Informasi penting
Australia: Before you leave

MENGAPA MEMILIH KULIAH DI AUSTRALIA - 4 ALASAN

MENGAPA MEMILIH KULIAH DI AUSTRALIA - 4 ALASAN

Memiliki iklim yang mirip dengan Indonesia, dan pemandangan urban serta alam yang indah, pelajar internasional di Australia dapat merasakan pendidikan kelas dunia di yang secara global diakui sebagai yang terbaik di dunia. Dengan lebih dari 398.000 siswa internasional dari 140 lebih negara, Australia tidak diragukan lagi merupakan tujuan studi terbaik.

 

 

Berpikir untuk belajar di luar negeri? Simak gambaran umum dibawah ini bagaimana Australia menawarkan pesonanya yang bisa menjadi pilihan studi berikutnya

 

 

Standar pendidikan

 

Sebagai pemimpin global dalam teknologi dan ekonomi, pendidikan Australia tidak hanya memiliki standar yang sangat tinggi tetapi juga menawarkan pilihan di semua tingkat studi, di hampir semua bidang studi. Dengan lebih dari 1.100 institusi yang memiliki lebih dari 22.000 program studi, tidak mengherankan jika sistem pendidikan tinggi Australia dinobatkan sebagai yang terbaik ke-10 di dunia oleh Universitas 21 pada tahun 2019. Sebanyak enam universitas Australia masuk dalam 100 teratas di dunia dengan keahlian di bidang studi termasuk Seni dan Humaniora, Kesehatan Klinis dan Pra-Klinis, Teknik dan Teknologi, Ilmu Hayati, Ilmu Fisika dan Ilmu Sosial.

 

 

Universitas Australia sangat fleksibel dalam pilihan gelar mereka, memungkinkan siswa untuk melakuakan pekerjaan paruh waktu atau komitmen lainnya. Sebagian besar universitas Australia memiliki berbagai pilihan gelar ganda yang memungkinkan siswa untuk mengambil mata pelajaran di berbagai bidang mata pelajaran, hal ini dapat menghilangkan tekanan belajar dan memfokukan minat sejak awal dalam karir akademis dan profesional. Lulusan Australia banyak dicari oleh pemberi kerja di seluruh dunia.

 

 

Jaminan kualitas dan pengakuan internasional

Pendidikan tinggi Australia diatur dan dikelola secara menyeluruh oleh sejumlah badan penjaminan mutu. Layanan Pendidikan untuk Siswa Luar Negeri (ESOS) memberikan perlindungan menyeluruh bagi siswa internasional, menawarkan perlindungan finansial serta berbagai layanan siswa. Misalnya, Tuition Protection Service (TPS) adalah prakarsa pemerintah Australia yang memastikan siswa internasional mendapatkan uang sekolah dan sumber daya yang menjadi hak program studi mereka. TPS memastikan siswa yang kebutuhan sekolahnya belum terpenuhi dapat menyelesaikan studi mereka di institusi lain atau dalam kursus lain, atau menerima pengembalian uang sekolah mereka. Pelajar internasional berkontribusi kuat pada ekonomi Australia, sehingga pemerintah menaruh perhatian khusus dalam melindungi hak-hak mereka.

 

Australia memiliki sejumlah badan pengatur untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa. Kerangka Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework / AQF) mengelola kebijakan nasional untuk mengatur kualifikasi pendidikan yang diakui oleh lembaga pendidikan tinggi dan pemberi kerja di seluruh dunia. AQF juga bekerja sama dengan sejumlah badan khusus sektor dan negara bagian yang menerapkan standar jaminan kualitas terpisah. 

 

 

Kualitas hidup

Selain kehebatan akademisnya, nilai tinggi Australia yang konsisten dalam survei kualitas hidup dan kebahagiaan menjadikan Australia adalah tujuan yang sangat diinginkan. Kota-kota utama Sydney dan Melbourne masuk dalam 10 besar kota pelajar terbaik di dunia untuk pendidikan tinggi. Lima dari kota di negara tersebut dipilih dalam 30 kota pelajar terbaik di dunia.

 

 

Dengan munculnya kota-kota ‘baru’ yang hanya berjarak beberapa jam dari pusat kota, belajar di Australia menawarkan gaya hidup siswa yang tak dinamis dan menyenangkan. Budaya Australia sangat menyukai perjalanan dan keterbukaan pikiran.

 

 

Prospek lulusan

Kualifikasi dari universitas Australia sangat dihargai dan diakui secara global oleh pemberi kerja dan institusi serupa. Dengan tingkat pengangguran rata-rata hanya 5,3% pada 2019, sejumlah pekerjaan akan dibuka di sejumlah sektor di seluruh negeri. Pada 2018, Australia memecahkan rekor dunia untuk pertumbuhan ekonominya termasuk 27 tahun tanpa resesi.

 

Empat industri terkemuka diharapkan adalah Perawatan Kesehatan dan Bantuan Sosial, Konstruksi, Pendidikan dan Pelatihan dan Layanan Profesional, Ilmiah dan Teknis. Diperkirakan bahwa keempat industri ini secara khusus akan menyumbang hampir dua pertiga dari pertumbuhan lapangan kerja selama lima tahun ke depan.

 

Jika program studi di Australia lebih dari dua tahun, kamu berhak mendapatkan Visa Pascasarjana Sementara setelah lulus. Ini akan memungkinkanmu untuk tetap tinggal di Australia dan bekerja hingga empat tahun.

 

 

 

Baca juga:

TIPS INTERVIEW KULIAH DAN BEASISWA LUAR NEGERI

TIPS MERISET PILIHAN TEMPAT KULIAH DI MASA PANDEMI 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD