Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

TIPS MENCARI AKOMODASI BAGI KAMU YANG INGIN MELANJUTKAN STUDI KE EROPA

share image
214

Mencari akomodasi di negara yang belum kamu tinggali bisa menjadi  proses yang sangat menantang. Untuk akomodasi di Eropa, baiknya kamu sudah melakukan riset dan pesan dari jauh hari, karena biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk mengurus akomodasi ini. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih akomodasi, yaitu:

  • Tingkat Hunian
  • Harga
  • Jarak
  • Waktu Perjalanan
  • Pembayaran dan Kontrak
  • Fasilitas dan Lingkungan​

 

 

Jenis Akomodasi

Ada dua jenis akomodasi yang bisa kamu pilih di Eropa sebagai mahasiswa internasional. Pilihan pertama adalah yang ekonomis yaitu asrama mahasiswa dan pilihan kedua adalah akomodasi pribadi yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan opsi pertama. Lalu, bagaimana cara menemukan akomodasi yang tepat di Eropa sebagai pelajar internasional? Dari akomodasi universitas, apartemen pribadi, serta mencari akomodasi melalui agen, kami telah merangkumnya untuk kamu.

 

Asrama Universitas

Pilihan termudah untuk mahasiswa yang telah memilih untuk belajar di Eropa adalah tinggal di asrama universitas. Asrama universitas umumnya berlokasi di dekat kampus, dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki dan dapat berupa En Suite yaitu berupa kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi, dan wastafel, atau kamar tidur saja, atau studio (sama dengan En Suite namun dilengkapi dengan dapur). Informasi lebih lanjut tentang asrama yang ditawarkan oleh universitas dapat ditemukan di situs web universitas - universitas yang ada di Eropa. Informasi akan mencakup rincian dimana asrama itu berada, biaya, foto, alamat email kampus terkait, dan cara mendaftar di asrama. Beberapa situs web universitas juga memungkinkan kamu melakukan tour virtual ke asrama. Banyak juga asrama yang memiliki ruang untuk berkumpul, untuk kamu bersosialisasi dan bertemu mahasiswa baru lainnya.

 

 

Apartemen Pribadi

Apartemen pribadi di Eropa seperti Unite dan Nido tersedia di kota-kota besar di Inggris. apartemen pribadi ini menawarkan apartemen studio yang berlokasi di pusat kota dan dekat dengan universitas, juga dilengkapi dengan ruang untuk berkumpul dengan mahasiswa lainnya. Akomodasi ini cenderung mahal namun akomodasi ini adalah akomodasi dengan kamar tidur ternyaman untuk kamu.

 

 

Private Halls of Residence (Asrama Pribadi)

Private Halls of Residence adalah asrama yang dikelola oleh pihak swasta. Biasanya lokasi cukup strategis, walaupun ada yang jauh dari universitas, namun aksesnya mudah (dekat dengan stasiun atau halte bus). Fasilitasnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelajar.

 

Akomodasi melalui agen

Jika ingin mencari akomodasi dari agen, lebih murah untuk tinggal bersama dengan pelajar lainnya daripada sendiri. Tinggal sendiri di shared room atau melalui agen harganya tidak jauh berbeda dengan tinggal di asrama universitas. Dalam mencari akomodasi dengan agen, perhatikan betul reputasi agen properti. Mencari sekelompok teman untuk tinggal bersama - sama juga merupakan langkah awal yang bisa dilakukan dari jauh-jauh hari. Sepakati terlebih dahulu kriteria pencarian (misalnya biaya, lokasi, preferensi) untuk memudahkan proses saat melihat-lihat nanti.

 

 

Berhati-hatilah saat mencari akomodasi siswa

Ketika kamu mencari akomodasi untuk tinggal selama setahun di luar negeri, pastikan untuk tetap berhati-hati. Beri tahu teman dan keluarga tentang ke mana kamu pergi dan siapa yang kamu temui. Penting juga untuk meneliti area tempat tinggal dan untuk meneliti area di mana kamu ingin tinggal untuk memastikan kamu memiliki jaringan transportasi yang sesuai dan memastikan area yang aman dan nyaman bagi kamu.

 

 

Baca juga:

AKOMODASI MAHASISWA DI JERMAN

AKOMODASI MAHASISWA DI SWISS

AKOMODASI MAHASISWA DI INGGRIS

AKOMODASI MAHASISWA DI BELANDA

 

Sumber:

https://www.postgrad.com/study-in-europe/european-student-life/european-student-accommodation/

https://www.studying-in-germany.org/accommodation-in-germany-for-students/

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image