Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

JURUSAN KULIAH DAN KARIR YANG COCOK UNTUK ORANG YANG KREATIF

1136

Ada banyak karir dan jurusan kuliah yang menarik untuk kamu yang hobi gambar, mendesain, berkreasi, dan pokoknya yang anak kreatif deh. Yang disebut di bawah ini hanyalah beberapa contoh bidang karir dengan pemasukan yang menggiurkan:

 

Catatan: Informasi gaji rata-rata/tahun didapat dari payscale.com

 

 

1. Animator

Animator menciptakan karakter, obyek, dan latar untuk berbagai aplikasi, baik itu untuk video game, grafik untuk TV dan film, dan masih banyak lagi.


Jurusan kuliah yang cocok: kamu akan membutuhkan gelar S1 dari jurusan desain grafis atau multimedia. Menguasai skill desain 2D dan 3D adalah nilai plus.


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 717 juta

 

Baca juga: Meniti karir di bidang set design. Info ini bermanfaat buat kamu yang tertarik dengan bagaimana latar/setting film fantasi dibuat. Misalnya latar di film Hobbits, Harry Potter dan lainnya.

 

 

 

2. Guru Seni

Tugasmu adalah membina para seniman di masa depan. Seni adalah bidang yang tidak ada batasnya. Jadi kamu selalu punya kesempatan untuk mengenalkan hal-hal dan teknik baru untuk murid-muridmu.


Jurusan kuliah yang cocok: Setidaknya jurusan S1 dari jurusan Seni & Desain, dan tergantung negara dimana kamu berkarir, sertifikat mengajar juga dibutuhkan.  


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 799 juta

 

 

 

3. Cake decorator

Menghias kue tidaklah segampang memainkan mentega, tetapi melibatkan banyak teknik dan bahan yang mendetil. Seorang cake decorator profesional selain menjual kue juga bisa membuat kelas kursus.


Jurusan kuliah yang cocok: jurusan culinary arts, dan memiliki sertifikat skill dalam bidang khusus (missal pattiserie, airbrush, dll) adalah nilai plus.

 

Gaji rata-rata/tahun: Rp. 361,3 juta

 

 

 

4. Fashion designer

Lingkup kerja perancang busana bukan hanya sebatas merancang baju, tetapi semua yang berkenaan dengan fashion, mulai dari aksesoris, sepatu, tas dan lainnya.


Jurusan kuliah yang cocok: jurusan fashion design. Ilmu di dunia seni tidak habis-habisnya untuk dipelajar, karena mode selalu berubah seiring berjalannya waktu. Kamu bisa mengikuti berbagai kelas kursus untuk mempelajari tren atau teknik terbaru.


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 885 juta

 

 

 

5. Graphic designer

Seorang desainer grafis membuat dan mengedit efek visual dengan menggunakan software khusus desain seperti Adobe InDesign. Biasanya seorang desainer grafis bekerja untuk brand tertentu, dan dapat memegang lebih dari 1 klien pada saat yang bersamaan, selama mereka dapat menjaga kualitas kerja.


Jurusan kuliah yang cocok: jurusan desain grafis, ingat untuk mulai membuat portofolio semasa kuliah, supaya lebih mudah menemukan pekerjaan/proyek setelah lulus kuliah.


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 686,1 juta

 

 

 

6. Illustrator dan technical illustrator

Illustrator menciptakan semuanya dari goresan dan sketsa, baik itu menggambar karakter hingga gambar produk dan logo. Mereka menggambar sesuai dengan deskripsi yang diminta oleh klien. Biasanya diagram dan gambar yang kita lihat di majalah, buku atau buku manual adalah hasil karya dari illustrator.


Jurusan kuliah yang cocok: jurusan ilustrasi. Kamu bisa mengambil gelar S1 atau associate degree untuk memulai karir di bidang ini.


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 810,9 juta

 

 

 

7. Desainer Industri

Desainer industri membuat desain untuk produk, mulai dari mobil, perabotan rumah hingga produk kecil. Mereka tidak hanya mempertimbangkan estetika tetapi juga kegunaan dan apakah hasil karya mereka sesuai dengan persyaratan produksi. Intinya mereka membuat rancangan yang enak dilihat dan enak untuk dipakai, dengan biaya produksi paling hemat.


Jurusan kuliah yang cocok: Jurusan desain industri. Susun hasil karya dan proyek kolaborasimu dalam portofolio, supaya lebih mudah menemukan pekerjaan/proyek setelah lulus kuliah.


Gaji rata-rata/tahun: Rp. 976,3 juta

 

Di atas hanyalah beberapa contoh bidang karir dan jurusan yang cocok untuk anak kreatif. Bidang kreatif sangat luas, sehingga ada pilihan yang sangat banyak. Kamu punya saran lain? Jangan lupa tuliskan di kolom komen ya. Siapa tau bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

 

Kamu masih bingung dengan jurusan kuliah? Don’t worry, kini Hotcourses Indonesia menyediakan layanan konsultasi gratis untuk membantu kamu. Kamu hanya perlu mendaftar di link di bawah ini, kemudian tunggu telepon dari kami.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

62688