Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KARIR DAN DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN PENERJEMAHAN

Prospek Karir Dan Daftar Universitas Terbaik Jurusan Penerjemahan

Kehidupan modern saat ini sangat lekat dengan penerjemahan. Buktinya, hasil kerja seorang penerjemah bisa terlihat di berbagai tempat - mulai dari subtitle film Hollywood terbaru hingga label kosmetik favoritmu dari Korea Selatan. Nah, berhubung hari ini (30 September) adalah Hari Penerjemahan Internasional, tim Hotcourses Indonesia akan membahas prospek kerja jurusan penerjemahan dan juga universitas-universitas terbaik untuk mempelajari jurusan ini.

 

Apa Saja Yang Dikerjakan Seorang Penerjemah?

 

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan penerjemah/translator adalah profesi yang bertugas untuk mengubah kata tertulis dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Hal ini tentunya berbeda dengan penerjemah lisan/interpreter yang bertugas mengubah ucapan lisan dari satu bahasa ke bahasa yang lain (termasuk bahasa isyarat). Orang-orang yang ingin menjalani profesi ini harus menguasai setidaknya 2 bahasa dengan baik. 

 

Tujuan utama seorang penerjemah adalah membuat terjemahan yang sedekat mungkin dengan teks aslinya. Untuk bisa melakukan hal ini, sang penerjemah harus mampu menulis terjemahan yang mengalir sebaik teks aslinya, dengan tetap menjaga keakuratan ide dan fakta yang ada. Mereka juga harus mempertimbangkan berbagai referensi budaya, termasuk bahasa gaul dan ungkapan-ungkapan lain yang sulit diterjemahkan secara harfiah.

 

Alur kerja sehari-hari seorang penerjemah kurang lebih sebagai berikut:

  • Menerjemahkan sebuah konsep dari satu bahasa ke konsep yang setara dalam bahasa yang lainnya;

  • Menjaga agar gaya bahasa dan nada yang digunakan dalam teks asli bisa dipertahankan dalam hasil terjemahan;

  • Menyesuaikan jadwal kerja dengan tenggat waktu.

 

Kamu sebenarnya tidak wajib mengambil kuliah jurusan penerjemahan untuk bisa menjalani profesi ini. Namun mempelajari jurusan ini akan membantumu bersiap memasuki dunia kerja, meningkatkan keterampilan kerja yang dibutuhkan dan memperluas jejaring sesama penerjemah. 

Prospek Karir Dan Daftar Universitas Terbaik Jurusan Penerjemahan

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Hal Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Penerjemahan?

 

Saat ini, masih belum banyak universitas mancanegara yang menawarkan jurusan penerjemahan pada tingkat S1. Program-program S1 yang tersedia biasanya berfokus pada 1 atau 2 bahasa saja. Mahasiswa pada tingkatan ini akan mempelajari berbagai jenis teknik penerjemahan, serta membahas istilah-istilah khusus dan membedah sisi linguistik bahasa target mereka. Mereka juga mungkin akan mendapatkan mata kuliah tentang budaya penutur asli bahasa yang mereka pelajari.


Pada tingkat S2, mahasiswa akan diajarkan cara menerjemahkan teks tertulis dan juga budaya penutur asli bahasa-bahasa yang ingin mereka terjemahkan. Mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai industri yang membutuhkan jasa penerjemahan dan cara untuk menerjemahkan di berbagai jenis industri tersebut. Mereka juga mungkin bisa berpartisipasi dalam proyek penelitian dan program pelatihan kerja.

 

Mahasiswa penerjemahan di tingkat S3 menjalani pembelajaran yang mempersiapkan mereka untuk berkarir sebagai peneliti atau dosen. Mereka diperbolehkan mengejar minat penelitian mereka di bidang penerjemahan. Para mahasiswa mungkin akan menghadiri beberapa kelas tatap muka, tapi sebagian besar waktu mereka akan didedikasikan untuk penelitian.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Penerjemahan?

 

Berikut adalah beberapa karir yang bisa dijalani lulusan jurusan ini:

 

1. Penerjemah PBB

Karena PBB memiliki banyak negara anggota dengan bahasa yang berbeda-beda, mereka membutuhkan jasa penerjemahan untuk laporan dan juga pernyatan dari tiap negara.

 

2. Penerjemah buku

Era globalisasi informasi yang kita jalani saat ini telah meningkatkan permintaan terjemahan buku-buku populer dari luar negeri. Seorang penerjemah bisa bekerja sama dengan seorang editor dan pengarang asli sebuah buku untuk menghasilkan terjemahan yang terbaik. Salah satu nama lokal yang populer dalam profesi ini adalah Rahartati Bambang Haryo - penerjemah yang berhasil memberikan warna lokal untuk komik Asterix.

 

3. Copywriter

Saat bekerja, seorang copywriter atau penulis naskah iklan seringkali diminta untuk menerjemahkan sebuah kampanye iklan internasional ke bahasa lokal. Karena itu, keahlian mengenai budaya dan bahasa lokal yang dimiliki seorang penerjemah bisa berguna di profesi ini.

 

4. Pemandu tur

Walaupun profesi ini identik dengan penjelasan lisan mengenai objek wisata, sebenarnya seorang pemandu tur juga banyak melakukan penerjemahan tulisan. Mereka melakukan hal ini saat harus menjawab pertanyaan turis asing atau saat berkomunikasi dengan vendor dari negara lain via email.

 

Prospek Karir Dan Daftar Universitas Terbaik Jurusan Penerjemahan

 

Universitas Terbaik Untuk Kuliah Penerjemahan

 

Beberapa universitas unggulan di mancanegara yang menawarkan jurusan penerjemahan adalah:

 

Butuh bantuan untuk memilih universitas yang menawarkan jurusan penerjemahan? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di luar negeri!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Sumber:

careerexplorer.com

bachelorstudies.com

study.com

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

80.2K