Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

8 PERANGKAT LUNAK ESENSIAL UNTUK INSINYUR TEKNIK MESIN

share image

Kalau kamu sedang memikirkan untuk kuliah di bidang teknik, maka teknik mesin wajib menjadi salah satu jurusan yang kamu pertimbangkan. Menurut majalah Forbes, teknik mesin merupakan salah satu bidang yang akan tetap stabil di masa depan. Lulusan jurusan ini memiliki peran penting dalam industri otomotif, penerbangan, bioteknologi, komputer, elektronik dan masih banyak lagi. Mereka merancang, mengembangkan, membangun dan menguji semua jenis perangkat mekanik, peralatan dan mesin.

 

Seperti banyak pekerjaan lain di era modern ini, para insinyur teknik mesin juga menggunakan beragam perangkat lunak (software) untuk menjalankan pekerjaan mereka. Walaupun ada banyak jenis perangkat lunak yang tersedia, hanya ada 8 yang digunakan secara konsisten oleh para insinyur teknik mesin di berbagai industri. Karena itu, ada baiknya kamu menguasai cara penggunaan perangkat-perangkat lunak tersebut untuk meningkatkan prospek kerjamu.

 

Nah, penasaran perangkat lunak apa saja yang perlu kamu kuasai sebagai insinyur teknik mesin? Langsung saja baca daftar 8 perangkat lunak berikut.

 

1. Mathcad

Mathcad adalah perangkat lunak yang bisa digunakan oleh para insinyur teknik mesin di berbagai industri. Perangkat lunak ini membantumu melakukan perhitungan matematika dalam dokumen, serta menambahkan gambar dan teks yang relevan dengan pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan plot yang menampilkan data pilihanmu. Dengan menggunakan Mathcad, kamu bisa menghasilkan dokumen perhitungan matematika dengan tampilan visual yang menawan. 

 

Coba saksikan video berikut dari APMonitor untuk mendapatkan gambaran singkat bagaimana Mathcad bisa membantu pekerjaan seorang insinyur:

 

 

 

2. 3D Computer Aided Design (CAD)

3D CAD sangat berguna bagi para insinyur yang pekerjaannya berfokus pada desain, karena perangkat lunak ini membantu dalam proses pembuatan model komponen dan rakitan 3D. Contohnya, kamu bisa membuat model semua bagian individu dari sebuah mesin dan kemudian menggabungkannya menjadi sebuah rakitan yang utuh. Hal ini akan memastikan bahwa semua bagian sesuai dengan rancanganmu. SolidWorks, Unigraphics NX, CATIA dan Autodesk Inventor adalah beberapa jenis 3D CAD yang populer di pasaran saat ini.

 

Ada banyak kelas online gratis yang bisa kamu ambil untuk mempelajari perangkat lunak ini, salah satunya adalah kelas ini dari National Taiwan University.

 

 

3. Finite Element Analysis (FEA)

Finite Element Analysis (FEA) sangat berguna untuk insinyur yang perlu melakukan analisis struktural dalam pekerjaannya. FEA memungkinkanmu untuk menganalisis tekanan dan defleksi dalam struktur yang kompleks. Biasanya, struktur akan dimodelkan dalam program 3D CAD lalu dipindahkan ke FEA untuk dianalisis. Untungnya, saat ini ada banyak jenis FEA yang telah terintegrasi dengan perangkat lunak CAD, sehingga transisi antar perangkat lunak semakin mudah. Contoh perangkat lunak FEA yang populer antara lain adalah ANSYS dan Nastran.

 

Salah satu kelas online gratis mengenai FEA bisa kamu akses di sini

 

 

 

 

4. Microsoft Excel

Untuk masyarakat awam, perangkat lunak ini memang lebih dikenal sebagai alat untuk menyusun anggaran. Namun sebenarnya Microsoft Excel sangat membantu pekerjaan insinyur teknik mesin karena fungsinya yang serbaguna. MS Excel bisa digunakan untuk kalkulasi singkat, tabulasi data, menjelaskan ide, menggambar bentuk, pemrograman dasar dan masih banyak lagi.

 

Tertarik mempelajari penggunaan Excel untuk pekerjaan insinyur? Coba ikuti kelas online gratis dari Udemy di sini atau EngineerExcel di sini

 


5. Visual Basic for Applications (VBA)

Visual Basic for Applications (VBA) adalah bahasa pemrograman yang terintegrasi di semua produk Microsoft Office. VBA bisa digunakan untuk mengotomatisasi file MS Excel, MS Access, MS Word dan file-file lainnya yang dibuat menggunakan MS Office Suite. Walaupun sedikit rumit dibandingkan bahasa pemrograman berfitur lengkap lainnya, tapi integrasi VBA dalam MS Office menjadikannya pilihan yang menarik untuk melakukan tugas-tugas otomatisasi dasar. Kalau kamu belum pernah menggunakan VBA sebelumnya, tim Hotcourses Indonesia menyarankan kamu untuk mengikuti kelas online gratis dari Alison di tautan ini.

 

 

6. MATLAB

MATLAB adalah sejenis perangkat lunak pemrograman perhitungan dan analisis yang digunakan oleh banyak insinyur teknik mesin. Penggunaan MATLAB sangat penting untuk melakukan analisis numerik yang kompleks dan memerlukan solusi pemrograman. Bahasa pemrograman ini sangat cocok untuk perhitungan yang melibatkan matriks dan vektor. Selain itu, MATLAB memiliki kemampuan plotting yang sangat baik, sehingga kamu bisa menjalankan simulasi dengan mudah dan menampilkan hasilnya dengan cepat. Perusahaan pengembang MATLAB, MathWorks, menyediakan pelatihan gratis yang bisa kamu akses di sini.

 

 

7. Python

Python adalah bahasa pemrograman open-source gratis yang sangat cocok untuk pemrograman ilmiah. Karena itu, Python adalah alternatif terbaik untuk MATLAB. Walaupun sesuai untuk pemrograman ilmiah, Phyton sebenarnya dirancang untuk tujuan umum. Jadi kamu juga bisa menggunakan Python untuk melakukan banyak hal selain analisis numerik, seperti bekerja dengan sistem file, mengelola database atau membangun situs web. Beberapa code editor yang disarankan untuk Python adalah Atom, Sublime Text dan GNU Emacs. Kalau kamu masih belum familiar dengan Python, kamu bisa mengikuti tutorial dari situs BelajarPython di sini.

 

8. MechaniCalc

MechaniCalc adalah rangkaian kalkulator berbasis online yang berfokus pada desain mesin dan analisis struktural. Rangkaian kalkulator ini bisa melakukan analisis dengan tingkat perincian yang sesuai standar industri. MechaniCalc menyediakan berbagai kalkulator untuk beragam tugas analisis umum dan memiliki database properti material dan cross-section. Kalau kamu membutuhkan dokumentasi, laporan dari MechaniCalc juga sangat mudah untuk dicetak. Klik di sini untuk mempelajari rangkaian kalkulator ini lebih lanjut.

 

(Baca juga: PROSPEK KARIR & DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN TEKNIK MESIN)

 

Nah, sudah semakin siap untuk menempuh pendidikan teknik mesin setelah membaca daftar di atas? Coba simak beberapa universitas terbaik di luar negeri dengan jurusan teknik mesin yang bisa jadi pilihan tempat studimu:

  1. University of Glasgow, Inggris

  2. University of Bristol, Inggris

  3. University of Queensland, Australia

  4. University of Sydney, Australia

  5. University of Hong Kong, Hong Kong

  6. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong

  7. University of Southern California, Amerika Serikat

  8. Michigan State University, Amerika Serikat

  9. University of Malaya, Malaysia

  10. Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia

 

Mau kuliah jurusan teknik mesin di mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di luar negeri.

 

 

Sumber:

Mechanicalc.com

Komputasi.lipi.go.id

Forbes.com

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

78.2K