Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

10 JURUSAN KULIAH YANG COCOK UNTUK KAMU YANG HOBI MEMBACA

590

Jika waktu luangmu sering dilalui bersama tumpukan buku dan majalah, dan kamu tidak pernah bosan membaca dan bahkan tidak keberatan mengulang bacaan yang sama, kamu mungkin cocok dengan profesi dan jurusan kuliah berikut, karena di 9 jurusan ini, hobi membacamu justru akan membuatmu menikmati kuliahmu...

 

1. Acquisitions editor

Acquisitions editor bekerja untuk penerbit buku, tergantung perjanjian, mereka bisa bekerja untuk lebih dari satu penerbit pada waktu yang bersamaan. Tugas mereka adalah mencari penulis atau hasil karya tulisan yang bagus, yang punya daya jual. Pada umumnya, seorang Acquisitions editor Perlu mencari 15-20 buku untuk sebuah penerbit. Tentu saja ketentuan ini bisa berbeda tergantung perjanjian mereka dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Pokoknya, jika menjalani profesi ini, kamu pasti tidak akan kekurangan bacaan.


Jurusan kuliah yang cocokBiasanya perusahaan penerbit mencari Lulusan S1 dari jurusan Bahasa Inggris (atau bahasa lain, tergantung kamu bekerja di negara apa) atau Jurnalisme.


Kisaran gaji per tahun:  57,210 USD (Sekitar Rp. 66,3 Juta/bulan)

 

 

2. Arsiparis

Arsiparis atau juru arsip, bekerja untuk menyimpan barang-barang bersejarah, mengotentifikasi, menilai dokumen dan mengatur arsip untuk museum, pemerintah, ataupun institusi pendidikan. Kamu akan banyak membaca bacaan yang bersifat sejarah. Jadi selain suka membaca, kamu juga perlu memiliki minat yang tinggi terhadap barang-barang bersejarah.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan Sejarah atau Studi Perpustakaan.


Kisaran gaji per tahun:  54,570 USD (Sekitar Rp. 63 Juta/bulan)

 

 

3. Content editor

Tugas dari Content Editor adalah mencari konten yang menarik untuk pembaca yang ditargetkan oleh sebuah perusahaan media, brand tertentu, atau penerbitan. Tugasnya adalah mengolah dan menyusun ulang suatu tulisan menjadi tulisan yang menarik minat pembaca yang ditargetkan. Selain suka membaca juga perlu memiliki skill menulis yang menghibur dan persuasif. Intinya, seorang content editor harus bisa memainkan kata dengan baik, untuk menyuguhkan isi bacaan yang menarik dan disukai pembaca.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan S1 yang sesuai dengan konten yang kamu pegang (misalnya jika kamu menulis tentang fashion, maka dibutuhkan gelar S1 dari misalnya jurusan fashion design) dan skill menulis yang bagus (jurusan creative writing).


Kisaran gaji per tahun: 57,210 USD (Sekitar Rp. 66 Juta/bulan)

 

 

4. Copy editor

Copy editor bertugas untuk memeriksa dan memperbaiki naskah. Copy editor harus sangat teliti untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam penulisan naskah, termasuk titik, koma, ejaan, tanda baca, penggunaan kata, dan memastikan gaya bahasa naskah tersebut konsisten dari awal hingga akhir, dan sesuai dengan semua ketentuan dari perusahaan penerbit.

 

Jurusan kuliah yang cocok: S1 jurusan Bahasa Inggris (atau bahasa lain, tergantung kamu bekerja di negara apa) atau Jurnalisme, dan lulus tes copyediting dari perusahaan penerbit.


Kisaran gaji per tahun: 57,210 USD (Sekitar Rp. 66 Juta/bulan)

 

 

5. Grant writer 

Grant Writer bertugas untuk menulis proposal untuk menggalang dana untuk organisasi atau proyek. Dalam menyelesaikan pekerjaannya, seorang grant writer melakukan banyak riset, membaca banyak berita, laporan, dan fakta, kemudian menguangkannya ke dalam proposal yang persuasif.  


Jurusan kuliah yang cocok: S1 jurusan creative writing atau Jurnalisme

 

Kisaran gaji per tahun: 61,240 USD (Sekitar Rp. 71 Juta/bulan)

 


 

6. Pengacara

Dalam pekerjaan mereka, pengacara perlu membaca banyak contoh kasus, buku undang-undang.

 

Jurusan kuliah yang cocokJurusan Hukum

 

Kisaran gaji per tahun: 118,160 USD (Sekitar Rp. 137 Juta/bulan)


 

 

7. Pustakawan

Pustakawan tidak saja membantu pengunjung perpustakaan menemukan buku yang mereka inginkan, tetapi juga mengelola perpustakaan, mulai dari perencanaan, klasifikasi buku, referensi, membuat peraturan hingga memanfaatkan sumber daya yang ada.


Jurusan kuliah yang cocokStudi Perpustakaan pada umumnya. Jika bekerja di perpustakaan khusus bidang tertentu seperti hukum, medis, atau korporat mungkin membutuhkan pelatihan tambahan.

 

Kisaran gaji per tahun: 57,680 USD (Sekitar Rp. 66,9 Juta/bulan)


 

 

8. Ilmuwan Politik

Profesi ini harus paham betul tentang sejarah politik, berbagai sistem kepemerintahan, dan perkembangan-perkembangan terbaru yang mempengaruhi politik. Tentu saja semua itu diperoleh dari banyak membaca laporan, artikel, berita dan sumber daya lainnya.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan Ilmu Politik, lebih bagus jika ada gelar S2 atau S3.


Kisaran gaji per tahun: 114,290 USD (Sekitar Rp. 132,5 Juta/bulan)

 

 

 

9. Guru

Dunia pendidikan dan ilmu senantiasa berkembang. Menjadi seorang guru haruslah mengetahui informasi terbaru supaya bisa disampaikan kepada muridnya.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan Ilmu Pendidikan.


Kisaran gaji per tahun: 58,030 USD (Sekitar Rp. 67,2 Juta/bulan)

 

 

 

10. Penerjemah

Penerjemah menerjemahkan dari bahasa yang satu ke bahasa lainnya, dan menyesuaikan hasil terjemahan supaya mudah dimengerti, dan bukan menerjemahkan berdasarkan kata per kata.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan Penerjemah


Kisaran gaji per tahun: 46,120 USD (Sekitar Rp. 53,5 Juta/bulan)

 

 

Masih bingung dengan jurusan kuliah? Don’t worry, kini Hotcourses Indonesia menyediakan layanan konsultasi gratis untuk membantu kamu. Kamu hanya perlu mendaftar di link di bawah ini, kemudian tunggu telepon dari kami.

 

 

 

Sumber:

10 Jobs for people who loves to read

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

55750