Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

5 Tips untuk selalu tetap aman sewaktu bepergian

share image
365

Musim liburan telah tiba! Di musim liburan, tidak semua mahasiswa internasional memilih untuk pulang ke tanah air. Banyak juga yang memilih untuk jalan-jalan, baik di kota sekitar kampus, atau ke negara lainnya. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, berikut ada beberapa tips penting untuk ‘stay safe’ selama jalan-jalan, supaya pengalaman liburanmu menjadi kenangan yang indah:

 

 

1. Pastikan kamu menyimpan semua dokumen kamu dengan aman

 

Dokumen yang dimaksud adalah paspor, kartu mahasiswa, kartu identitas, catatan medis (jika kamu ada alergi atau butuh perhatian medis khusus), dan tentunya tiket perjalanan. Simpan semua dokumen kamu di tempat yang aman dan mudah dijangkau dan pastikan semua dokumen selalu bersama kamu setiap saat. Jangan pernah meninggalkan dokumen kamu di dalam tas atau bersama orang yang tidak kamu kenal.

 

Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki semua salinan fotokopi dokumen kamu yang disimpan di dalam tas yang berbeda. Misalnya, kamu membawa dokumen asli di tas, dan menyimpan fotokopi di hotel atau akomodasi selama perjalanan.

 

 

2. Selalu waspada terhadap pencurian

 

Tidak semua tempat itu aman. Terkadang, hal buruk dapat terjadi seperti pencurian atau perampokan dan tidak banyak yang dapat kita lakukan. Akan tetapi, dengan selalu waspada terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kamu, akan mencegah kamu dijadikan target pencurian. Intinya, tetaplah jeli dengan lingkungan sekitar.

 

Perhatikan selalu barang bawaan kamu. Simpan uang kamu dalam tas yang berbeda sehingga kamu selalu mempunyai cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya hilang.

 

Jauhi area yang berbahaya dan hindari berjalan sendirian sewaktu malam. Selalu tetap waspada dan jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada orang yang baru kamu kenal terutama apabila mereka terlihat “begitu baik”.

 

Jika ada barang penting yang hilang, atau tas hilang/dijambret, langsung hubungi kantor polisi terdekat untuk membuat laporan. Dan jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sehingga kamu akan mendapatkan jaminan jika sesuatu yang buruk terjadi.

 

 

3. Cari banyak-banyak informasi sebelum berangkat

 

Jika kamu ingin pergi ke tempat yang baru, pastikan kamu telah membuat perencanaan yang baik. Cari tahu rute kereta, ramalan cuaca, kondisi jalan di tempat yang akan kamu kunjungi.

 

Dengan melakukan persiapan terlebih dahulu, kamu bisa menghindari kerepotan yang tidak perlu, dan juga ini akan membantu kamu menghindari kondisi yang akan menghalangi atau memperlambat perjalanan kamu.

 

 

4. Beritahu rencana perjalanan kamu

 

Ini hal yang penting terlebih jika kamu bepergian sendirian. Pastikan orang tua, saudara atau teman baik kamu mengetahui rencana perjalanan kamu. Kirimkan mereka salinan tiket perjalanan kamu sehingga mereka memiliki informasi yang dibutuhkan.

 

Informasikan alamat di mana kamu akan tinggal dan nomor telepon yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu handphone kamu tidak dapat dihubungi. Ingatkan mereka jadwal ketibaan kamu dan jangan lupa untuk menghubungi mereka sebelum kamu berangkat dan setelah kamu sampai di tempat tujuan.

 

 

 

5. Kunjungi dokter

 

Jika kamu memiliki alergi, kunjungi dokter sebelum kamu bepergian. Beritahukan kepada mereka ke mana kamu akan pergi sehingga mereka dapat merekomendasikan vaksin atau obat yang akan kamu butuhkan.

 

Jika kamu tidak ada kebutuhan medis khusus, pastikan kamu membawa obat-obat yang biasa kamu konsumsi, untuk berjaga-jaga jika kamu tiba-tiba tidak enak badan sewaktu jalan-jalan.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image