Informasi penting
Study abroad: Visa

BAGAIMANA JIKA PENGAJUAN VISA PELAJAR DITOLAK?

150

Pada umumnya, jika semua berkas telah lengkap, dan kamu telah mengikuti prosedur yang diminta, permohonan visa pelajar biasanya tidak akan menghadapi masalah. Tetapi, bagaimana pun juga otoritas tersebut di luar kendali kita.

 

Biasanya, yang menyebabkan permohonan visa pelajar ditolak adalah:

 

Dana tidak mencukupi

Jika dana di rekening lebih rendah dari yang disarankan, maka permohonan visa pasti akan ditolak. Jika kamu telah menerima beasiswa, atau sponsor dari perusahaan atau pihak lain, sertakan juga bukti tersebut untuk memperbesar peluang penyetujuan visa pelajar.

 

Tidak langsung melanjutkan pendidikan tanpa alasan jelas:

Jika kamu tidak langsung melanjutkan pendidikan, berikanlah alasan yang jelas, misalnya kamu sedang mengikuti kursus persiapan, atau karena kondisi medis dan lain sebagainya. Keterangan yang tidak jelas bisa menjadi alasan permohonan visa pelajarmu ditolak.

 

Jurusan yang tidak relevan:  

Misalnya kamu telah memiliki gelar S1 jurusan teknik, kemudian ingin melanjutkan ke gelar S2 jurusan pertunjukan dan dance. Kemungkinan besar permohonan visa bisa ditolak, kecuali kamu bisa memberikan alasan yang meyakinkan.

 

Tidak bayar pajak:

Beberapa negara, terutama Inggris sangat mementingkan disiplin pajak. Jika mereka memeriksa sumber dana yang kamu sertakan ternyata belum lunas pajak, mereka bisa menolak dengan anggapan kamu tidak memiliki itikad baik untuk memasuki negara mereka.

 

 

Jika permohonan visa pelajar ditolak, apa yang bisa dilakukan?

 

  • Kamu bisa mencoba negara lain. Misalnya jika visa untuk kuliah ke Amerika ditolak, kamu bisa mencoba negara populer lainnya.
  • Jika tidak ingin mengubah negara destinasi kuliah, kamu bisa mencoba lagi tahun depan. Tetapi pastikan kamu memanfaatkan waktumu dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat, misalnya magang, atau mencari kerja. Dengan demikian peluang kamu untuk diterima permohonan visa di tahun berikutnya akan lebih besar.
  • Supaya semua berjalan lancar, pastikan kamu telah membaca panduan visa pelajar supaya bisa mempersiapkan semua dengan baik. 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS