Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN MANAJEMEN OLAHRAGA

share image

Industri olahraga adalah salah satu industri yang saat ini tengah berkembang dengan cepat. Menurut The Business Research Company, industri ini telah mengalami perkembangan pesat dari tahun 2014 dan diperkirakan akan mencapai nilai USD 614 miliar pada tahun 2022. Karena itu, prospek kerja di industri ini cukup menjanjikan untuk kamu telusuri lebih lanjut.

 

Walaupun kebanyakan orang masih berpikir profesi di industri ini terbatas pada atlet atau instruktur olahraga, sebenarnya ada beragam karir lain yang tersedia - salah satunya adalah profesi manajer olahraga. Profesi ini dibutuhkan karena bidang olahraga membutuhkan orang-orang yang bisa mengelola sumber daya dan aspek pengembangan bisnis. Kalau kamu tertarik dengan profesi ini, kamu bisa mengambil jurusan Manajemen Olahraga di universitas-universitas terbaik di luar negeri. Dengan kualifikasi internasional, kamu bisa bebas bekerja di pasar-pasar terbesar industri olahraga di dunia, seperti Amerika Utara, Eropa Barat dan Asia Pasifik. 


Ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan ini? Langsung saja baca penjelasan dari tim Hotcourses Indonesia di bawah ini.

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen Olahraga? 


Manajemen olahraga adalah bidang manajemen bisnis yang berfokus pada olahraga, rekreasi dan aktivitas fisik. Pekerjaan dalam bidang ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pemasaran, pengarahan dan juga pelaksanaan evaluasi dalam organisasi atau departemen yang produk/layanan utamanya terkait dengan olahraga, rekreasi dan aktivitas fisik. Selain itu, seorang manajer olahraga juga sering menjadi penyambung komunikasi antara pelatih, atlet dan media.

 

Karena bidang ini memiliki banyak aspek, seorang manajer olahraga bisa hanya berfokus pada aspek-aspek tertentu dalam industri ini. Misalnya, individu yang tertarik pada aspek keuangan bisa khusus bekerja menangani anggaran sebuah tim olahraga dan individu yang tertarik dengan aspek pemasaran internasional bisa bekerja untuk organisasi olahraga internasional.

 


Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?


Jurusan Manajemen Olahraga bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terdidik yang memiliki pemahaman mengenai sinergi olahraga, bisnis dan manajemen. Pada umumnya, jurusan ini menawarkan kelas-kelas yang berfokus pada aspek bisnis olahraga, informasi tentang olahraga dan industri olahraga di tingkat perguruan tinggi dan profesional.

 

Para mahasiswa jurusan ini juga akan belajar mengenai sejarah olahraga, etika olahraga, pemasaran olahraga, hukum olahraga, pengelolaan keuangan di industri olahraga, komunikasi olahraga dan pengelolaan fasilitas olahraga. Selain mendapatkan pengetahuan dalam kelas, para mahasiswa dalam jurusan ini akan mendapatkan pengalaman praktik dalam pengelolaan organisasi olahraga dan/atau acara olahraga. Penyampaian semua materi ini tentunya dirancang agar sesuai dengan kebutuhan terkini di industri olahraga serta tren dan teknologi terbaru.

 

Beberapa program studi Manajemen Olahraga memungkinkan mahasiswanya untuk berspesialisasi dalam bidang industri olahraga tertentu, seperti pariwisata olahraga, manajemen golf, komunikasi dan media olahraga, pemasaran olahraga, atau manajemen fasilitas olahraga. 

 

 

Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?


Pelajar berstatus atlet ataupun individu yang suka dengan olahraga adalah kandidat yang ideal untuk jurusan ini. Karena para mahasiswa jurusan ini harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai industri olahraga, rasa suka pada olahraga dan pengalaman di industri olahraga akan membantu mereka dalam memaksimalkan proses belajar. Selain itu, semua mahasiswa jurusan ini juga sebaiknya memiliki keluwesan dalam berinteraksi dengan berbagai macam karakter sebagai persiapan untuk bekerja dengan beragam pelaku industri setelah kelulusan.

 


Prospek Kerja


Karena industri olahraga bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, profesi dalam bidang manajemen olahraga bisa dijalankan tanpa terbatas pada satu wilayah geografis tertentu. Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan Manajemen Olahraga:

 

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas dan institusi mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

 

  1. University of Portsmouth, Inggris

  2. University College Birmingham, Inggris

  3. University of Newcastle, Australia

  4. Swinburne University of Technology, Australia

  5. Institute of Technology Carlow, Irlandia

  6. Limerick Institute of Technology, Irlandia

  7. EU Business School, Spanyol

  8. New York University, Amerika Serikat

  9. Brickfields Asia College, Malaysia

  10. Infrastructure University Kuala Lumpur, Malaysia

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

 

Sumber:

Learn.org

ShapeAmerica.org

Gmercyu.edu

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

78.9K