Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

5 Tips untuk Presentasi yang Lancar di Kampus

share image
1255

Tidak semua orang percaya diri dan nyaman untuk berbicara di depan umum. Walau demikian keahlian ini penting untuk kamu kuasai, karena akan terpakai sewaktu kamu kuliah, di mana ada banyak tugas presentasi, baik itu adalah tugas kelompok ataupun individual.

 

Sebenarnya dengan melakukan persiapan yang baik sebelum presentasi, kita bisa meningkatkan rasa percaya diri dan tampil dengan lebih maksimal. Berikut adalah 5 tips yang bisa kamu coba:

 

 

1. Menguasai topik

 

Sangatlah penting untuk memahami topik presentasi supaya kamu bisa menyusun isi presentasi dengan baik dan lancar. Sebenarnya sama saja dengan menjawab soal, hanya saja sewaktu presentasi, kamu menjawab secara lisan dan bukan tertulis.

 

Membaca buku pelajaran atau mencari jawaban di Google tidaklah cukup. Supaya lebih mantap, kamu juga perlu membaca berita terbaru serta makalah penelitian tentang topik presentasi kamu.

 

Memiliki informasi yang cukup dan relevan dapat membantumu menyusun  struktur presentasi dengan lebih baik – mulai dari pengenalan, isi dan kesimpulan, serta informasi pendukung untuk membantu pendengar untuk memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

 

Ketika kamu sudah menjadi ahli dalam topik kamu, pengetahuan kamu juga akan menjadi kekuatan kamu dalam menjawab pertanyaan dari para pendengar dalam sesi tanya jawab.

 

 

2. Membuat slide presentasi yang profesional

 

Tips penting yang perlu diingat sewaktu membuat slide presentasi: buatlah slide yang singkat. Karena jika terlalu banyak tulisan, perhatian pendengar akan lari ke bacaan di slide daripada mendengar isi presentasi.

 

Aaron Weyenberg ahli UX di TED, yang menciptakan keynote, bahkan merekomendasikan agar teks ditampilkan secara progresif, seperti halnya menampilkan poin profil satu demi satu, ketika kamu membutuhkannya; hal ini akan menjaga perhatian pendengar terfokus pada kamu. Gunakan gambar jika bisa membantu pendengar lebih memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

 

Weyenberg juga menyarankan bahwa penggunaan font, warna dan gambar yang konsisten di semua slide dapat memberikan kesan dan tampilan yang mudah dipahami.

 

 

3. Asah gaya presentasi kamu

 

Dengan semua penelitian dan slide yang sudah disiapkan, kamu juga harus berlatih dalam memberikan presentasi kamu untuk memastikan segalanya berjalan dengan lancar. Hal ini tidak saja tentang kapan menekan tombol enter pada keyboard akan tetapi juga tentang gaya dalam memberikan presentasi.

 

Kamu mungkin akan gugup selama presentasi, tetapi penting untuk diingat agar tidak berbicara dengan sangat cepat – pendengar akan sulit memahami presentasi kamu, dan bahkan mereka akan merasa terganggu.

 

Gunakan intonasi yang bervariasi dan biarkan kepribadianmu menonjol. Kamu juga dapat menggerakkan tangan kamu – penelitian menemukan bahwa gerakan tangan dapat membantu interaksi lebih baik dengan pendengar.

 

 

4. Berpakaian rapi

 

Berpenampilan rapi tidak hanya akan memberikan kesan yang bagus bagi pendengar, tetapi juga akan meningkatkan rasa percaya diri. Pakailah baju yang sesuai dan nyaman. Untuk wanita, hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan. Sebagai tambahan, kamu dapat mempersiapkan baju kamu beberapa hari sebelumnya supaya persiapan kamu lebih mantap.

 

 

5. Berlatih sebelum tampil

 

Tricia Brouk, yang telah mengarahkan sejumlah pembicara yang tampil di TED, mengatakan “Berbicara di depan umum adalah pekerjaan yang sangat berat. Sangat menyita waktu, dan menguras baik fisik dan emosi – terutama jika kamu seorang introvert.”

 

Jadi, sediakan sejumlah waktu yang cukup untuk melatih presentasi kamu, apalagi jika kamu adalah seseorang yang cenderung untuk gugup ketika berbicara di depan publik. Kamu juga dapat berlatih menggunakan baju yang akan kamu gunakan sewaktu presentasi untuk memastikan kamu dapat bergerak dengan nyaman.

 

Berlatih di depan teman-teman kamu dapat membantu menyediakan masukan yang berguna untuk presentasi kamu. Atau, kamu dapat berlatih di depan kaca atau merekam video presentasi kamu. Lakukan perbaikan yang dirasa penting atas apa yang kamu lihat, apakah gerakan tangan kamu, atau kontak mata dengan pendengar kamu.

 

Pada akhirnya, kita tahu presentasi dapat memberikan tekanan yang sangat besar. Akan tetapi, ingatlah dengan banyak latihan, kamu akan selalu menjadi lebih baik.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

74174