Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PANDUAN SINGKAT KULIAH TEKNIK

Panduan Singkat Kuliah Teknik

Bidang teknik adalah salah satu bidang ilmu terpopuler pilihan mahasiswa internasional. Hal ini tidak mengherankan, karena bidang ilmu ini tak hanya memiliki beragam spesialisasi dan prospek karir yang baik, namun juga memberikan prestise tersendiri bagi para lulusannya. Kalau kamu masih mencari-cari jurusan yang tepat untukmu, maka kuliah di bidang teknik bisa kamu pertimbangkan. Untuk membantumu mengambil keputusan, tim Hotcourses Indonesia akan memberikan penjelasan singkat mengenai perkuliahan di bidang ini.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu Teknik?

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu Teknik?

Pada dasarnya, ilmu teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang rancangan dan/atau pembangunan benda-benda yang dapat membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Mulai dari pembuatan transportasi, teknologi, fasilitas umum, satelit, hingga sumber daya, semuanya bisa ditelusuri lebih dalam sesuai jurusan teknik yang kamu pilih. Kalau kamu mengambil kuliah teknik, kamu akan belajar cara memecahkan berbagai masalah secara rasional dan logis dengan menggunakan sains dan matematika.  

 

Ilmu Teknik juga mencakup pemeliharaan sistem dan produk dengan protokol ketat dalam semua aspek - mulai dari pengujian dan pengembangan hingga instalasi. Selain itu, bidang ilmu ini bertujuan untuk menemukan cara yang terbaik dan paling efisien dalam melakukan sesuatu melalui berbagai proses penyempurnaan dan modifikasi.

 

Bidang Ilmu Ini Menawarkan Jurusan Apa Saja? 
Jurusan yang ditawarkan bidang ilmu teknik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bidang ilmu teknik memiliki berbagai pilihan jurusan yang menawarkan spesialisasi tertentu. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini mulai bermunculan beragam jurusan teknik baru yang melengkapi jurusan-jurusan teknik yang telah ada sebelumnya. Kalau kita tilik lebih jauh, sebenarnya ada kesamaan antara beberapa jurusan teknik, jadi mengambil kuliah di satu jurusan teknik tertentu tidak akan menghalangimu untuk bekerja di bidang teknik yang lain.

 

Yuk, kita bahas lingkup kerja/spesialisasi lulusan dari beberapa jurusan teknik yang populer dan juga jurusan-jurusan yang mungkin baru kamu dengar:


Teknik Sipil
Sebagian besar pekerjaan lulusan jurusan ini adalah proyek infrastruktur yang besar, mulai dari desain proyek hingga pemeliharaan produk akhir. Contoh proyeknya antara lain sistem jalan raya atau sistem pasokan air.

 

Teknik Listrik/Elektro
Seorang insinyur teknik listrik akan merancang dan memproduksi sistem, mesin dan perangkat yang membutuhkan listrik.

 

Teknik Mesin

Lulusan teknik mesin akan berspesialisasi dalam merancang dan mengembangkan mesin, komponen, serta sistem mekanis yang digunakan untuk berbagai tujuan. Contohnya, kamu bisa merancang mesin kendaraan bermotor atau sistem ban berjalan di sebuah pabrik.

 

Teknik Kimia
Fokus utama lulusan teknik kimia adalah mengembangkan, merancang, dan menerapkan proses pengolahan bahan kimia menjadi produk yang siap dipasarkan - seperti makanan atau bahan bakar.

 

Teknik Komputer

Para insinyur teknik komputer memiliki kualifikasi untuk membuat perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Lulusan jurusan ini memiliki pemahaman khusus mengenai bagaimana komputer dapat memecahkan masalah yang kompleks. Jurusan ini memiliki kaitan yang erat dengan teknik elektro.

 

Teknik Penerbangan/Kedirgantaraan
Sesuai dengan namanya, pekerjaan lulusan jurusan ini berkaitan dengan industri penerbangan dan pesawat terbang. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai penelitian, pengembangan, dan kreasi teknologi untuk pesawat terbang. Beberapa universitas yang menawarkan jurusan ini memiliki kurikulum yang mencakup pesawat/roket yang bergerak di luar atmosfer bumi.

 

(Baca juga: 10 NEGARA DENGAN GAJI TERTINGGI UNTUK INSINYUR TEKNIK SIPIL)

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Teknik Nuklir
Insinyur teknik nuklir akan mengerjakan rancangan dan implementasi proses, sistem dan peralatan yang menggunakan tenaga nuklir. Mesin MRI dan PLTN adalah beberapa hal yang merupakan hasil kerja insinyur teknik nuklir.

 

Teknik Mekatronika
Ilmu teknik mekatronika sering dianggap sebagai gabungan ilmu teknik elektro dan mesin. Lulusan jurusan teknik ini akan berfokus pada pembuatan mesin dan perangkat yang dapat menggunakan masukan dari lingkungan sekitarnya untuk melakukan suatu tindakan.


Rekayasa Nanoteknologi
Lulusan jurusan ini akan bekerja dalam skala mikro. Bidang ilmu ini menggabungkan sejumlah bidang teknik tradisional untuk memecahkan berbagai masalah yang solusinya harus tersedia dalam ukuran super kecil. Keahlian lulusan jurusan ini dibutuhkan berbagai industri - contohnya untuk memanipulasi DNA di industri kesehatan atau untuk menciptakan chip yang lebih kecil dan efisien di industri komputer.

 

Teknik Biomedis
Seorang insinyur teknik biomedis akan berkonsentrasi pada penelitian, desain, serta pengembangan produk dan proses yang terkait dunia medis. Contoh produk yang dihasilkan lulusan jurusan ini antara lain adalah peralatan bedah atau sendi pengganti.

 

Struktur Kuliah Teknik Itu Seperti Apa?

Struktur Kuliah Teknik

Memang tidak semua jurusan teknik akan memiliki struktur yang identik, tapi pasti ada kesamaan dalam rancangan kurikulumnya. Untuk program S1 yang berlangsung 4 tahun, strukturnya bisa dibagi menjadi dua. Dalam 2 tahun pertama, kamu akan berfokus pada mata kuliah inti jurusan teknik. Kemudian kamu akan mendalami spesialisasi pilihanmu di 2 tahun terakhir perkuliahan. Bentuk pembelajaran yang mungkin akan kamu hadapi antara lain:

  • Latihan praktik

  • Kuliah tatap muka

  • Tutorial

  • Tugas berupa proyek

  • Tugas di laboratorium

 

Di tahun pertama kuliah, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip inti ilmu teknik dan semua mata kuliah yang terkait. Kamu juga akan diberikan pemahaman mengenai penerapan ilmu-ilmu tersebut di dunia nyata. Beberapa mata kuliah yang mungkin akan jadi fokus utama di tahun ini adalah:

  • Ilmu material

  • Ilmu struktural

  • Matematika

  • Prinsip teknik (mesin, informasi dan elektro)

  • Desain produk

  • Pemrograman komputer

 

Memasuki tahun kedua, kamu akan mempelajari bidang inti teknik dan semua mata kuliah terkait di tingkatan yang lebih mendalam. Ini termasuk:

  • Matematika tingkat lanjut

  • Mekanika

  • Ilmu material dan struktural

  • Mekanika fluida

  • Teknik elektro dan informasi

 
Kamu juga akan banyak mengerjakan eksperimen laboratorium dan proyek desain. Sebagai catatan, tahun kedua ini merupakan periode di mana kamu harus mulai memilih spesialisasi yang ingin kamu dalami untuk dua tahun berikutnya.


Pada tahun ketiga, kamu akan mulai mendalami spesialisasi pilihanmu. Kamu akan diwajibkan mempelajari berbagai mata kuliah yang terkait dengan spesialisasi tersebut untuk memperluas dan mengembangkan pengetahuanmu. Ada kemungkinan kamu tetap diperbolehkan mengambil mata kuliah yang bersifat umum, tapi ini berarti kamu akan mengurangi fokus pada spesialisasi pilihanmu. Tahun ketiga ini juga menuntut kemampuan teknis yang semakin tinggi, seperti penggunaan perangkat lunak tertentu untuk menyelesaikan proyek berbasis komputer.

 
Untuk bisa menyelesaikan studi di tahun keempat, kamu harus telah berhasil menyelesaikan semua modul dan komponen kuliah selama tiga tahun sebelumnya dengan nilai di atas rata-rata. Kurikulum untuk tahun terakhir ini memiliki fokus khusus pada spesialisasi pilihanmu. Kamu akan diminta mengerjakan proyek individu atau penelitian di tingkat tinggi. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkanmu memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.

 

(Baca juga: INFORMASI YANG PATUT DIKETAHUI TENTANG STUDI TEKNIK & TEKNOLOGI DI LUAR NEGERI)


Bagaimana Dengan Struktur Kuliah Teknik Di Tingkat Pascasarjana?
Struktur Kuliah Teknik Di Tingkat Pascasarjana

Mengambil program pascasarjana adalah jalur ideal untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuanmu, serta untuk menemukan perkembangan dan penelitian terbaru di lapangan. Selain itu, program pascasarjana di bidang teknik seringkali memiliki kurikulum yang mengajarkan aspek manajemen proyek, bisnis dan kepemimpinan. Jadi ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan prospek karirmu.
 

Program Master of science (MSc) in engineering biasanya berdurasi 1 tahun jika kamu mengambil program purnawaktu dan 2 tahun jika kamu mengambil program paruh waktu. Saat mengambil program ini, biasanya kamu bisa memilih antara fokus pada aspek profesional atau aspek penelitian - sesuai dengan tujuan pribadimu. Kalau kamu ingin mengembangkan karirmu di industri teknik, mungkin program pascasarjana yang berfokus pada aspek profesional akan lebih sesuai. Program seperti ini biasanya mensyaratkan pengalaman kerja yang relevan dan juga menawarkan kesempatan untuk mengerjakan proyek bersama perusahaan rekanan universitasmu. 
 

Kami harap kamu bisa membuat rencana studi yang lebih matang dengan menggunakan informasi di atas. Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan alat pencari jurusan kami untuk menemukan jurusan teknik serta universitas di luar negeri yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Semoga berhasil!

 

Mau kuliah teknik di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas internasional terbaik!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

Sumber:

Unpas.ac.id

Usm.itb.ac.id 

Careerexplorer.com

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

79.8K