Informasi penting
Swiss: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi mahasiswa di Swiss

Diperingkatkan sebagai kota paling bahagia di dunia, pasti dapat dibayangkan seberapa tinggi kualitas tempat tinggal di Swiss bukan? Swiss memiliki beragam macam pilihan akomodasi bagi mahasiswa internasional. Beberapa di antaranya adalah:

 

Akomodasi universitas:

Kebanyakan universitas di Swiss memiliki akomodasi mahasiswa, yang mereka sewakan dengan murah untuk mahasiswa mereka. Jika di luar harga sewa bulanan untuk flat satu orang adalah 1100 CHF dan bahkan menginjak 1500 CHF jika di pusat kota, biaya sewa di akomodasi universitas hanyalah 500-800 CHF per bulan.

 

Universitas tempat kamu mendaftar mungkin memiliki layanan akomodasi seperti WoVe, yang menyediakan akomodasi untuk mahasiswa di kawasan barat laut Swiss.

 

Biasanya mahasiswa akan menempati satu kamar di apartemen yang terdiri dari beberapa kamar yang dihuni oleh mahasiswa lain. Ini adalah cara yang baik untuk menjalin pertemanan seumur hidup.

 

Jika kamu berencana untuk membawa keluarga, beberapa universitas dapat mencarikan apartemen swasta. Disarankan untuk menanyakan terlebih dahulu ke universitas karena tidak semua universitas menyediakan layanan ini.

 

 

Akomodasi swasta:

Jika akomodasi universitas kurang cocok untukmu, kamu dapat mencari akomodasi swasta atau flat. Banyak mahasiswa internasional yang mencari teman untuk berbagi flat dengan mereka. Kamu dapat melihat di situs Erasmusu.

 

Tinggal di flat adalah pilihan yang baik jika kamu mengenal teman-teman yang akan tinggal bersamamu, apalagi jika yang kuliah di kampus yang sama, atau memiliki gaya hidup yang mirip denganmu.

Di flat, ruangan lebih besar, termasuk dengan dapur dan ruang duduk. Semua penghuni flat membayar sewa untuk kamar mereka, dan biaya bulanan dibagi bersama penghuni flat. Sebelum memutuskan, pastikan kamu telah mengetahui apa saja yang termasuk dalam biaya sewa dan apa saja yang tidak ditanggung.

 

Sudah tidak sabar untuk kuliah ke Swiss? Mulai cari program kuliah yang cocok untukmu di sini!

 

Homestay:

Homestay juga merupakan pilihan populer di Swiss, terutama bagi mahasiswa yang ingin benar-benar berbaur dengan budaya dan kehidupan setempat. Dengan homestay, kamu mungkin akan menemukan keluarga kedua, dan tentunya lebih membantu meningkatkan keahlian berbahasamu.

 

 

Tips mendapatkan akomodasi:

  • Mendaftar lebih awal. Semakin awal kamu mencari semakin banyak pilihan yang tersedia. Jika telat, pilihan-pilihan yang bagus mungkin telah diambil mahasiswa lainnya.
  • Pilihlah dengan seksama. Ini juga merupakan alasan kenapa kamu harus mulai mencari lebih awal. Jadi kamu punya waktu untuk membandingkan akomodasi yang satu dengan yang lain.
  • Teliti dengan metode pembayaran. Disarankan untuk bertemu langsung dengan pemiliki rumah sebelum membayarkan biaya kontrak sewa. Hanya kirimkan uang melalui agen atau perusahaan yang terakreditasi, atau pemiliki properti yang memiliki rekening bank resmi dan menyediakan kontrak sewa yang resmi yang memiliki kuasa hukum.

 

Sudah siap untuk kuliah ke Swiss? Mulai cari universitas yang cocok sekarang juga!

Mencari jurusan

Swiss
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS