Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

WANITA - WANITA DARI INDONESIA YANG SUKSES SETELAH KULIAH DI LUAR NEGERI

share image
432

Selamat Hari Perempuan Internasional! Tepat di tanggal 8 Maret, seluruh perempuan di dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Hari Perempuan Internasional ditetapkan sebagai hari untuk menghargai dan merayakan semua perjuangan dan keberhasilan wanita dalam setiap bidang. Apapun bentuk usaha wanita, hari ini adalah hari untuk mengapresiasinya. Tidak sedikit wanita yang berhasil dalam karirnya. Kali ini kami merangkum sederet wanita inspiratif yang berhasil meraih kesuksesan setelah berkuliah di luar negeri.

 

Retno Marsudi

Retno Marsudi adalah perempuan pertama yang memegang jabatan sebagai Menteri Luar Negeri di Indonesia. Lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 27 November 1962. Dia menempuh pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 3 Semarang sebelum akhirnya memperoleh gelar S1 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Lalu pada tahun 1985, ia memperoleh gelar S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda. Tugas berat Indonesia di kancah internasional menjadi tanggung jawab diplomat asal Semarang ini. Retno Marsudi yang mengawali karier di departemen luar negeri ini dianggap mampu untuk memainkan peran Indonesia dalam kancah internasional. Ia adalah salah satu menteri Kabinet Kerja Joko Widodo yang ditunjuk dari kalangan birokrat.

 

 

Nia Iskandar Dinata 

Nia Iskandar Dinata  adalah wanita berdarah Sunda dan Minang dan merupakan cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata yang lahir di Jakarta, 4 Maret 1969. Nia Dinata berkuliah di Elizabethtown, Pennsylvania, Amerika Serikat dan lulus pada tahun 1992, kemudia ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Film Program NYU Tisch School of Art, Amerika Serikat dan lulus pada tahun 1993. Nia Dinata adalah Sutradara sekaligus Produser wanita yang berpengaruh di Indonesia.

 

 

 

Felia Salim

Peran wanita Indonesia dalam kancah bisnis semakin diakui bahkan tidak sedikit yang berhasil menduduki posisi penting di perusahaan. Felia Salim adalah salah satunya. Wanita kelahiran Roma, Italia pada 6 Desember 1957 ini telah menjabat sebagai Komisaris Bank Negara Indonesia (BNI) kemudian sebagai Wakil Presiden Direktur BNI pada tahun 2008. 

Karena mengikuti tugas ayahnya yang sering berpindah-pindah, Felia pun menjalani pendidikan dengan cara berpindah-pindah dan akhirnya menyelesaikan jenjang Master Ilmu Ekonomi Politik di Universitas Carleton, Ottawa, Kanada. Selepas studi, Felia mengawali karir di Program Pembangunan  Perserikatan Bangsa-Bangsa lalu berlanjut dengan sejumlah posisi strategis keuangan di Citibank Indonesia, Bursa Efek Jakarta, Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) hingga akhirnya berada di Bank Negara Indonesia.

 

 

Dewi Fortuna Anwar

Prof. Dewi Fortuna  Khaidir Anwar, M.A, Ph.D, lahir di Bandung pada 22 Mei 1958. Ia kini menjabat sebagai Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) Lembaga ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Beliau menyelesaikan studinya di School of Oriental and African Studies (SOAS), the University of London dan meraih PhD dari Monash University, Melbourne, Australia.

Dinobatkan sebagai peneliti terbaik 1996 oleh LIPI, Dewi Fortuna Anwar aktif menulis berbagai isu terkait kebijakan luar negeri Indonesia, politik, keamanan wilayah ASEAN, dan hubungan sipil - militer di Indonesia. Direktur Kegiatan dan Penelitian Habibie Centre ini sempat bertindak selaku peneliti tamu di Institute of Southeast Asian Studies, Singapura pada tahun 1989. Nama pakar politik internasional kelahiran 1958 ini juga tercatat sebagai anggota Dewan Penasehat PBB mengenai pelucutan senjata, anggota Kongres Amerika Serikat, dan anggota Komisi Senjata Pemusnah Masal di Stockholm, Jerman. 

 

 

Baca juga:

CARA MENDAFTAR KULIAH KE BELANDA

10 UNIVERSITAS BISNIS TERBAIK DI AUSTRALIA

10 UNIVERSITAS TERBAIK DI AMERIKA SERIKAT

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Retno_Marsudi 

https://id.wikipedia.org/wiki/Nia_Dinata 

https://id.wikipedia.org/wiki/Felia_Salim 

https://id.wikipedia.org/wiki/Dewi_Fortuna_Anwar

https://id.wikipedia.org/wiki/99_Wanita_Paling_Berpengaruh_di_Indonesia_(2007)

 
 
 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image