Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN DESAIN PERHIASAN

share image

Peradaban manusia memang selalu lekat dengan perhiasan dan fakta ini telah menjadikan industri perhiasan salah satu industri tertua dan terawet di dunia. Menurut perusahaan database Statista, pasar perhiasan global akan terus berkembang pesat hingga mencapai nilai USD 480,5 Milyar di tahun 2025. Ini berarti industri perhiasan cukup menjanjikan untuk dijalani di masa mendatang.

 

Nah, kalau kamu tertarik dengan bidang fashion/desain dan suka membuat aksesorismu sendiri, ada kemungkinan jurusan desain perhiasan/jewelry design adalah pilihan tepat untukmu. Langsung saja baca penjelasan Hotcourses Indonesia berikut ini untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan desain perhiasan.

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Jurusan Desain Perhiasan?

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mengajarkan mahasiswa cara merancang dan menciptakan perhiasan, baik dalam skala besar ataupun kecil. Bidang studi ini sangat mementingkan kreativitas dan akan membuka berbagai pintu kesempatan bagi para mahasiswa kreatif yang ingin menggunakan keterampilan desain mereka di industri perhiasan. Selain itu, jurusan ini akan melatih para mahasiswanya untuk memiliki sudut pandang unik yang akan membedakan mereka dari perancang-perancang lain di industri ini.

 

 

 

Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?

Pada intinya, jurusan ini mengajarkan mahasiswanya untuk mengolah visi artistik mereka menjadi produk nyata. Mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen desain serta diperkenalkan kepada sejarah seni dan perhiasan secara menyeluruh, mulai dari masa lampau sampai ke era kontemporer. Selain itu, mahasiswa juga belajar cara membuat konsep dan menggambar rancangan perhiasan di berbagai tahap desain, baik secara manual maupun digital. Mereka juga akan diperkenalkan pada berbagai jenis material - seperti metal dan batu mulia - serta cara mengolahnya menjadi perhiasan. Beberapa universitas juga mengajarkan aspek-aspek bisnis di jurusan ini agar lulusannya memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan sebagai pekerja industri perhiasan. Saat lulus, mahasiswa akan memiliki portfolio yang bisa digunakan untuk memasuki dunia kerja.

 


Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

Individu yang artistik, berbakat dan bermotivasi tinggi adalah mahasiswa yang ideal untuk jurusan ini. Karena jurusan ini juga memiliki aspek teknis - seperti mengolah metal dan batu permata dengan tangan atau dengan bantuan mesin - maka mahasiswa jurusan ini tidak bisa hanya mengandalkan sisi artistiknya saja. Selain itu, para mahasiswa yang mengambil jurusan desain perhiasan harus bisa memperhatikan detail dengan seksama dan  memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik. Hal ini diperlukan agar mereka bisa menghasilkan karya yang sesuai dengan standar industri.

 

 

Prospek Kerja

 

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan desain perhiasan:

 

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas dan institusi mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

  1. University of Dundee, Inggris

  2. University of Hertfordshire, Inggris

  3. Glasgow School of Art, Inggris

  4. NSCAD University, Kanada

  5. Rhode Island School of Design, Amerika Serikat

  6. University of Georgia, Amerika Serikat

  7. Kansas State University, Amerika Serikat

  8. Raffles College of Higher Education, Malaysia

  9. Gerrit Rietveld Academie, Belanda

  10. VTC, Hong Kong

 

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

 

Sumber:

Statista.com

Raise.me

Theartcareerproject.com

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

76.8K