Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

GAYA BELAJAR YANG TEPAT UNTUKMU

441

Belajar bisa saja menjadi lebih tidak membosankan atau bahkan mengasyikkan jika kamu tau cara yang tepat. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui kamu masuk dalam kategori mana, supaya bisa menemukan cara belajar yang kamu nikmati.

 

Secara umum, gaya belajar terbagi menjadi tiga jenis:

 

Visual Learner

 

 

Ciri-ciri seorang visual learner adalah suka menoleh ke luar jendela jika bosan. Suka sesuatu yang berbau seni, fashion atau desain, menyukai warna.You stare out of the window when you’re bored.  You probably like art, fashion or design.  You dream in colour.  Jika berbicara dengan orang, suka memperhatikan ekspresi lawan bicara.

 

Jika kamu masuk dalam kategori ini, belajar menghafal baris per baris dari buku bukanlah cara yang dianjurkan. Kamu malah bisa tertidur dengan cara ini.

 

Kamu bisa mencoba belajar dari gambar, video, flashcard, grafik, dan diagram yang berwarna dan menarik.

 

Peralatan belajar: Flashcard, pen warna, stabilo, sticky notes, video.

 

 

Auditory Learner

 

 

Kamu suka mendengungkan lagu ketika bosan? Mungkin kamu termasuk kategori Auditory Learner. Kamu adalah penyuka musik dan cepat menghafal lirik, dan lebih tanggap dalam mendengarkan instruksi secara lisan. Pada saat berbicara, kamu memperhatikan nada bicara lawan bicara.

 

Jika kamu masuk dalam kategori ini, cobalah belajar sambil mendengar musiK instrumental. Kamu bahkan bisa menuliskan lirik untuk topik pelajaran yang ingin kamu hafalkan. Kamu juga bisa merekam isi kuliah atau pelajaran, kemudian memutarnya berulang-ulang. Podcast bisa menjadi sumber materi yang membantu untukmu.

 

Peralatan belajar: musik instrumental, akronim, podcast, MP3 player, alat perekam.

 

 

Tactile (Kinesthetic) Learner

 

 

Kamu cenderung menggerakkan jari atau menghentakkan kaki sewaktu bosan? Sewaktu berbicara suka menggunakan body language atau menggerakkan tangan, atau gerakan lainnya yang? Jika termasuk dalam kategori ini, kamu juga mungkin hobi olahraga, memasak dan pekerjaan tangan.  

 

Jika demikian, belajar dengan duduk diam di kursi bukanlah cara yang efektif untukmu. Kegiatan praktek, eksplorasi dan roleplay akan membantu kamu untuk menguasai pelajaranmu dengan baik. Kamu bisa membuat flaschcard yang besar dan menarik, mendengar rekaman kuliah sambil jogging atau memasak, memasang poster di kamar, dan memainkan sesuatu di tangan sewaktu belajar akan membantumu untuk mengingat dengan baik.  

 

Peralatan belajar: Poster, flashcard besar, mainan tangan (squishy misalnya), stabilo, MP3 player.

 

Kamu bisa juga mengkombinasikan 2 atau 3 gaya belajar sekaligus dan melihat yang mana yang lebih efektif. Semoga waktu belajarmu menyenangkan ya! :)

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS