Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN KULIAH FRENCH PATISSERIE

111

Sewaktu pergi ke kafe atau ke toko kue, pernahkah kamu penasaran dengan kisah di balik bagaimana kue-kue di etalase dibuat. Apalagi mereka tidak hanya enak dilihat, tetapi juga enak dimakan. Nah, membuat kue-kue ini bukan hanya sekedar lihat dari buku resep, tetapi juga ada jurusan kuliahnya loh. Berikut adalah cerita dari Andre Sandison, seorang staf pengajar jurusan French Patisserie di Le Cordon Bleu Culinary Arts Institute Sydney, Australia

 

 

Q: Bagaimana awal mula dari karir Anda saat ini?

A: Begitu saya sadar bahwa saya sangat menyukai bidang ini (French Patisserie), saya memutuskan untuk kuliah di bidang ini. Saya ingin perkuliahan yang menjalankan banyak kegiatan praktek. Jadi saya mendaftar ke kelas TAFE (Technical And Further Education, sejenis institusi kejuruan/vokasional yang diakui oleh Sistem Pelatihan Nasional Australia).

 

Q: Apa yang akan didapatkan oleh mahasiswa di kelas ini?

A: Kami belajar French patisserie dari dasar, mulai dari teori dan skill, kemudian praktek di lingkungan yang luar biasa mementingkan kebersihan, dan kami juga belajar manajeman waktu supaya dapat menyelesaikan pekerjaan kami dengan cepat dan sesuai standar.  

 

Q: Menurut Anda, apa yang penting untuk dikuasai di jurusan ini?

A: Keamanan dan keselamatan kerja, kebersihan, kerja sama tim dan keahlian-keahlian utama untuk bekerja di dapur profesional.

 

Q: Kriteria apa yang dibutuhkan untuk sukses di industri ini?

A: Pertama-tama haruslah memiliki passion, karena ini akan membuat kita bekerja dengan senang hati. Bagi saya, hanya sekedar bisa memasak tidak bisa bertahan di bidang ini. Kita harus bisa profesional, kita tidak hanya menguasai sisi ilmiah dari makanan, tetapi juga menjadi arsitek dan seniman patisserie, dan di luar itu juga harus pintar manajemen waktu, dan bekerja sama dengan orang lain.  

 

Q: Apa manfaat yang akan didapatkan dari jurusan ini?

A: Pengetahuan dan skill dasar tentang makanan, dua hal ini adalah awal mula yang baik untuk memasuki dunia patisserie.

 

 

 

Q: Apa yang membuat Anda menyukai jurusan yang Anda ajarkan saat ini?

A: Saya suka sesuatu yang memutar otak dan suka menyajikan makanan untuk orang lain. Saya adalah pecinta masakan, saya ingin tahu apa manfaat yang bisa saya berikan kepada orang lain melalui masakan saya. Menjadi seorang guru berarti saya harus selalu lebih maju, senantiasa mengerti anak-anak didik saya, dan memberikan inspirasi dan semangat bagi mereka.

 

Q: Keahlian apa yang akan mahasiswa dapatkan sewaktu lulus?

A: Mereka akan menguasai keahlian dalam membuat desserts (hidangan pencuci mulut), makanan-makanan manis, cake, roti, pastry, dan snack-snack lain yang menemani waktu minum teh.

 

Q: Apa yang bisa dilakukan mahasiswa setelah lulus?

A: Program kuliah ini sangat intensif. Pengalaman kerja adalah hal yang ingin dimiliki mahasiswa, dan mereka telah mendapatkan banyak kesempatan praktek sewaktu kuliah. Mereka dapat melanjutkannya setelah lulus dengan bekerja dan mengasah keahlian yang telah mereka pelajari sewaktu kuliah.

 

Q: Cara terbaik untuk memasuki industri ini adalah?

A: Mahasiswa bisa membuat resume yang bagus, menghadiri wawancara, kesempatan ada di setiap saat. Mereka dapat belajar dari setiap kesempatan di industri ini

 

Q: Apa saran Anda bagi mahasiswa yang tertarik pada jurusan ini?

A: Setelah lulus, jalur karirmu baru saja dimulai. Kamu harus mulai merencanakan 10 tahun ke depan jika ingin sukses. Walau pertama-tama semua keahlian yang kamu pelajari sewaktu kuliah belum terpakai, tidak berarti kamu tidak akan memerlukannya di masa mendatang. Semua keahlian yang kamu pelajari akan membukakan pintu ke lebih banyak peluang kerja.

 

----------------------------------------

SUMBER:  hotcourses australia

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS