Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

UNIVERSITAS INTERNASIONAL DENGAN JURUSAN FOTOGRAFI TERBAIK

Universitas Internasional Dengan Jurusan Fotografi Terbaik

Kamu sering diminta jadi fotografer oleh teman-temanmu? Atau mungkin foto-fotomu di media sosial banyak di-like dan di-share? Bisa jadi minat dan bakatmu ada di bidang fotografi lho! Menurut laporan Business Wire, industri jasa fotografi akan mengalami pertumbuhan yang signifikan secara global sampai beberapa tahun ke depan, sehingga bisa dikatakan sektor ini cukup menjanjikan untuk kamu pelajari.

 

Walaupun ada banyak fotografer yang belajar secara mandiri, ada berbagai profesi di industri fotografi yang membutuhkan gelar S1 atau S2, seperti fotojurnalis dan fotografer ilmiah (fotografer yang biasanya menggunakan bantuan mikroskop untuk mengambil foto beragam peristiwa ilmiah atau medis yang tak terlihat oleh mata manusia). Kalau kamu merasa bahwa jalur karir pilihanmu akan terbantu dengan kuliah fotografi, coba simak beberapa universitas dengan jurusan fotografi terbaik di dunia versi majalah Format hanya di Hotcourses Indonesia.

 

AMERIKA SERIKAT


Columbia College Chicago (CCC)

  • CCC berlokasi di Chicago, Illinois, AS. Kolese ini menyediakan program S1 dan S2 Fotografi.

  • Setelah diterima di fakultas fotografi CCC, mahasiswa dapat memilih spesialisasi dalam bidang fotografi fashion, komersial atau seni murni. Mahasiswa yang tidak memilih spesialisasi bisa mendapatkan gelar fotografi umum.

  • Mahasiswa yang memilih spesialisasi fotografi komersial akan belajar cara mengambil foto untuk tujuan periklanan dan pemasaran produk, serta cara menjalankan proyek dengan berbagai jenis klien.

  • Selain mempelajari seluk beluk fotografi, mahasiswa yang mengambil spesialisasi fotografi fashion akan belajar cara berinteraksi dengan model dan klien. Mereka juga akan mendalami penataan busana, rambut dan rias wajah serta teknik digital retouching.

 

Kent State University (KSU)

  • Kent State University berlokasi di Ohio, Amerika Serikat. Universitas ini menyediakan program S1 Fotografi yang menggabungkan pendidikan seni liberal dan pengajaran fotografi digital yang berfokus pada praktik langsung.

  • Program studi fotografi di universitas ini diajarkan dengan memandang fotografi sebagai bentuk usaha komersial. Karena itu, mahasiswa akan mempelajari cara membangun dan menjalankan bisnis mereka sendiri melalui pengalaman kerja nyata.

  • KSU adalah salah satu universitas terbaik untuk mempelajari jurnalistik foto di Amerika Serikat.

 

Rhode Island School of Design (RISD)

  • Kolese ini berlokasi di Rhode Island, AS dan menawarkan gelar S1 dan S2 untuk jurusan fotografi. Selama berkuliah di jurusan ini, mahasiswa bisa mengambil program magang dengan beban SKS.

  • RISD menduduki peringkat keempat di daftar QS World University Rankings 2019 untuk jurusan seni dan desain

  • Jumlah mahasiswa yang terbatas di jurusan ini (30 mahasiswa S1 dan 15 mahasiswa S2) dan ruang kerja yang kolaboratif menciptakan komunitas kreatif yang erat dan kuat di kampus RISD.

  • Pengajaran fotografi di kolese ini diberikan dengan pendekatan seni murni.

 

Parsons School of Design (Parsons)

  • Parsons menduduki peringkat ketiga di daftar QS World University Rankings 2019 untuk jurusan seni dan desain.  Kolese ini menawarkan program S1 dan S2 untuk jurusan fotografi.

  • Kolese yang berlokasi di New York ini memiliki kurikulum integratif yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam proyek rekanan industri dan belajar di luar negeri.

  • Parsons memiliki program magang yang bekerjasama dengan LSM, badan pemerintah dan usaha-usaha setempat.

 

 

School of the Art Institute of Chicago (SAIC)

  • SAIC menduduki peringkat ke-9 di daftar QS World University Rankings 2019 untuk jurusan seni dan desain. 

  • Universitas ini memberikan pendidikan fotografi yang menyeluruh, mulai dari pembahasan sejarah fotografi sampai ke diskusi mengenai karya-karya kontemporer. 

  • Mahasiswa SAIC akan belajar langsung dari para fotografer profesional mengenai berbagai gaya dan topik fotografi.

  • Setelah selesai mengambil mata kuliah umum jurusan fotografi, mahasiswa S1 akan diminta membuat proyek pribadi di bawah pengawasan staf pengajar. Sementara itu, mahasiswa S2 fotografi akan mendalami seluk beluk kritik foto dan mengadakan 2 kuliah umum yang membahas karya-karya foto mereka.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 


KANADA


Ryerson University School of Image Arts

  • Ryerson University adalah sekolah film dan fotografi digital tertua di Kanada. Universitas ini hanya menawarkan program S1 fotografi.

  • Universitas yang berlokasi di Toronto ini memiliki kurikulum yang mengajarkan fotografi dari sudut pandang seni murni dan bisnis.

  • Mahasiswa Ryerson bisa mengikuti program magang di berbagai galeri seni terkemuka dan program pertukaran pelajar ke luar negeri.

 

Ontario College of Art and Design University (OCAD)

  • OCAD adalah salah satu universitas terbaik untuk jurusan fotografi di Kanada. Dalam daftar QS World University Rankings 2019 untuk jurusan seni dan desain, OCAD menduduki peringkat 101-150.

  • Universitas ini termasuk dari sebagian kecil universitas Kanada yang memiliki 2 darkroom (ruang untuk mencetak foto) untuk foto berwarna dan hitam putih. 

  • Program S1 Fotografi di OCAD diajarkan dengan pendekatan seni murni. Semua mahasiswa di universitas ini akan mengambil mata kuliah yang sama di tahun pertama, seperti sejarah seni, teori warna dan menggambar.

 


INGGRIS


Royal College of Art (RCA)

  • Royal College of Art adalah universitas seni ternama yang menawarkan gelar S2 untuk fotografi di London. Universitas ini menduduki peringkat pertama di QS World University Rankings 2019 untuk jurusan seni dan desain.

  • Program S2 fotografi di universitas ini berlangsung selama 2 tahun dan berfokus pada pengembangan bakat artistik dan pemikiran kritis para mahasiswa. 

  • Tiap mahasiswa fotografi RCA akan mendapatkan tutor pribadi mulai dari tahun pertama kuliah. 

  • Untuk bisa melanjutkan ke tahun kedua program S2, mahasiswa akan diminta mengikuti ujian. Bila mereka dinyatakan bisa lanjut ke tahun kedua, maka mereka diminta membuat proyek mandiri yang akan dievaluasi secara berkala. Hasil proyek ini akan dipamerkan di acara kelulusan mahasiswa.

 

 

BELANDA


Gerrit Rietveld Academie (GRA)

  • Gerrit Rietveld Academie menyediakan program S1 Fotografi. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah umum pada tahun pertama. Spesialisasi fotografi akan  mulai diajarkan pada tahun kedua.

  • Institusi pendidikan yang terletak di Amsterdam ini sangat mementingkan kolaborasi dengan bidang studi lainnya, seperti jurusan fashion dan desain perhiasan. Karena itu, mahasiswa GRA juga berkesempatan mempelajari spesialisasi fotografi fashion.

 

 

AUSTRALIA


Photography Studies College

  • Photography Studies College (PSC) berlokasi di Melbourne, Australia. Program S1 Fotografi di kolese ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu 2,5 tahun. Untuk program S2 fotografi, bisa diambil dalam waktu 18 bulan saja.

  • PSC adalah salah satu kolese terbaik di dunia untuk jurusan fotojurnalistik.

  • Mahasiswa kolese ini bisa berinteraksi dengan para profesional di industri fotografi melalui program mentorship.

  • Pada tahun terakhir kuliah, mahasiswa PSC akan diminta memilih spesialisasi di bidang fotografi komersial, fotojurnalisitik atau fotografi seni.

 

 

Sudah berhasil menemukan jurusan fotografi yang tepat untukmu? Jangan lupa kalau kamu harus memiliki portfolio fotografi untuk memenuhi syarat pendaftaran kuliah di jurusan ini. Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konsuler IDP mengenai cara membuat portfolio dan berbagai persyaratan lainnya untuk bisa kuliah fotografi di luar negeri!

 

Sign up sekarang untuk konsultasi gratis!

 

Sumber:

Format.com

BusinessWire.com

Wikipedia.org

 

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

79.2K