Informasi penting
Study abroad: Keuangan

10 KOTA DENGAN BIAYA KULIAH & BIAYA HIDUP PALING MURAH DI DUNIA

2833

Siapa yang tidak ingin kuliah di universitas bermutu dengan biaya rendah? Peringkat QS kali ini menilai berdasarkan keterjangkauan biaya kuliah dan biaya hidup, tentu saja tanpa mengabaikan kualitas pendidikan tinggi, keamanan kota, pengalaman mahasiswa dan indikator lainnya, dan 10 kota ini keluar sebagai pemenang:

 

1. KUALA LUMPUR

 

 

Ini adalah kali kedua Ibukota Malaysia menempati peringkat pertama untuk keterjangkauan biaya kuliah dan biaya hidup. Biaya kuliah di universitas-universitas internasional di Kuala Lumpur rata-rata kurang dari US$3,000, dan biaya hidup juga dapat diatasi dengan sekitar US$5,400 per tahun, menurut data dari StudyInMalaysia.com.

 

Tidak hanya murah, di Kuala Lumpur terdapat 3 universitas ternama Malaysia yang masuk dalam peringkat QS World University Rankings® 2016-2017, dan juga banyak pilihan kampus cabang internasional seperti Monash University Australia, sehingga mahasiswa dapat mengikuti program kuliah yang sama dengan kampus di Australia, tetapi dengan biaya yang jauh lebih murah.

 

 

 

 

2. RIYADH

 

 

Riyadh adalah ibukota dan kota terbesar di Saudi Arabia. Kota yang tradisional, bersejarah, sekaligus moderen dan makmur ini memiliki dua universitas taraf internasional yang membebaskan biaya kuliah. Walau biaya hidup disini cukup tinggi, tetapi tetap jauh lebih murah daripada London dan New York.

 

 

 

3. WARSAW

 

 

Ibukota Polandia ini adalah destinasi kuliah paling murah di Eropa. Kaya akan sejarah yang menawan, makanan enak dan nightlife yang menyenangkan, kota ini menjadi destinasi kuliah yang sangat menarik. Biaya kuliah per tahun adalah sekitar US$3,400 dan biaya hidup sekitar US$5,700 per tahun. Jika kamu berhasil di terima di universitas negeri, di program kuliah berbahasa Polandia dan lulus ujian masuk yang diikuti mahasiswa lokal, kamu bahkan tidak perlu membayar biaya kuliah!

 

 

 

4. MEKSIKO

 

 

Biaya kuliah rata-rata di universitas bertaraf internasional di Meksiko adalah US$5,800 per tahun, dengan biaya hidup yang jauh lebih murah daripada Amerika. Menurut data Numbeo di bulan Februari 2017, biaya sewa tempat tinggal di Meksiko adalah 84% lebih rendah daripada New York.

 

 

 

5. MONTERREY

 

 

Monterrey adalah kota terbesar di Meksiko, dan merupakan pusat industri dan pendidikan di negara Meksiko. Biaya kuliah di Monterrey lebih tinggi dari kota Meksiko, sekitar US$8,100, tetapi biaya hidupnya lebih murah. Salah satu keunggulan dari kota ini adalah, lulusan dari universitas-universitas di sini banyak dicari oleh pemberi kerja/perusahaan.

 

 

 

6=. TOMSK

 

 

Tomsk adalah sebuah kota di Rusia dengan biaya hidup yang jauh lebih rendah dari Moscow. Setidaknya menurut  data Numbeo di bulan Februari 2017, biaya sewa tempat tinggal di Tomsk 64% lebih rendah daripada di Moscow. Biaya kuliah juga relatif rendah, sekitar US$2,400 per tahun.

 

 

 

6=. ST. PETERSBURG

 

 

Biaya kuliah di St. Petersburg setara dengan Tomsk, yaitu US$2,400 per tahun, dengan biaya hidup lebih rendah dari Moscow. Selain merupakan kota bersejarah, St. Petersburg adalah lokasi dari beberapa universitas paling bergengsi di Rusia. Salah satunya adalah Saint-Petersburg State University.

 

 

 

8. BUDAPEST

 

 

Ibukota Hungaria ini adalah salah satu kota paling menawan di Eropa. Ada banyak yang dapat dilihat dan dilakukan di sini. Biaya kuliahnya termasuk sangat murah. Biaya kuliah di tiga universitas internasional di Budapest hanyalah US$1,500 per tahun, dan biaya hidupnya jauh lebih rendah daripada London dan Paris.

 

 

 

9. KIEV

 

Kiev adalah Ibukota Ukraina, yang merupakan pusat indusri, pendidikan, sains dan budaya di Eropa Timur. Biaya hidup di Kiev relatif rendah, dengan biaya sewa tempat tinggal 71% lebih murah dari Paris (menurut Numbeo Februari 2017). Biaya kuliah di dua universitas internasionalnya hanya US$2,100 per tahun, sehingga Kiev menjadi destinasi yang ideal bagi mahasiswa yang mencari pendidikan bermutu sekaligus pengalaman budaya yang menarik.

 

 

10. JOHANNESBURG

 

 

Biaya kuliah di kota terbesar di Afrika Selatan – Johannesburg adalah US$3,200 per tahun. Biaya hidup di salah satu kota terhijau di dunia ini cukup rendah. Walau demikian, Johannesburg memiliki sistem pendidikan tinggi yang maju dan merupakan lokasi dari universitas-universitas ternama di Afrika Selatan.

 

 

Baca juga:
 
Sumber:

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS