Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

TANYA JAWAB SEPUTAR VIRUS CORONA DAN RENCANA STUDIMU

share image

Hotcourses Indonesia mengerti bahwa kamu mungkin cemas dengan situasi saat ini sehubungan dengan virus corona (COVID-19) dan pengaruhnya pada studimu. Karena itu, kami akan mencoba membantumu dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang masalah ini.

 

 

Q: Apa saya saat ini masih tetap harus mencari universitas dan peluang studi di luar negeri?

 

A: Kami menyarankan kamu untuk tetap mencari universitas dan peluang studi. Dengan membuat rencana studimu di masa depan, kamu bisa menyiapkan berbagai pilihan rencana untuk mengantisipasi segala situasi yang mungkin akan kamu temui di masa mendatang. Cari tahu informasi lengkap mengenai berbagai institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia agar kamu bisa mendapatkan pilihan tempat belajar yang paling sesuai dengan kondisi terkini. Dari pencarian ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi opsi kuliah online atau tanggal perkuliahan yang dimundurkan. Merencanakan masa depan dengan menggunakan semua informasi yang tersedia adalah langkah bijak untuk saat ini. 

 

 

Q: Apa yang dilakukan universitas-universitas internasional untuk menangani situasi saat ini?


A: Berbagai universitas di seluruh dunia telah mengikuti saran pemerintah setempat dan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) untuk menutup kampus demi melindungi komunitas universitas dan mencegah penyebaran COVID-19. Mereka juga telah merancang rencana untuk membantu mahasiswa menyelesaikan kurikulum dan semester yang tengah berlangsung saat ini. Rancangan ini termasuk menyesuaikan kriteria penilaian, memindahkan pengajaran dan pembelajaran ke ranah online, serta memfasilitasi kerja jarak jauh untuk staf akademik dan administrasi.

 

Universitas-universitas di berbagai belahan dunia sangat paham mengenai kekhawatiran yang dialami para mahasiswa dalam situasi saat ini. Karena itu, beberapa institusi telah memundurkan berbagai tenggat waktu untuk meringankan tekanan pada mahasiswa. Kami menyarankan agar kamu menghubungi institusi tempatmu belajar atau institusi yang kamu minati untuk melihat rencana dan prosedur apa yang tengah mereka jalankan untuk menghadapi isu COVID-19.

 


Q: Negara mana saja yang saat ini memberlakukan pembatasan masuk bagi WNA?


A: Kami menyarankan kamu mencari sumber informasi resmi dari pemerintah negara tempatmu belajar atau negara tujuanmu. Kamu bisa mengakses informasi untuk beberapa negara dari daftar di bawah ini:

 

Australia

Kanada

Perancis

Jerman

Italia

Selandia Baru

Spanyol

Inggris

Amerika Serikat

 
Jika negara yang kamu cari tidak tercantum di sini, silakan merujuk ke daftar ini.

 

 

 

Q: Apa yang harus saya lakukan jika universitas pilihan saya ditutup?


A: Dengan banyaknya penutupan sementara universitas untuk melindungi kesehatan staf dan mahasiswa, mungkin kamu menjadi ragu untuk kuliah ke luar negeri. Saat ini, masing-masing universitas memiliki sejumlah protokol yang disesuaikan dengan bimbingan dan saran pemerintah setempat. Kami menyarankan kamu mengakses situs resmi universitas-universitas pilihanmu untuk mendapatkan informasi terbaru. Banyak universitas memiliki informasi khusus tentang COVID-19 karena berkaitan dengan kelangsungan operasional mereka. Kalau kamu tidak bisa menemukan informasi ini di beranda situs universitas, coba gunakan fitur pencarian di situs tersebut.

 

Selain itu, kebanyakan universitas telah menyiapkan alamat email atau detail kontak khusus masalah ini yang bisa dihubungi oleh mahasiswa dan calon mahasiswa. Kamu bisa mengirimkan pertanyaan dan menerima jawaban langsung dari staf universitas. Para staf tersebut juga bisa memberikan dukungan untuk mahasiswa dalam banyak bidang, mulai dari kesejahteraan hingga nasihat karir.


Banyak universitas internasional telah memindahkan kelas, sumber daya, dan penilaian mereka ke ranah online untuk mengakomodasi mahasiswa. Situasi ke depan memang masih agak tidak pasti, namun beberapa universitas tengah mempersiapkan para mahasiswa baru untuk memulai semester pertama dengan pembelajaran online sampai mereka bisa bergabung secara langsung. Perlu diingat bahwa semua universitas menginginkan mahasiswa baru dan mereka bekerja keras untuk memastikan proses penerimaan mahasiswa tidak terhambat.

 


Q: Apakah saya masih dapat mengikuti tes bahasa Inggris?
 

A: Penyelenggara tes bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL telah mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi staf dan peserta ujian mereka. Ini berarti lokasi-lokasi tertentu telah mengumumkan penundaan pelaksanaan tes. Lokasi-lokasi lain yang masih beroperasi mengambil tindakan pencegahan seperti menyediakan masker, hand sanitizer dan partisi. Kamu bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah ini di situs resmi IELTS. Kalau kamu ingin informasi terbaru mengenai TOEFL dan GRE, langsung saja cek situs resmi ETS.

 

(Baca juga: MENGIKUTI TES BAHASA INGGRIS TANPA PERLU KELUAR RUMAH)

 

 

Q: Bagaimana jika saya telah diterima di universitas luar negeri untuk tahun ajaran 2020?


A:  Kalau kamu telah diterima oleh universitas pilihanmu untuk tahun ajaran 2020, maka tawaran tersebut masih berlaku. Pihak-pihak universitas sampai saat ini tidak membatalkan penawaran penerimaan mahasiswa baru. Ada kemungkinan besar kamu akan menerima pemberitahuan langsung dari institusi pilihanmu mengenai tanggal mulai kuliah dan apakah komponen kuliahmu akan dikirim secara online. Kamu mungkin akan harus menyelesaikan beberapa masalah administrasi dan pihak universitas akan memberikan informasi mengenai hal ini pada waktunya. Jika kamu menemukan masalah atau ingin mengajukan pertanyaan, langsung saja hubungi institusi pilihanmu tersebut.

 


Q: Bagaimana jika saya saat ini berstatus mahasiswa di universitas mancanegara?
 

A:  Semua universitas internasional telah menjalankan prosedur dan protokol yang diperlukan untuk menghadapi isu COVID-19. Selain berfokus pada keamanan mahasiswa dan staf, mereka juga memiliki fokus tambahan untuk memastikan kurikulum tetap berjalan. Kalau kamu masih merasa cemas, bicarakanlah dengan perwakilan universitas sesegera mungkin. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh informasi tentang program studimu dan rencana universitasmu mengenai akomodasi, keamanan dan keselamatan mahasiswa.

 

Kamu juga sebaiknya menghubungi KBRI untuk menerima informasi terbaru mengenai kebijakan Pemerintah Indonesia sehubungan dengan warga negaranya yang tengah berada di negara asing. Kalau kamu saat ini sedang berada di Indonesia, kami menyarankan kamu menghubungi kedutaan besar negara tempat kuliahmu untuk mendapatkan informasi apakah ada pembatasan atau prosedur khusus bagi WNA yang ingin bepergian ke negara tersebut.

 


Q Apakah saya masih perlu belajar dan mengerjakan tugas?


A:  Dalam kebanyakan kasus, kamu tentunya harus tetap belajar dan mengerjakan tugas. Namun kamu perlu menghubungi universitasmu untuk mendapatkan informasi mengenai ujian, tugas kuliah dan tenggat waktu. Beberapa universitas telah menjalankan sistem ujian online dan ini berarti kamu harus tetap belajar. Jika saat ini kamu kuliah di universitas luar negeri, hubungi kepala program studimu atau dosen pembimbingmu untuk mengetahui bagaimana kamu akan mendapatkan nilai dan kapan proses tersebut berlangsung. Kebanyakan universitas telah memiliki rencana untuk memastikan kurikulum tetap berjalan jika memungkinkan.

 

 

Q: Apakah sistem pengajaran online ini akan mempengaruhi perkuliahan saya?
 

A: Kamu pasti perlu membiasakan diri dengan pembelajaran online, tapi ini adalah opsi yang paling praktis dan efektif dalam situasi saat ini. Transisi ke pembelajaran online harus dilakukan dengan cepat, sehingga mungkin ada beberapa masalah teknis yang perlu ditangani oleh pihak universitas. Namun sebagian besar universitas sudah memiliki infrastruktur yang tepat untuk menyediakan layanan pembelajaran online secara profesional.

 

Kalau kamu mengalami kesulitan saat kelas online, kami menyarankan untuk langsung meminta bantuan ke dosen. Jangan ragu untuk menghubungi pihak universitas jika kamu mengalami masalah teknis atau situasi di tempat tinggalmu membuat pembelajaran online sulit dilakukan.

 

 

Q: Di mana saya bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai studi saya?


A: Setiap universitas beroperasi secara mandiri dan situasi saat ini terus berkembang. Kami menyarankan kamu memeriksa situs resmi universitas atau institusi pilihanmu untuk mendapatkan informasi spesifik mengenai tanggal perkuliahan, pendaftaran, dan apa pun yang berkaitan dengan virus corona. Kamu juga bisa menghubungi pihak universitas melalui media sosial dan email.

 

 

Sedang merasa kewalahan mencari informasi untuk kuliah di luar negeri di situasi saat ini? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di universitas-universitas terbaik di mancanegara.

 

 

Sumber:

Hotcoursesabroad.com