Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH BERDASARKAN TIPE MBTI

Cara Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Tipe MBTI

Kalau kamu ingin lebih mengenali diri sendiri, tes kepribadian bisa menjadi opsi yang bisa kamu ambil. Nah, salah satu tes kepribadian yang populer saat ini adalah MBTI. Tes ini dikembangkan oleh oleh Isabel Briggs Myers dengan menggunakan landasan teori jenis dan preferensi kepribadian dari Carl Gustav Jung.

 

MBTI mengamati 4 dimensi sifat dasar manusia: pemusatan perhatian, pemahaman informasi dari luar, penarikan kesimpulan dan keputusan, serta pola hidup. Dari pengamatan ini, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi 16 jenis dan semuanya tentu memiliki kecenderungan-kecenderungan tersendiri yang bisa mempengaruhi perencanaan studi. Agar kamu bisa makin fokus dalam memilih jurusan kuliah di luar negeri, tim Hotcourses Indonesia akan membahas cara-cara yang bisa dilakukan tiap jenis kepribadian MBTI untuk memilih jurusan kuliah yang ideal.

 

ENFP

 

Pertimbangkanlah bidang-bidang studi yang telah lama kamu minati dan hindari bidang studi yang belum lama kamu dalami. Walaupun kamu punya ketertarikan intelektual yang beragam, pasti ada beberapa bidang studi yang selalu menjadi fokusmu. Tapi sebaiknya kamu tidak memilih jurusan yang fokusnya terlalu sempit, karena kamu memiliki kepribadian yang membutuhkan tantangan dan variasi.

 

INFP

 

Mulailah mencari tahu bidang studi apa yang benar-benar menginspirasimu saat ini. Karena kamu memiliki semangat yang tinggi saat mengejar passion, kamu akan lebih termotivasi mempelajari bidang studi yang inspirasional untukmu. Hindari memilih bidang studi tertentu hanya karena sosok yang kamu kagumi bergelut di bidang tersebut. Hal ini tidak akan menjamin bahwa kamu akan bersemangat saat menjalani studi di bidang itu.

 

ENFJ

 

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini biasanya ingin membuat perubahan yang berarti di dunia, jadi mereka cenderung memilih bidang-bidang studi seperti kedokteran, pendidikan, atau ilmu politik. Tapi coba renungkan kembali, apakah kamu benar-benar tertarik mempelajari bidang-bidang studi tersebut? Coba perluas fokusmu dan jangan hanya berkutat pada bidang yang menurutmu dibutuhkan saat ini. Ketika kamu bergelut di bidang studi yang benar-benar menarik minatmu, kamu akan memancarkan karisma dan antusiasme yang bisa menginspirasi orang-orang lain di sekitarmu. 

 

INFJ

 

Saat ini kamu mungkin sedang sibuk mencari jurusan kuliah yang lulusannya masih dibutuhkan dalam 2 dekade ke depan. Walaupun hal ini tidak salah, memilih jurusan seperti ini bisa menghalangimu mempelajari hal-hal yang menjadi minat utamamu. Keterampilan yang berasal dari jurusan yang kamu sukai bisa jadi akan membuka jalur karir yang tak kamu duga sebelumnya. Selain itu, sektor industri yang kamu sukai kemungkinan besar akan beradaptasi dan tidak menghilang. Karena itu, sektor tersebut membutuhkan individu-individu yang kreatif dan beorientasi pada masa depan seperti dirimu sebagai sosok pemimpin.

 

Tes kepribadian MBTI bisa membantumu dalam memilih jurusan kuliah - Hotcourses Indonesia

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

ISTP

 

Kamu cenderung pasrah saat memilih jurusan kuliah dan hanya mengikuti rekomendasi dari guru, teman atau keluarga. Padahal kamu hanya akan membuang-buang uang kalau kamu tidak yakin dengan jurusan tersebut. Coba kurangi fokus pada prospek kerja di jurusan tertentu dan mulailah mencari jurusan yang bisa mempertajam semua keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan jalur karirmu sendiri. Karena kamu lihai dalam menemukan berbagai solusi praktis, ada kemungkinan kamu akan menjalani karir non-tradisional.

 

ESTP

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau ada banyak bidang studi yang menarik minatmu. Namun mempelajari semua jurusan yang kamu minati tentunya akan membuang banyak waktu dan uang. Solusi terbaik untukmu adalah dengan memilih jurusan kuliah dan universitas yang menawarkan kurikulum yang fleksibel. Dengan begitu, kamu bisa tetap mempelajari banyak hal tanpa perlu menambah waktu dan biaya untuk kuliah.

 

ESFP

 

Karir di masa depan adalah fokus utama untukmu. Jadi jurusan yang kamu pilih harus dapat membuka jalur karir yang stabil dan bisa kamu jalani dengan senang hati. Cobalah memilih bidang studi praktis yang merangsang antusiasmemu dan mempertajam bakat-bakat alamimu. Kamu memiliki kepribadian yang hidup, jadi kamu pasti bisa membuat proses belajar bidang studi praktis jadi jauh lebih seru.

 

ISFP

 

Kamu sangat sensitif terhadap persepsi orang lain tentang dirimu, jadi kamu cenderung memilih jurusan kuliah untuk mengesankan orang-orang di sekitarmu. Namun sebaiknya kamu memilih jurusan yang benar-benar sesuai minatmu dan membuatmu terinspirasi. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat kuliah dan bahkan mungkin bisa melampaui ekspektasi orang lain terhadap dirimu.

 

ISTJ

 

Individu tipe ISTJ biasanya hanya memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat mereka saat ini. Padahal perlu diingat bahwa kamu mungkin punya bakat-bakat lain yang belum terungkap. Studi di universitas adalah kesempatan yang baik untuk menelusuri berbagai kemungkinan baru dan memperluas jenis keterampilan yang kamu miliki. Jadi cobalah mencari jurusan kuliah yang bisa membantumu mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang melengkapi bakat yang kamu miliki sekarang.

 

ESTJ

 

Kamu termasuk cepat dalam mengambil keputusan, jadi ada kemungkinan kamu akan langsung berhenti mencari jurusan lain saat menemukan satu program studi yang sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki. Jangan lupa kalau jurusan kuliah berpengaruh besar pada jalur karirmu, jadi ada baiknya kamu melakukan pencarian jurusan dengan lebih teliti dan sistematis. Tuliskan daftar semua faktor pendidikan yang penting untukmu dan gunakan sebagai kriteria dalam membuat shortlist pilihan jurusan. Keahlianmu dalam berpikir logis pasti akan membantumu memilih jalur studi yang terbaik untukmu.

 

Pilihlah jalur studi yang sesuai dengan minat, bakat dan tipe kepribadianmu - Hotcourses Indonesia

 

ISFJ

 

Sisi kreatifmu akan membuatmu tertarik pada program-program studi yang bisa melatih dan mengembangkan keterampilan artistikmu. Namun meski jiwa akademismu penuh rasa eksplorasi, kamu sebenarnya lebih suka lingkungan kerja yang terstruktur. Karena itu, pastikan jurusan kuliah yang kamu pilih memiliki prospek karir yang pasti.

 

ESFJ

 

Karena kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi, kamu terkadang terlalu serius menanggapi opini teman-teman dan keluarga mengenai pemilihan jurusan. Ingat bahwa kamulah yang akan menjalani perkuliahan selama 4 tahun, jadi opini paling utama yang perlu kamu pertimbangkan adalah opinimu sendiri. Carilah jurusan yang bisa memberikan berbagai tantangan akademis yang kamu minati. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menjalani karir yang benar-benar kamu inginkan..

 

ENTP

 

Pemilik kepribadian ENTP biasanya punya banyak minat yang unik, jadi kamu mungkin tertarik mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan salah satu minat tersebut. Tidak ada salahnya kalau kamu ingin mengambil studi terspesialisasi seperti ini, namun sebenarnya gaya belajarmu membutuhkan variasi. Jadi pastikan kamu memilih jurusan yang memiliki banyak mata kuliah pilihan dan universitas yang menawarkan beragam kegiatan ekstrakurikuler agar kamu tetap termotivasi. 

 

INTP

 

Kamu adalah seorang pemikir independen dan kamu mungkin tidak melihat pendidikan tingkat universitas sebagai hal yang penting. Memang kamu memiliki kemampuan untuk mempelajari banyak hal secara mandiri, tapi sebenarnya ada banyak keuntungan non-akademis dari kuliah. Contohnya, kamu bisa mendapatkan berbagai koneksi yang berharga dan kualifikasi yang dibutuhkan banyak jenis pekerjaan. Saat memilih jurusan yang kamu minati, pertimbangkan juga apakah jurusan tersebut memiliki proses pembelajaran yang bervariasi dan fleksibel, serta menyediakan prospek karir yang kamu sukai. Masih belum yakin mau jadi mahasiswa full time? Coba ambil program studi online atau program studi paruh-waktu. 

 

ENTJ

 

Individu ENTJ sangat andal dalam membuat perencanaan, sehingga kamu pasti langsung membuat rencana kuliah 4 tahun setelah memilih jurusan S1. Sebenarnya kamu tidak perlu terburu-buru membuat rencana, karena kemungkinan besar kamu bisa luput memperhitungkan faktor-faktor tak terduga. Banyak mahasiswa memutuskan untuk pindah jurusan pada tahun pertama atau kedua karena ketidakcocokan, jadi ambillah waktu untuk membuat rencana studi yang memungkinkanmu pindah ke jurusan lain sebagai cadangan. Rencanamu ini bisa lebih hemat kalau opsi jurusan cadanganmu memiliki banyak mata kuliah pilihan yang sama dengan jurusanmu sebelumnya, karena kamu bisa mentransfer SKS dan tidak perlu lagi mengikuti mata kuliah tersebut.

 

INTJ

 

Sisi akademismu memang sangat menonjol, jadi tak heran kalau kamu mengincar banyak bidang studi untuk dipelajari. Tapi tentunya mengambil berbagai program kuliah sekaligus sangat tidak ramah untuk dompetmu, jadi pilihlah jurusan kuliah berdasarkan jalur karir yang kamu inginkan. Investasikan uangmu pada jurusan yang sesuai dengan kriteria tersebut dan sisihkan waktu luang untuk mempelajari bidang-bidang kesukaanmu yang lain secara mandiri.

 

Kalau kamu belum tahu tipe kepribadian MBTI yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti tesnya di situs web 16personalities.com atau Truity.com

 

Masih mencari jurusan kuliah di universitas luar negeri? Langsung saja coba alat alat Pencari Jurusan kami yang bisa membantumu menemukan jurusan dan universitas terbaik dengan menggunakan kriteria pribadimu. Baca juga informasi mengenai berbagai jurusan yang khusus kami susun untukmu. 

 

 

Sudah siap untuk kuliah di mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang memiliki semua info yang kamu butuhkan untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di dunia!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

noodle.com

Wajib dibaca

article Img

QS GLOBAL MBA RANKINGS: 10 INSTITUSI DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

Sedang mencari jurusan S2 yang bisa membawa perubahan karir yang positif untukmu? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan kuliah MBA di luar negeri. Program MBA dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia karena memberikan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan 3 hal: naik jabatan, meningkatkan gaji, dan berganti industri. Jurusan MBA juga menyediakan akses ke jejaring alumni yang bisa meningkatkan prospek kerja dan kesempatan kolaborasi.

85.1K