Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

7 TIPS LANCAR BERBAHASA INGGRIS SEPERTI ORANG ASING

1006

Mengikuti kursus bahasa Inggris bertahun-tahun mungkin akan membantumu menguasai grammar dan menghafal banyak kosakata. Walau demikian, banyak pelajar yang merasa kagok begitu berinteraksi di luar negeri, percakapan terdengar cepat dan mereka kesusahan untuk menjawab atau merespon, walaupun nilai bahasa Inggris mereka tidak di bawah rata-rata. Hal ini sebenarnya wajar, karena sewaktu di Indonesia, pelajar kurang terekspos dengan lingkungan berbahasa Inggris. Tetapi jangan khawatir, cobalah 7 tips ini untuk membantumu lancar berbahasa Inggris seperti berbahasa ibu:

 

1. Berbicara dengan orang lokal

 

 

Setibanya di luar negeri, jangan ragu untuk ngobrol dengan orang lokal. Pada umumnya warga di luar negeri cukup ramah dengan mahasiswa internasional. Kamu bisa mengajak mereka untuk berkenalan dan mengobrol, mulai dari memperkenalkan diri, hingga menanyakan keadaan setempat atau membahas hobi. Dengan demikian, kamu bisa mempelajari aksen mereka dengan langsung, dan bahkan akan mengenal bahasa sehari-hari yang belum pernah kamu temukan di kamus sebelumnya.

 

 

2. Baca buku dan majalah

 

 

Banyak baca buku dan majalah atau Koran adalah cara yang baik untuk mengenal berbagai gaya bahasa Inggris. Kamu bisa memilih topic bacaan yang menarik supaya lebih semangat.

 

 

3. Menulis Diari

 

 

Menulis diari melatih kecepatan berpikir dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mengukur perkembanganmu dengan membaca tulisan kamu yang sebelumnya. Jika kamu tidak terbiasa menulis, bisa juga diketik di applikasi di HP kamu.

 

 

4. Nonton

 

 

Ini dia cara mengasikkan untuk memperlancar bahasa Inggris kamu. Biasanya, bahasa yang digunakan di film adalah bahasa slang, dengan demikian bahasa Inggrismu tidak akan terdengar kaku. Pertama kamu bisa memulai dengan subtitle, setelah itu cobalah untuk menghilangkan subtitle. Kamu juga bisa mencatat frase yang menurutmu keren dan akan sering digunakan.

 

 

5. Ikutan Klub dan Perkumpulan di kampus

 

 

Semua universitas menyediakan perkumpulan dan klub bagi mahasiswa. Kamu bisa memilih sesuai minat, baik itu olahraga, hobi, atau lainnya. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kamu bukan hanya lebih banyak kesempatan untuk mempraktekan bahasa Inggris, tetapi juga keahlian bersosialisasi dan bekerjasama, yang nantinya akan memberi nilai plus untuk CV kamu.

 

 

6. Belajar dari Lirik Lagu

 

 

Jika kamu hobi musik dan bernyayi, ini adalah cara yang menyenangkan untuk belajar. Tanpa kamu sadari, kamu sudah menghafal frase-frase keren.

 

 

7. Main Game

 

 

Main game dalam bahasa Inggris bisa melatih kecepatan berpikir kamu dalam bahasa Inggris. Tetapi pastikan kamu tidak menelantarkan tugas-tugas kamu ya. British Council Learn English menyediakan banyak game yang bisa kamu mainkan di gadget kamu.

  

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS