Informasi penting
Kanada: Info Jurusan

KENAPA KAMU PERLU KULIAH DIGITAL MARKETING DI KANADA?

Kenapa Kamu Perlu Kuliah Digital Marketing Di Kanada?

Sering merasa hidupmu tak lengkap kalau belum memeriksa semua akun media sosialmu? Atau kamu termasuk golongan orang yang rajin mengamati iklan-iklan di Facebook, Instagram dan situs belanja online favoritmu? Ini bisa jadi pertanda kalau kalau kamu berminat berkarir di bidang digital marketing atau pemasaran digital.

 

Bidang ini memang banyak digemari pada saat ini karena berkembang pesat dan selalu membuka lapangan kerja baru. Kalau kamu berniat mempelajari bidang ini di luar negeri, Hotcourses Indonesia akan menjelaskan kenapa Kanada merupakan tempat terbaik untukmu kuliah dan berkarir di bidang digital marketing

 


Apa Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing?

 

Digital marketing atau pemasaran secara digital bisa diartikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital untuk berkomunikasi dengan calon konsumen. Komunikasi ini bisa dilakukan menggunakan berbagai jalur, antara lain:

 

  1. Optimisasi mesin pencari Google (Google search engine optimisation - SEO)
  2. Pemasaran mesin pencari (Search engine marketing - SEM)
  3. Pemasaran konten
  4. Pemasaran dengan cara mengirimkan email penawaran kepada banyak calon konsumen pada waktu bersamaan
  5. Pemasaran dengan menggunakan jasa influencer
  6. Situs web
  7. Media Sosial (Instagram, Twitter, Facebook, Line, Whatsapp dan sebagainya)

 

Dengan semakin berkembangnya penggunaan internet, media sosial, jasa pengiriman global dan aplikasi mobile, maka taktik pemasaran juga harus turut berevolusi. Media tradisional seperti media cetak, TV dan radio tak lagi seefektif dulu dalam menjaring calon konsumen. Dengan kemudahan belanja dan mendapatkan informasi secara online, sebagian besar uang yang dihabiskan konsumen modern digunakan untuk berbelanja atau menggunakan jasa online. Jadi tak heran kalau pada tahun 2019 sekitar 50% dari biaya periklanan global digunakan untuk digital marketing.

 

Coba tonton video berikut ini untuk mengenal pemasaran digital lebih lanjut.

 

 

 

Kenapa Harus Kuliah Digital Marketing Di Kanada?
 

Kebutuhan Yang Meningkat

Seperti yang telah disebutkan di atas, kehadiran internet telah membawa perubahan kepada strategi pemasaran global. Semakin banyak perusahaan di Kanada dan di negara-negara lain mengakui pentingnya strategi pemasaran digital yang kuat. Industri ini diperkirakan akan terus berkembang dan permintaan untuk tenaga kerja pemasaran digital yang profesional akan semakin meningkat. Dalam sebuah survei yang dilaksanakan oleh Pixel to Product, terlihat bahwa Kanada dinilai memiliki "perekonomian media digital yang kuat" dan banyak perusahaan di sana mencari ahli dalam pemasaran digital. Survei ini juga menemukan bahwa 90% pekerja di industri digital marketing di Kanada merupakan lulusan universitas-universitas lokal.

 

Studi lain yang dijalankan oleh Canadian Interactive Alliance menunjukkan bahwa dunia kerja di masa mendatang akan membutuhkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki seorang digital marketer, seperti keahlian teknis digital, keahlian artistik dan kreatif, serta keahlian bisnis dan kepemimpinan. Selain itu, industri ini juga akan menyerap tenaga kerja terbanyak di Toronto, Montreal dan Richmond, sehingga ketiga kota ini akan menjadi lokasi terbaik di Kanada untuk menjalani karir sebagai ahli digital marketing.
 

 

Jurusan Kuliah Terbaik Dengan Kurikulum Yang Relevan

Kanada memiliki beberapa program studi terbaik dalam bidang digital marketing. Program Master of Digital Media di University of British Columbia adalah program S2 profesional dalam bidang media digital pertama di Kanada yang berfokus menciptakan solusi media digital bagi segala permasalahan yang dihadapi dunia. Dalam program ini, kamu bisa bekerja langsung dengan para klien dan mengantongi pengalaman kerja nyata di industri media digital. Beberapa program lain, seperti jurusan Digital Marketing dari Fanshawe College dan Digital Marketing Management dari University of Toronto, dirancang untuk memberi pengetahuan esensial yang diperlukan mahasiswa untuk menjadi pekerja profesional di bidang pemasaran digital. Selain program-program di atas, kamu juga bisa menemukan program sejenis di Kanada di sini.

 

 

 

Jalur Karir Yang Fleksibel

Berhubung industri ini berkembang dengan cepat, akan selalu ada berbagai teknologi baru yang bisa dipelajari dan digunakan. Karena itu, industri ini adalah salah satu industri yang banyak menciptakan berbagai profesi baru!  Kamu bisa memilih untuk jadi ahli di sektor apapun di industri ini. Misalnya, kalau kamu memulai karir sebagai social media officer, maka kamu bisa beralih profesi menjadi penulis konten dan SEO. Ada banyak kemungkinan kerja yang bisa kamu dapatkan di bidang ini. Terlebih lagi, kamu juga bisa bekerja lintas industri karena sebagian besar industri saat ini, mulai dari FMCG sampai ke migas, membutuhkan tenaga ahli digital marketing.

 


Titik Awal Yang Tepat 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, permintaan tenaga kerja profesional dalam bidang digital marketing sangat besar dan akan terus bertumbuh. Karena Kanada sangat menyambut tenaga kerja asing, kamu punya kesempatan yang cukup besar untuk memulai karir pemasaran digitalmu di negara yang dianggap sebagai salah satu pusat inovasi teknologi ini. Bahkan ketika kamu berencana untuk kembali ke Indonesia atau bekerja di negara lain, pengalaman kuliah dan kerjamu di Kanada pasti akan memperkaya CV-mu dan membuatmu lebih unggul dibanding para kompetitormu.
 

Nah, pastinya sudah jelas kalau kuliah digital marketing di Kanada akan sangat membantu perjalan karirmu di bidang ini. Kalau kamu ingin tahu apa saja yang kamu perlu lakukan untuk bisa mendaftar dan kuliah pemasaran digital di Kanada, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konsuler IDP untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

 

 

Sumber:

Elitemarketer.id

49pixels.ca

CIAIC.wordpress.com