Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Jurusan Keperawatan

share image
20341

Jika kamu menginginkan karir yang memungkinkan kamu untuk membantu orang lain, bekerja di mana saja di seluruh dunia, maka keperawatan mungkin akan menarik minat kamu.

 

Keperawatan adalah profesi yang menarik, karena perawat bekerja dalam garis depan layanan kesehatan dan seringnya menjadi titik temu pertama antara pasien dan dokter ketika mengatasi masalah medis yang penting.

 

Mereka bekerja sama dengan praktisi kesehatan, termasuk dokter dan terapis. Mereka juga bekerja erat bersama pasien dan keluarganya, memastikan mereka mendapatkan informasi terkini tentang kondisi pasien.

 

Tugas perawat sangat bervariasi bergantung pada spesialisasi mereka, tingkat kualifikasi dan di mana mereka bekerja (seperti rumah sakit, klinik, dan lainnya). Akan tetapi, beberapa tugas mereka mungkin meliputi menjaga dan mengawasi kondisi pasien sebelum dan sesudah operasi, memberikan obat-obatan, menulis laporan dan berkomunikasi dengan dokter, dan lain sebagainya.

 

Dengan tanggung jawab yang begitu besar, perawat yang terdaftar bisa mendapatkan gaji yang besar, tergantung di mana mereka bekerja. Dan perlu juga diingat bahwa perawat bekerja dalam lingkungan yang bergerak cepat, dengan jam kerja yang panjang, yang dapat menguras stamina fisik serta mental.

 

Dengan permintaan perawat yang tinggi secara global, perubahan cepat dalam industri ini juga berarti perawat harus secara terus menerus meningkatkan keahlian mereka agar tetap terus mengikuti perubahan dalam bidang ini.

 

Jika kamu merasa siap untuk karir yang menantang, keperawatan mungkin cocok untuk kamu. Akan tetapi agar dapat berkualifikasi sebagai perawat, kamu harus lulus terlebih dahulu dalam program keperawatan.

 

 

Apa yang dipelajari dalam program keperawatan?

 

Program keperawatan biasanya berdurasi tiga tahun untuk mahasiswa penuh waktu; kamu akan belajar teori dan praktik klinik, karena keperawatan merupakan profesi praktik langsung. Mahasiswa akan terpapar dengan beragam bidang termasuk biosains manusia dan fisiologi, layanan kesehatan anak dan keluarga, disabilitas, dan kesehatan mental.

 

Tergantung universitas mana yang kamu pilih, kamu mungkin harus memenuhi persyaratan tertentu sebelum menjalani praktik klinik kamu.

 

Sebagai contoh, beberapa persyaratan wajib bagi mahasiswa sebelum mengambil penempatan kerja klinik mencakup mendapatkan surat keterangan kelayakan dari polisi, vaksinisasi, dan pemeriksaan kesehatan.

 

Sementara itu, setelah kelulusan, tergantung di negara mana kamu tinggal, kamu mungkin harus terdaftar dalam badan tertentu dan menjalani penilaian atau ujian sebelum memulai karir kamu sebagai perawat.

 

 

Jalur karir yang prospektif

 

Penelitian menunjukkan permintaan akan perawat terus meningkat secara global. Kekurangan tenaga kerja perawat juga dilaporkan terjadi di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Irlandia dan lainnya. Sementara permintaan akan perawat cukup tinggi, kamu bisa menikmati beragam pilihan karir, tergantung pada kualifikasi dan tingkat pengalaman kamu.

 

Biasanya, beberapa pekerjaan berkaitan dengan gelar keperawatan mencakup bidan, perawat pediatrik, perawat gerontologi, perawat gawat darurat, dan lainnya.

 

Tapi untuk bisa mengkhususkan diri dalam satu bidang, kamu harus mengambil studi pascasarjana keperawatan untuk bisa menempati posisi kerja yang lebih tinggi. Beberapa karir ini mencakup perawat anastesi, perawat spesialis klinik, atau pengajar.

 

Tertarik untuk kuliah jurusan keperawatan di luar negeri? Klik di sini untuk mencari program kuliah yang cocok untukmu.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

74074