencatat semua informasi tersebut dalam 1 file MS Word atau Excel. Pastikan kamu menamakan file dan folder penelitianmu dengan baik untuk memastikan hasil pencarianmu tetap teroganisir. Buatlah juga catatan mengenai informasi yang telah kamu temukan dan informasi yang masih belum kamu dapatkan. Ini akan membantumu dalam menyusun jadwal riset berikutnya.

 

Jangan lupa untuk menandai halaman-halaman web yang penting dengan fitur bookmark di browser-mu. Dengan begitu, kamu bisa memiliki daftar sumber infomasi yang bisa kamu lihat setiap saat. Selain itu, metode ini juga bisa membantu menandai sumber informasi menarik yang mungkin tidak terkait dengan pencarianmu, seperti cara mendanai biaya kuliah ke luar negeri.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

Carilah Sumber Informasi Sebanyak Mungkin

 

Meskipun memang lebih baik untuk menjalankan risetmu dengan menggunakan sumber-sumber informasi utama (contoh: situs web atau brosur universitas), kamu bisa juga mencari dari sumber informasi alternatif. Misalnya, kamu bisa mencari artikel di koran, jurnal atau majalah untuk mendapatkan informasi ekstra mengenai sebuah institusi dan budayanya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengerti mengenai sejarah sebuah universitas dan keberhasilan program-programnya. Selain itu, kamu bisa membaca situs-situs web pendidikan tinggi dan bahkan mengobrol dengan mahasiswa yang tengah berkuliah di universitas pilihanmu - semua ini pasti bisa memberi tambahan informasi berharga untuk penelitianmu.

 

Saat ini, ada banyak konten ciptaan berbagai mahasiswa di seluruh dunia mengenai universitas mereka. Kamu bisa memproses semua konten ini untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman nyata berkuliah di universitas tertentu. Bisa jadi kamu akan menemukan aspek-aspek menarik yang sebelumnya tidak pernah kamu pertimbangkan. Dari sini, sudah jelas bahwa menggunakan banyak sumber bisa membantumu untuk lebih objektif dan menemukan hal-hal tentang dirimu yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

 

 

Pilihlah Sumber Informasi Dengan Bijak

 
Salah satu aturan utama untuk riset online adalah bersikap bijak dalam memilih sumber informasi. Pastikan kamu menggunakan search engine bereputasi baik untuk menyaring hasil pencarian dan periksalah tanggal di situs web / artikel yang kamu temukan untuk memastikan informasinya masih relevan. Ini penting kamu perhatikan, karena informasi yang berkaitan dengan persyaratan masuk, tanggal pendaftaran dan informasi program studi harus seakurat mungkin.

 

Saat menelusuri media sosial dan forum online, pastikan kamu mendapatkan informasi dari pihak resmi yang terverifikasi. Coba juga lakukan cross checking untuk memastikan kebenaran suatu informasi. Misalnya, jika kamu melihat posting di Facebook mengenai sebuah beasiswa, lihat apakah sumbernya merupakan individu atau halaman universitas. Kemudian carilah informasi di situs web institusi yang bersangkutan untuk memastikan informasi beasiswa tersebut benar adanya.

 

 

Terkadang sangat mudah untuk mengetahui apakah sumber informasi yang kamu temukan bisa diandalkan. Jika situs web yang kamu akses penuh dengan kesalahan informasi/penulisan atau memiliki rancangan yang buruk, maka pasti situs tersebut bukan sumber informasi yang baik. Situs-situs online yang meminta informasi pribadimu tanpa alasan yang jelas juga patut kamu waspadai. 

 

Beberapa situs universitas memberikan pilihan untuk berlangganan newsletter atau mendaftarkan akun baru, tapi semua ini harus dilakukan dengan aman. Kalau kamu telah memverifikasi keabsahan situs web tersebut dan muncul tanda gembok di browser-mu, kemungkinan besar proses pendaftarannya aman. Tanda gembok ini juga menandakan bahwa semua informasi yang kamu masukkan akan dienkripsi.

 

 

Tips Riset Online Terbaik

 

Kalau kamu ingin melakukan riset online yang sukses, inilah rangkuman beberapa tips yang perlu kamu terapkan:

  • Tentukan apa yang ingin kamu cari;

  • Tentukan kata-kata kunci dan buatlah jadwal serta to-do list;

  • Organisir hasil penelitianmu dengan cermat;

  • Tandai situs web dan buat file MS Word / Excel untuk menyimpan semua informasi yang kamu kumpulkan;

  • Buat catatan mengenai informasi yang kamu dapatkan;

  • Lakukanlah evaluasi informasi dan pastikan sumber informasimu valid;

  • Gunakan berbagai sumber informasi.

 

Setelah menemukan pilihan universitas terbaik, kamu bisa mempertajam risetmu dengan mengirimkan pertanyaan-pertanyaan penting sehubungan virus corona ke pihak universitas dan mencari peringkat universitas tersebut dalam daftar QS World University Rankings.

 

Jangan lupa bahwa kamu juga bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk membantumu menemukan jurusan kuliah yang cocok untukmu.

 

Sudah menemukan pilihan tempat kuliah terbaik di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

Wajib dibaca