Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

HOBI TRAVELLING? INI 7 JURUSAN KULIAH & PROFESI YANG COCOK UNTUK KAMU

1736

Ada banyak hal menarik yang bisa dijelajahi di dunia ini. Walau kamu bisa melihat atau membaca dari internet, rasanya tidak cukup jika tidak mengunjungi sendiri. Akan tetapi travelling bisa menjadi hobi yang mahal. Bukankah sangat menyenangkan jika bisa bekerja sambil berkeliling dunia dan dibayar? Kabar baik untukmu, menurut FORBES, ini 7 profesi yang cocok untuk orang yang suka travelling, dan jurusan kuliah yang bisa mengantarkan kamu ke profesi tersebut...

 

1. Bartender/server

 

 

Bar dan restoran bisa kamu temukan dimana saja, dan pekerjaan serta rutinitasnya sama di belahan dunia manapun. Jika kamu memiliki pengalaman kerja di bidang ini, bekerja di bar dan restoran sewaktu travelling bukanlah masalah. Yang menjadi pertimbangan adalah sebaiknya kamu menguasai bahasa setempat, karena perlu berkomunikasi. Selain itu, visa atau ijin kerja di setiap negara juga berbeda. Akan tetapi semua ini bisa diatasi jika sebelumnya kamu mencari informasi terbaru yang akurat.

 

Untuk mendapatkan kualifikasi yang meyakinkan, kamu bisa mengambil program kuliah jurusan Food & Beverage. Lihat program kuliah jurusan Food & Beverage di luar negeri.

 

 

2. Event planner

 

 

Bayangkan jika kamu dibayar untuk menghadiri acara Piala Dunia atau Olimpiade, atau konser-konser dari artis ternama. Mengadakan acara besar seperti ini melibatkan banyak pekerjaan, sehingga perusahaan yang terlibat memperkerjakan banyak orang. Bekerja dengan perusahaan yang mengelola acara-acara kelas dunia memastikan kamu pasti akan banyak berpergian.

 

Jika kamu tertarik untuk menjadi event planner, kamu bisa mempertimbangkan kuliah jurusan event organizer atau leisure management di luar negeri.

 

 

3. Pemandu wisata internasional

 

 

Pemandu wisata membawa sekelompok turis untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ternama. Bukan hanya itu, mereka juga bekerja sama dengan kelompok lain yang mengurus hal logistik. Misalnya memastikan hotel dan tempat makan sudah dipesan sesuai dengan tanggal keberangkatan, dan hal operasional lainnya yang memastikan kelompok tur tersebut berjalan lancar. Walau tempat yang dikunjungi tidak banyak berubah, tetapi kamu akan berkenalan dengan kelompok turis baru di setiap perjalanan. Berjalan-jalan, mengenal teman baru, dan menerima bayaran.

 

Terdengar menarik? Jika iya, kamu bisa mulai mencari informasi tentang jurusan kuliah perjalanan dan pariwisata di luar negeri.

 

 

4. Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua

 

Setiap negara memberlakukan persyaratan yang berbeda. Tetapi jika kamu memiliki kualifikasi ESL, kamu bisa mengajar di mana saja, terutama di Asia yang membutuhkan banyak tenaga pengajar bahasa Inggris profesional. Walau permintaan akan guru bahasa Inggris juga banyak di Amerika Tengah dan Eropa, disebutkan bahwa Asia memberikan bayaran yang lebih bagus.

 

Ada banyak universitas luar negeri yang menyediakan program ESL. Bisa kamu temukan di sini.

 

 

5. Pegawai pemerintah

 

Jika kamu tertarik dengan hubungan luar negeri dan melayani masyarakat, bekerja sebagai Petugas Layanan Luar Negeri mungkin cocok untuk kamu. Pekerjaan ini menerima bayaran dan tunjangan yang tinggi, dan sering ditugaskan ke luar negeri. Akan tetapi sebelum itu, kamu perlu lulus ujian pegawai negeri terlebih dahulu.

 

Hubungan Internasional bisa jadi jurusan kuliah yang dapat kamu pertimbangkan jika ingin berprofesi sebagai pegawai pemerintah. Cari program kuliah jurusan Hubungan Internasional di luar negeri.

 

 

 

6. Bekerja di Kapal Pesiar atau Pesawat

Ada banyak sekali tenaga kerja yang dibutuhkan oleh kapal pesiar, termasuk untuk acara hiburan (musisi, penari, penyiar dan teknisi suara), untuk melayani tamu (koki, bartender, pelayan), serta bagian logsitik (ahli listrik, pemeliharaan, manajer hotel), dan masih banyak lagi. Dengan bekerja di sana tentunya kamu akan sering berpergian. Hanya saja, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut cukup ketat, dan jam kerja juga sangat panjang.  

 

 

 

Bekerja sebagai pramugari atau pilot lebih mudah didapatkan jika kamu memenuhi kriteria. Akan tetapi jam kerja tidak fleksibel. Kamu harus siap terbang sesuai jadwal. Akan tetapi, hobi travellingmu pasti akan tercapai dengan pekerjaan ini. Apalagi jika bekerja untuk penerbangan internasional.  

 

Biasanya untuk dapat diterima di lowongan tersebut, kamu harus memenuhi kriteria yang ditentukan. Untuk persyaratan akademis, hanya dibutuhkan diploma dan pengalaman kerja dalam bidang customer service. Akan tetapi, jika kamu memiliki gelar yang lebih spesifik tentunya akan lebih membantu.

 

 

 

7. Freelance

Ada banyak jenis freelance. Terutama di jaman internet ini, banyak yang hidup dari menulis blog, membuat video, atau menjual foto. Kamu bisa memilih sesuai dengan yang kamu minati. Misalnya kamu membuat video tentang kehidupan satwa liar, atau tentang indahnya tempat-tempat wisata anti mainstream, atau hal unik lainnya yang bisa menarik perhatian banyak orang. Jika fotografi adalah hobimu, kamu bisa berpergian kemana saja dan mengambil foto-foto yang indah. Tahukah kamu jika selembar foto itu bisa dijual dan menghasilkan belasan juta?

 

Jurusan kuliah yang cocok adalah creative writing, fotografi, atau jurusan lain yang sesuai dengan minat kamu.

 

 

Masih bingung dengan jurusan kuliah? Don’t worry, kini Hotcourses Indonesia menyediakan layanan konsultasi gratis untuk membantu kamu. Kamu hanya perlu mendaftar di link di bawah ini, kemudian tunggu telepon dari kami.

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

61906