Informasi penting
Kanada: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

PANDUAN MENDAFTAR KULIAH KE KANADA

Bagaimana cara mendaftar ke universitas di Kanada? Seperti apa prosedurnya? Baca penjelasan tahap per tahap dari kami...

Panduan Mendaftar Kuliah ke Kanada

Kanada adalah salah satu destinasi studi yang populer bagi para pelajar internasional. Selain memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi berkualitas, negara ini juga sangat ramah terhadap pelajar internasional dan menyediakan kemudahan berkarir pasca kelulusan.

 

Khusus untuk kamu yang berminat kuliah di negara ini, tim Hotcourses Indonesia akan memberikan panduan mendaftar kuliah di Kanada. Yuk, baca langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah di Kanada - Hotcourses Indonesia

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah memilih jurusan kuliah yang tepat. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini, seperti memilih jurusan kuliah berdasarkan tipe kepribadian MBTI dan memilih berdasarkan jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA atau jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS.

 

Kamu juga bisa menentukan pilihan dengan mengambil referensi dari jurusan-jurusan kuliah yang populer di Kanada atau jurusan-jurusan kuliah dengan prospek kerja terbaik di Kanada.

 

Memilih Universitas

Memilih universitas di Kanada - Hotcourses Indonesia

Setelah menemukan jurusan yang tepat, kamu harus memilih universitas di Kanada. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan seksama untuk memastikan universitas yang kamu tuju diakui Pemerintah Kanada, diperbolehkan menerima pelajar internasional, dan memiliki program kuliah yang memenuhi syarat visa PGWP (Post Graduation Work Permit).

 

Jika kamu telah menemukan beberapa universitas Kanada yang menarik minatmu, carilah info tentang persyaratan masuk dan biaya kuliah jurusan pilihanmu di universitas-universitas tersebut.

 

Kalau kamu masih bingung mengenai cara memulai langkah ini, kamu bisa membaca tips meriset pilihan tempat kuliah di masa pandemi. Setelah menemukan beberapa opsi tempat kuliah di Kanada, coba hubungi mereka untuk mendapatkan berbagai informasi penting sehubungan virus corona baru. Dengan begitu, kamu bisa menentukan universitas terbaik dengan lebih mudah.

 

Cara Mendaftar Ke Universitas Kanada

Cara Mendaftar Ke Universitas Kanada - Hotcourses Indonesia

Kanada tidak memiliki sistem pendaftaran dan ujian saringan masuk tingkat nasional seperti SBMPTN di Indonesia. Setiap provinsi atau wilayah di negara ini bertanggung jawab terhadap sistem pendidikan di daerahnya masing-masing.

 

Namun beberapa provinsi atau wilayah di Kanada memiliki sistem yang memungkinkanmu mendaftar ke beberapa universitas di provinsi / wilayah tersebut. Contohnya adalah OUAC (Ontario University Application Centre) di Provinsi Ontario.

 

Pada umumnya, kamu harus mendaftar langsung ke universitas Kanada yang kamu minati. Jika kamu melakukan riset dengan baik, kamu tentunya sudah tahu mengenai persyaratan masuk universitas pilihanmu. Namun sebaiknya kamu menghubungi universitas tujuanmu untuk memastikan ulang bahwa informasi yang kamu dapatkan masih berlaku.

 

Semua Dokumen Yang Kamu Perlukan Untuk Mendaftar Kuliah Ke Kanada

Dokumen-dokumen Yang Diperlukan Untuk Mendaftar Kuliah Ke Kanada - Hotcourses Indonesia

Berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran akan berbeda-beda, tergantung universitas tujuanmu. Pada umumnya universitas-universitas di Kanada akan meminta salinan ijazah SMA (atau setara) dan transkrip nilai akademis beserta terjemahannya dalam bahasa Inggris.

 

Pelajar Indonesia biasanya juga diminta menyertakan bukti kefasihan bahasa Inggris, seperti hasil nilai tes TOEFL atau IELTS. Bila kamu mendaftar ke universitas Kanada yang menggunakan bahasa Prancis, kamu harus melampirkan hasil nilai tes TEF atau TEFAQ.

 

Jangan lupa bahwa kamu wajib menyediakan dokumen finansial yang membuktikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk hidup dan kuliah di Kanada selama masa studimu.

 

Dokumen-dokumen lain yang mungkin akan diminta adalah personal statement dan hasil pemeriksaan kesehatan.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Waktu Pendaftaran

Waktu Pendaftaran Universitas di Kanada - Hotcourses Indonesia

Tenggat waktu pendaftaran ke universitas-universitas Kanada berbeda-beda, namun umumnya kamu harus mengajukan pendaftaran setidaknya 8 - 12 bulan sebelum tanggal masuk kuliah yang kamu inginkan.

 

Para pelajar internasional biasanya memulai kuliah di Kanada pada bulan September. Pendaftaran untuk gelombang masuk September tahun mendatang dimulai pada bulan Oktober tahun sebelumnya. Batas akhir pendaftaran adalah sekitar bulan Januari/Februari atau paling lambat di musim semi.

 

Terdapat 2 jenis proses pendaftaran kuliah di Kanada. Pendaftaran jenis pertama adalah ‘Rolling admissions’ - ini berarti staf pendaftaran akan langsung menentukan kamu diterima atau tidak pada saat kamu mengajukan pendaftaran. Jenis kedua adalah ‘competitive admission’, di mana pihak universitas baru akan melakukan seleksi saat masa pendaftaran berakhir.

 

Biasanya pendaftar akan menerima balasan dalam masa 7 minggu setelah mereka mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen-dokumen yang diminta. Begitu menerima Offer of Admission letter (surat penawaran penerimaan), kamu akan diberikan tenggat waktu untuk menerima atau menolak tawaran ini.

 

Setelah menerima tawaran tersebut, kamu bisa mengambil langkah selanjutnya: mengajukan visa pelajar Kanada.

 

Biaya Pendaftaran ke Universitas di Kanada

Biaya Pendaftaran ke Universitas di Kanada - Hotcourses Indonesia

Biaya pendaftaran berkisar antara 50-100 dolar Kanada dan tidak dapat dikembalikan. Jika kamu ingin mendaftar ke beberapa institusi sekaligus, kamu bisa menggunakan sistem OUAC yang menyediakan paket pendaftaran untuk 3 universitas. Namun perlu dicatat bahwa OUAC hanya mendukung pendaftaran untuk universitas-universitas di Provinsi Ontario.

 

Ingin mendaftar ke lebih dari 3 universitas di Ontario? Tim Hotcourses Indonesia menyarankan kamu mendaftar ke masing-masing universitas, karena biayanya akan lebih terjangkau dibanding menggunakan OUAC.

 

***

 

Kalau kamu ingin mencari jurusan dan universitas dengan cara yang lebih praktis, coba gunakan alat Pencari Jurusan kami. Kamu hanya perlu memasukkan info mengenai kualifikasimu dan kriteria pribadimu. Setelah itu, alat ini akan menunjukkan pilihan jurusan dan universitas yang cocok untukmu - termasuk info persyaratan masuk dan biaya kuliahnya.

 

Kamu juga bisa membaca berbagai artikel mengenai serba-serbi kuliah di Kanada yang telah kami susun untuk membantu perencanaan studimu.

 

Pastikan kamu follow semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan info terkini mengenai kuliah di luar negeri dan berita terbaru dari universitas-universitas terbaik di Kanada.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Kanada? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di Kanada.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA: