Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN KULIAH GAME DESIGN

61

Jika dulu game identik dengan mainan anak-anak, sekarang jaman telah berubah. Game Design adalah sektor hiburan dengan perkembangan tercepat saat ini, oleh karena itu para game designer sangat dibutuhkan di industri tersebut.

 

Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penggemar game, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, baik dari game ringan sekedar untuk mengusir rasa bosan, game untuk melatih kreativitas, hingga game strategi yang menantang dan mengasah daya pikir.

 

Jika kamu adalah seorang yang kreatif dan suka bermain video/computer game, mengapa tidak mengubah hobimu menjadi karir yang cemerlang?

 

Jika kamu telah tamat SMU dan memiliki dasar dalam ilmu komputer, kamu bisa mendaftar untuk program S1 Game Design, yang bisa kamu lanjutkan ke program S2 jika perlu.

 

Di tingkat S1, mahasiswa akan diajak untuk memantapkan ilmu komputer, dan juga mempelajari cara membuat game, mulai dari desain visual, animasi komputer, programming video game, arsitektur perangkat keras, kemudian memasuki pengenalan game design dan dilanjutkan dengan game design tahap menengah. Biasanya 2 semester terakhir akan diisi dengan proyek akhir.

 

Di tingkat S2, mahasiswa akan mempelajari tentang grafik yang lebih canggih, teknologi animasi, serta prinsip desain media interaktif, metodologi pengembangan produk dan kewirausahaan teknik. Program gelar ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk posisi kerja yang membutuhkan keahlian multidisipliner seperti desainer, animator teknikal, dan programmer game.

 

Mahasiswa juga akan belajar hal spesifik lainnya melalui mata kuliah yang lebih spesifik, misalnya dasar desain, teknologi, proses pembuatan game digital, sejarah, dampak sosial dari game, serta bisnis game.

 

Tidak hanya itu, di sepanjang perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan juga cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu proyek, yang bisa mereka jadikan protofolio/hasil karya. Program-program yang bersangkutan juga akan diajarkan, misalnya struktur data, C++ dan Java.

 

Jenjang studi S2 akan membahas lebih dalam lagi tentang beberapa bidang studi utama berikut: Seni Kreatif dan Desain, Ilmu Komputer, Sistem dan Teknologi, Pengembangan Desain Produk, Bisnis dan Kewirausahaan.  Program kuliah S2 pada umumnya berdurasi 2 tahun, termasuk kesempatan magang di perusahaan animasi/game, dan juga tugas akhir membuat klip game sebagai portofolio.    

 

 

Kuliah Game Design Dimana?

 

Abertay University di Dundee, Skotlandia adalah universitas pertama di dunia yang menawarkan program kuliah penuh untuk jurusan Game Design. Saat ini beberapa universitas yang terkenal akan jurusan game design tersebar di Amerika, Inggris, Australia, Swedia, Kanada dan Singapura. Mereka adalah:

 

Sedangkan untuk jenjang S2, menurut Forbes, berikut adalah 5 universitas terbaik:

 

 

Seperti apa pekerjaan seorang Game Designer?

 

Seeorang game designer harus mengerti seni/estetika, programming, manajemen proyek, budaya, bahasa, desain suara/musik, menyusun cerita, membangun karakter/tokoh dalam game.  

 

Kreatifitas, coding dan kesabaran haruslah dimiliki oleh seorang game designer. Kerja keras selama berbulan-bulan bisa saja sia-sia jika hasil akhir produk tidak memuaskan, atau tidak sesuai dengan permintaan klien. Oleh karena itu, seorang game designer harus selalu mempelajari hal baru, mengikuti perkembangan terbaru dan selalu kreatif.  

 

Tertarik dengan jurusan game design? Mulai cari program yang cocok sekarang juga.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS