Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Mengulas tuntas jurusan kuliah Cyber Security

share image
3709

Teknologi dan komputer telah hadir dalam semua aspek kehidupan kita, menjadikan keamanan cyber merupakan peran yang penting bagi para profesional komputer dalam ekonomi digital kita saat ini.

 

Kebanyakan bisnis saat ini berjalan secara online baik sebagian ataupun keseluruhan, dan dalam skala individu, kita juga bergantung pada teknologi untuk keperluan transaksi perbankan, pekerjaan dan hiburan.

 

Hal ini membuat keamanan cyber penting bagi semua orang, mulai dari individu hinggai bisnis dan pemerintahan, untuk memastikan data, sistem, dan jaringan aman dari serangan cyber. Kegagalan dalam menjaga keamanan cyber dapat menimbulkan masalah besar, yang berdampak pada sektor keuangan dan sipil.

 

Kebergantungan kita yang terus meningkat pada teknologi juga mendorong meningkatnya kebutuhan akan profesional keamanan cyber yang berkualifikasi.

 

 

Apa yang sebenarnya dipelajari dalam program keamanan cyber?

 

Menurut IT Governance, keamanan cyber mencakup teknologi, proses dan kontrol yang didesain untuk melindungi sistem, jaringan dan data dari serangan cyber. Keamanan cyber yang efektif akan mengurangi resiko dari serangan cyber, dan menjaga organisasi serta individu dari eksploitasi yang tidak sah terhadap sistem, jaringan dan teknologi.

 

Program keamanan cyber dapat berbeda bergantung pada institusi yang menawarkannya, akan tetapi secara umum, program ini akan melengkapi kamu pengetahuan baik teori dan praktik yang dibutuhkan untuk mendeteksi serta melindungi komputer, jaringan, program, data dan informasi pribadi dari akses yang tidak sah.

 

Modul yang diberikan juga dapat bervariasi, sebagai contoh beberapa modul yang mungkin akan kamu ambil pada tahun pertama mencakup Perangkat Keras dan Keamanan Dasar, Program Komputer dan Komputasi Matematika.

 

Pada tahun kedua dan ketiga kamu akan mengambil modul yang lebih rumit seperti Keamanan Perangkat Lunak, Serangan Cyber dan Pencegahan, Alat Bantu dan Teknik Forensik Komputer, Sistem Hukum dan Hukum TI, Peretasan Etis, Komputasi Awan, dan lainnya.

 

Bergantung pada program yang kamu ambil, kamu mungkin juga akan diwajibkan untuk menyelesaikan praktik magang sebagai syarat untuk kelulusan kamu.

 

 

Jalur Karir Prospektif

 

Banyak penelitian yang menyatakan kebutuhan yang tinggi akan profesional dalam bidang ini. Sebagai contoh, Anglia Ruskin University menyatakan “Pasar keamanan cyber dunia telah bertumbuh dari 3,5 Milyar USD pada tahun 2004 menjadi 75 Milyar USD pada tahun 2015 dan diperkirakan akan mencapai 170 Milyar pada tahun 2020.”

 

Lulus dengan gelar sarjana dalam keamanan cyber dapat membuka banyak kesempatan karir bagi kamu, karena profesional dalam bidang ini sangat dibutuhkan dalam beragam industri, mulai dari pendidikan sampai perawatan kesehatan dan bahkan pemerintahan.

 

Beberapa karir yang dapat diambil oleh lulusan keamanan cyber mencakup Spesialis Bantuan Komputasi Awan, Spesialis Bantuan Teknis, Spesialis TI, Analis Data, Pengembang Perangkat Lunak, Administrator Jaringan dan Profesional Forensik Digital.

 

Tertarik dengan jurusan ini? Cek 10 universitas yang unggul dalam bidang TI

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150