Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA JURUSAN JURNALISTIK & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH KE LUAR NEGERI

19711

Jurnalis bertugas untuk mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menyebarkan berita untuk pembaca. Mereka memiliki keahlian dalam mengamati dan investigasi, selain dari kemampuan untuk menulis dengan akurat dan menarik.

 

Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

 

Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, mereka juga perlu menguasai sisi-sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat untuk menjadikan bahan tulisan lebih menarik dan lain sebagainya.

 

 

 

 

SIAPA YANG COCOK UNTUK MENGAMBIL JURUSAN JURNALISTIK

 

Jurusan ini cocok untuk orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, suka membaca dan mengikuti berita, suka mengutarakan pendapat, dan suka menulis.

 

 

 

KEAHLIAN YANG AKAN DIPELAJARI DARI JURUSAN JURNALISTIK

 

Jurusan jurnalistik tidak hanya mempelajari bagaimana cara mengumpulkan informasi, menginvestigasi, wawancara, menulis laporan. Jurusan ini juga mengajarkan keahlian-keahlian teknis seperti video, editing, stenografi, audio, menyusun konten dan desain web. Selain itu mahasiswa jurusan jurnalistik akan mempelajari serangkaian transferable skills berikut:

  • Kemampuan menganalisa;
  • Berpikir kritis;
  • Mengatasi berbagai masalah dengan cepat dan tangkas;
  • Manajemen diri;
  • Keahlian interpersonal;
  • Kepemimpinan;
  • Fleksibel, kreatif dan independen;
  • Kemampuan ntuk berkomunikasi secara efektif dan jelas
  • Kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok.

 

 

 

 

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN JURNALISTIK

 

Lulusan jurnalistik biasanya bekerja di berbagai kantor surat kabar dan majalah nasional, regional ataupun lokal, baik itu media cetak ataupun online. Mereka juga dapat bekerja di stasiun TV dan radio, atau media penyiaran lainnya. Beberapa jenis perusahaan yang juga membutuhkan jasa jurnalisme adalah:

 

  • Konsultasi PR;
  • Agen komunikasi perusahaan;
  • Perusahaan periklanan dan marketing;
  • Organisasi atau badan amal.

 

Banyak juga lulusan yang bekerja di luar industri jurnalisme. Baik itu di bidang hukum, manajemen, administrasi dan politik.

 

Profesi di bidang jurnalisme biasaya dibayar mulai dari $40,280 hingga $64,910 per tahun. Beberapa contoh profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan dari jurusan jurnalistik adalah:

 

1. Reporter

 

Reporter mengumpulkan informasi dan menyiapkan berita dan artikel untuk surat kabar, majalah, radio, tv dan media lain. Mereka dapat mengadakan wawancara melalui telepon, secara langsung atau dengan email. Reporter kadang bekerja di lokasi tempat kejadian langsung, terutama untuk reporter breaking news. Profesi ini harus siap bekerja cepat dan tangkas supaya berita dapat siap sebelum waktu penyiaran atau publikasi.

 

 

2. Editor

 

Editor bertugas untuk menulis, mengulas, mengubah dan kadang menuliskan ulang suatu tulisan supaya memenuhi standar yang diminta oleh pihak penerbit. Editor juga turut serta dalam penyusunan layout, desain, dan ilustrasi.

 

 

3. Copy Editor

 

Copy editors menyiapkan naskah untuk dipublikasi dengan mengecek dan memperbaiki pengejaan yang salah. Mereka juga dapat menyesuaikan judul supaya terlihat menarik bagi pembaca.

 

 

4. Jurnalis Media

 

Seorang jurnalis media dapat bekerja untuk media cetak dan online sekaligus. Mereka menulis, menyusun teks, gambar, video dan audio untuk menjadikan tulisan mereka menarik.

 

5. Photojournalist

 

Photojournalist adalah fotografer berita yang bercerita melalui foto, film atau video. Mereka bekerja untuk surat kabar, majalah, media online, televisi dan media lainnya. Liputan mereka juga bervariasi, bisa termasuk acara olahraga, tokoh populer, dan topik menarik lainnya. Profesi ini juga dapat bekerja secara freelance dengan menjual foto atau video mereka ke penerbitan atau media. 

 

 

 

KULIAH JURUSAN JURNALISTIK DI LUAR NEGERI

 

Yang perlu diperhatikan sebelum memilih program kuliah jurnalistik adalah, pengalaman sangatlah penting di bidang ini, sehingga disarankan untuk memilih program kuliah yang menyediakan kesempatan magang yang relevan, baik itu di kantor surat kabar, majalah, tv, ataupun radio.  

 

PERKULIAHAN S1 JURNALISTIK

 

Program S1/Bachelor berdurasi 3 hingga 4 tahun. Ada beberapa universitas yang meminta mahasiswa untuk mengikuti program foundation/persiapan kuliah sebelum memulai proram S1. Mata pelajaran yang akan diajarkan dalam program foundation adalah menulis naskah, laporan, etika kerja, dan sejarah jurnalisme. Selain itu akan diajarkan keahlian dasar jurnalisme untuk berbagai media, termasuk surat kabar, majalah, tv, hingga internet.

 

Banyak universitas yang menawarkan jurusan S1 jurnalisme dengan konsentrasi dalam sains, kesehatan, fashion, politik, fotografi dan bidang lainnya. Kamu bisa memilih sesuai dengan bidang yang kamu minati.

 

Di tahun pertama, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah yang spesifik seperti menulis untuk majalah, Upper level courses are often tailored to specific segments of the industry, such as magazine writing, foto jurnalistik, media online, hingga membuat video. Mereka juga akan mempelajari teknik-teknik mewawancara, menulis naskah, hingga menguasai beragam perangkat lunak dan applikasi.  

 

Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa tidak hanya diharuskan peka terhadap isu-isu sosial dan budaya, namun juga mengerti dengan jelas tentang pertanggungjawaban hukum dan moral untuk bekerja di dunia pers, dan juga mempelajari sejarah dari jurnalistik dan revolusi online saat ini.

 

Penting untuk diingat:

Pengalaman sangatlah vital di bidang jurnalisme. Sangat disarankan untuk mengikuti program magang sewaktu kuliah. Mahasiswa didorong untuk berkonsultasi dengan dosen, yang kebanyakan memiliki pengalaman atau koneksi di industri jurnalisme, supaya mereka dapat mengenalkan lowongan magang yang sesuai. Untuk lowongan magang, di universitas juga tersedia departemen karir khusus yang dapat membantu mahasiswa. Departemen ini seringkali mengadakan pameran karir atau pekan karir, yang merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk membangun koneksi kerja dan mendapatkan gambaran tentang pasar kerja terkini.

 

Portofolio adalah cara yang baik untuk menunjukkan seberapa kaya pengalamanmu. Kamu bisa mulai menulis blog sewaktu kuliah, membuat website, membangun media sosial milikmu yang berisikan hasil karyamu, baik itu adalah tulisan yang dipublikasikan, foto-foto menarik, hingga opini kamu mengenai suatu berita.

 

Adalah suatu nilai plus jika kamu dapat bergabung dengan klub surat kabar di kampus, ataupun stasiun radio kampus. Semakin banyak pengalaman, kamu akan semakin berharga dan menarik di mata para pemberi kerja. 

 

 

PERKULIAHAN S2 JURNALISTIK

 

Untuk perkuliahan S2 (berdurasi 1 hingga 2 tahun), materi kuliah lebih menjurus ke keahlian dalam menginvestigasi, meriset dan kepemimpinan. Mahasiswa S2 akan diajarkan bagaimana meliput dan menuliskan topik-topik yang  lebih sensitif seperti kepercayaan/religi, menyusun website, bekerja freelance hingga menjadi wartawan taraf internasional.

 

Sejumlah universitas juga menyediakan program S1 sekaligus Master yang dapat diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

 

Mahasiswa juga dapat mengikuti pelatihan yang terakreditasi oleh National Council for the Training of Journalists (NCTJ) untuk meningkatkan prospek kerja mereka.

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS