Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

MENGIKUTI TES BAHASA INGGRIS TANPA PERLU KELUAR RUMAH

share image

Sebagai persiapan kuliah di luar negeri, kamu pasti harus memiliki skor tes bahasa Inggris untuk syarat pendaftaran. Namun tes seperti IELTS dan TOEFL tentunya wajib kamu ikuti di tempat-tempat resmi yang dipilih oleh pihak penyelenggara. Hal ini bisa menjadi masalah tersendiri, karena saat ini kita tengah dianjurkan untuk diam di rumah demi menekan lajunya penyebaran virus corona (COVID-19). Keharusan mendatangi tempat ujian ini juga menyulitkan bagi individu yang tinggal di lokasi terpencil atau mengalami masalah mobilitas. Untungnya, sebagai solusi dari isu-isu di atas, semakin banyak universitas internasional kini mengumumkan bahwa mereka menerima hasil Duolingo English Test (DET) sebagai bagian berkas pendaftaran.

 

Dalam periode self-isolation ini, DET adalah pilihan yang ideal karena bisa kamu ikuti tanpa perlu meninggalkan rumah. Kamu hanya perlu komputer yang tersambung ke internet dan 1 ruangan khusus dalam rumahmu untuk digunakan sebagai tempat ujian. Selain itu, biaya untuk mengambil DET hanya sebesar USD 49 - jauh lebih murah dibanding biaya IELTS atau TOEFL. Tes yang berlangsung sekitar 1 jam ini juga mengeluarkan nilai dalam waktu 2 hari saja dan tidak membebankan biaya untuk pengiriman nilai ke universitas pilihanmu.

 


Struktur Duolingo English Test


Duolingo English Test dirancang untuk menilai kemampuan bahasa peserta dengan cara mengukur kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan sang peserta. Kefasihan tiap peserta tes kemudian akan dilaporkan dalam format nilai holistik mulai dari 10 sampai 160.

 

Tes ini unik karena sifatnya yang adaptif - ini berarti jika kamu menjawab pertanyaan dengan benar, maka sistem akan memastikan bahwa pertanyaan berikutnya akan lebih sulit. Sebaliknya, jika kamu salah menjawab, pertanyaan yang kamu temui berikutnya akan lebih mudah. Karena itu, hanya dengan pertanyaan yang relatif sedikit, DET dapat menentukan tingkat kefasihan peserta dengan cepat.

 

Tes ini dibagi menjadi 3 bagian utama:

 

1. Quick Setup

Bagian ini adalah bagian perkenalan yang akan menginformasikan peraturan dan persyaratan tes. Kamu akan diminta untuk menyesuaikan perangkat-perangkat tambahan di komputermu - seperti mikrofon, speaker dan kamera - untuk memastikan tes bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga akan diminta mengisi data pribadi dan menunjukkan tanda pengenalmu. Bagian ini akan memakan waktu sekitar 5 menit.

 

 

2. Adaptive Test 


Pada bagian ini, keterampilanmu dalam membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan akan dievaluasi dan dinilai. Kalau kamu pernah mengambil IELTS atau TOEFL sebelumnya, mungkin format DET akan terasa sedikit asing. Kamu akan diminta menjawab berbagai pertanyaan dan melakukan berbagai tugas, antara lain: 

  • Mendengarkan kata-kata yang diucapkan dan memilih kata yang benar;

  • Mengamati kata-kata tertulis dan memilih kata yang benar;

  • Mengisi huruf-huruf yang hilang dari sebuah teks;

  • Mendeskripsikan sebuah gambar secara tertulis;

  • Membuat video di mana kamu mengucapkan sebuah kalimat;

  • Menjawab pertanyaan dalam format audio secara verbal;

  • Membuat tulisan untuk menanggapi sebuah pertanyaan;

  • Menuliskan pernyataan yang telah kamu dengarkan.

Bagian ini akan memakan waktu sekitar 45 menit. Menurut pihak Duolingo, peserta dengan tingkat kefasihan tinggi mungkin bisa menyelesaikan bagian ini di bawah 45 menit.

 


3. Wawancara Video


Dalam bagian ini, kamu akan diminta untuk berbicara selama 1-3 menit tentang topik tertentu (DET menawarkan 2 pilihan topik). Bagian ini tidak dinilai, tapi nantinya bisa diakses oleh pihak universitas pada saat mereka menerima hasil tesmu. Ini bisa menjadi nilai tambahan yang positif untuk proses pendaftaranmu.

 

 


Apa Perbedaan DET dengan IELTS dan TOEFL?

 

Perbedaan utama DET dengan IELTS dan TOEFL adalah peserta tidak perlu mendengarkan, membaca atau menulis teks yang panjang. Selain itu, DET tidak membagi-bagi ujiannya dalam 4 bagian spesifik (Reading, Listening, Speaking dan Writing) seperti IELTS dan TOEFL. Contohnya, setelah menjawab 1 soal reading, peserta bisa saja langsung mendapatkan soal writing. Lalu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, DET adalah tes yang adaptif. Hal ini tentunya berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang tidak beradaptasi dengan tingkat kemahiran yang ditunjukkan peserta saat mengikuti ujian.

 

 

Perbandingan Nilai DET Dengan TOEFL & IELTS

 

Dalam tabel berikut, kamu bisa melihat nilai DET saat dibandingkan dengan nilai TOEFL dan IELTS

 

DET

TOEFL iBT

DET

IELTS

10 – 25

0

10

1,5

30

1

15

2

35

2 – 4

20 - 25

2,5

40

5 – 8

30 - 40

3

45

9 – 13

45 - 50

3,5

50

14 – 19

55 - 60

4

55

20 – 25

65 - 70

4,5

60

26 – 31

75 - 80

5

65

32 – 37

85 - 90

5,5

70

38 – 43

95 - 100

6

75

44 – 49

105 - 110

6,5

80

50 – 55

115 - 120

7

85

56 – 61

125 - 130

7,5

90

62 – 67

135 - 140

8

95

68 – 73

145 - 150

8,5

100

74 – 79

155 - 160

9

105

80 – 85

 

 

110

86 – 91

 

 

115

92 – 96

 

 

120

97 – 102

 

 

125

103 - 107

 

 

130

108 - 112

 

 

135

113 - 115

 

 

140

116 - 118

 

 

145

119

 

 

150 - 160

120

 

 

 

 

Apa Yang Saya Perlukan Untuk Mengikuti DET?

DET tersedia setiap hari selama 24 jam, jadi kamu bisa mengikutinya kapan saja. Namun ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Pertama-tama, kamu memerlukan komputer dengan mikrofon, speaker dan kamera. Kamu juga harus mengunduh versi terbaru browser Opera atau Chrome. Pihak DET mengatakan bahwa koneksi internet yang disarankan adalah koneksi dengan kecepatan unduhan minimal 2 Mbps dan kecepatan unggah 1 Mbps.

 

Kamu harus sudah memiliki tanda pengenal (paspor atau KTP) saat mengambil tes, karena akan digunakan sebagai alat verifikasi sebelum kamu memulai tes. Pada saat pengambilan nilai, foto tanda pengenalmu juga dibutuhkan agar pihak DET bisa memverifikasi identitasmu.

 

Selain persyaratan teknis di atas, DET juga memberikan persyaratan berikut bagi para peserta:

  • Pastikan kamu mengikuti tes di ruangan yang tenang dan terang. Tidak boleh ada orang lain di dalam ruangan tersebut;

  • Pastikan telingamu selalu terlihat dan tidak tertutup (misalnya ditutupi oleh rambut, topi, dan lain-lain);

  • Pastikan wajahmu terlihat dan tidak terhalangi oleh kacamata hitam atau aksesori lainnya;

  • Jangan memakai headphone atau earphone;

  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan materi di luar tes, termasuk dari telpon genggam, catatan atau buku teks;

  • Jangan berkomunikasi dengan orang lain;

  • Jangan gunakan alat tulis atau kertas apa pun;

  • Jangan tinggalkan jendela tes pada browser untuk alasan apa pun;

  • Jangan memalingkan muka dari layar komputer.

 

​Kalau kamu tidak mematuhi peraturan-peraturan ini, maka hasil tesmu akan dianggap tidak sah.

 

(Baca juga: 6 Tips Belajar Dari Rumah Saat Menghadapi Virus Corona)

 

 

Bagaimana DET Menilai Hasil Tes?

 

DET adalah tes yang dinilai oleh sistem komputer. Namun untuk memastikan peserta tes mengikuti aturan, Duolingo memiliki tim pengawas. Karena semua tindakanmu saat mengikuti tes terekam, para pengawas bisa mengetahui semua kegiatanmu dengan rinci sampai ke tombol-tombol yang kamu tekan. Mereka akan mengevaluasi videomu saat mengikuti tes untuk memastikan bahwa kamu tidak melakukan kecurangan atau melanggar peraturan.

 

Setelah kamu selesai mengikuti tes, hasilnya akan dikirim ke tim pengawas dan kamu akan menerima email yang memberi tahu kapan kamu akan menerima nilai. Kamu juga akan mendapatkan email pemberitahuan ketika nilaimu sudah bisa diakses. Nilai yang kamu terima ini siap dikirimkan ke universitas pilihanmu dan berlaku selama 2 tahun saja. Untuk melihat  daftar lengkap universitas yang menerima nilai Duolingo English Test, kamu bisa klik di sini.

 

Peserta DET diberikan kesempatan untuk mengambil tes dua kali dalam periode 30 hari. Jadi kalau kamu kurang puas dengan hasil tes pertama, maka kamu diperbolehkan untuk mengikuti tesnya sekali lagi. Kalau kamu mengalami gangguan teknis pada saat tes berlangsung, maka kamu juga bisa mengikuti DET lagi. Kasus gangguan teknis seperti ini tidak dihitung dalam jatah pengambilan tes peserta.

 

Nah, siap kuliah di luar negeri dengan menggunakan nilai Duolingo English Test? Coba saksikan video berikut untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai pelaksanaan tes ini:

 

 

Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai DET, kamu bisa klik di sini.

 

Ingin mendapatkan informasi terkini untuk bisa mendaftar dan kuliah di universitas mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu di segala macam situasi.

 

 

Sumber:

Englishtest.duolingo.com

Magoosh.com

Thepienews.com

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

355.1K

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

186.7K