Informasi penting
Kanada: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

BERKENALAN DENGAN SISTEM PENDIDIKAN TINGGI DI KANADA

Seperti apa pendidikan tinggi di Kanada? Bagaimana dengan struktur dan budaya pendidikannya?

Berkenalan Dengan Sistem Pendidikan Tinggi di Kanada

Tertarik kuliah di Kanada? Tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai sistem pendidikan tinggi di negara yang satu ini untuk mempersiapkan diri.

 

Sebagai sahabatmu dalam perencanaan studi di Kanada, tim Hotcourses Indonesia telah menyusun penjelasan singkat mengenai semua hal yang perlu kamu tahu dari sistem pendidikan tinggi di Kanada.

 

Struktur Pendidikan Tinggi di Kanada

Struktur Pendidikan Tinggi di Kanada - Hotcourses Indonesia

Struktur pendidikan tinggi di Kanada sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan struktur Amerika Serikat, namun pendidikan tinggi di Kanada juga terpengaruh oleh sistem dari Inggris dan Prancis.

 

Kanada tidak memiliki sistem pendaftaran dan ujian saringan masuk tingkat nasional seperti SBMPTN di Indonesia. Di negara ini, setiap provinsi dan teritori bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan di wilayahnya masing-masing, termasuk di tingkat universitas.

 

Selain itu, Kanada tidak memiliki sistem akreditasi federal. Hal ini berarti tiap provinsi dan teritori memiliki standar pendidikan mandiri yang ketat untuk memastikan setiap institusi pendidikan di wilayah mereka memberikan kualitas terbaik. 

 

Perkuliahan di Kanada dibagi menjadi 3 semester: Semester Musim Gugur (akhir Agustus/awal September hingga Desember/Januari), Semester Musim Dingin (Januari hingga April), dan Semester Musim Panas (April/Mei hingga Juli).

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Perbedaan Antara Quebec & Wilayah Kanada Lainnya

Perbedaan Antara Quebec & Wilayah Kanada Lainnya - Hotcourses Indonesia

Jika kamu memilih Quebec sebagai destinasi studimu, kamu harus tahu bahwa provinsi ini memiliki sistem pendidikan tinggi yang sedikit berbeda dibanding wilayah-wilayah lain di Kanada.

 

Di Quebec, ‘college’ adalah istilah untuk program pra-universitas berdurasi 2 tahun, atau program profesional berdurasi 3 tahun. Setelah menyelesaikan program tersebut, mahasiswa dapat melanjutkan ke program S1 bergelar Bachelor di universitas-universitas Kanada yang biasanya berdurasi 3 tahun.

 

Setelah memiliki gelar Bachelor, mahasiswa bisa memilih untuk mengambil studi lanjutan di tingkat pascasarjana. Program S2 di Kanada biasanya berdurasi 1-2 tahun dan program PhD berdurasi 3 tahun atau lebih.

 

Di luar Quebec, ‘college’ identik dengan community college atau institusi pendidikan teknikal/vokasional, di mana mahasiswa bisa mendapatkan sertifikat, diploma, atau associate's degree. Para mahasiswa Kanada di luar Quebec dapat kuliah di tingkat sarjana di universitas dan melanjutkan ke tingkat pascasarjana untuk memperoleh sertifikat lanjutan, diploma atau gelar pascasarjana lainnya.

 

Jenis-jenis Institusi Pendidikan Tinggi Kanada

Jenis-jenis Institusi Pendidikan Tinggi Kanada - Hotcourses Indonesia

Sama dengan di Amerika Serikat, kamu dapat memilih untuk kuliah di institusi pendidikan teknikal atau community college Kanada jika kamu ingin mendalami karir di bidang spesifik. Kamu juga bisa melakukan transfer ke universitas untuk melanjutkan studi di tingkat sarjana.

 

Berikut ini adalah beberapa tipe institusi pendidikan tinggi yang ada di Kanada:

 

  • Liberal Arts college

Institusi pendidikan ini menekankan pada program sarjana bidang liberal art, yang biasanya bersifat interdisipliner (mencakup lebih dari satu disiplin ilmu), misalnya paduan ilmu pengetahuan budaya serta ilmu sosial, natural dan formal.

 

  • Institusi Pendidikan Tinggi Negeri

Institusi pendidikan tinggi negeri menerima pendanaan dari pemerintah provinsi, teritori atau federal. Walaupun begitu, mereka tetap menarik biaya kuliah dari mahasiswa dan juga dapat menerima pendanaan dari pihak swasta.

 

  • Swasta

Institusi pendidikan tinggi swasta di Kanada tidak menerima pendanaan pemerintah. Sumber pendanaannya berasal dari sumbangan para alumni, hibah penelitian, serta biaya kuliah yang dipungut dari mahasiswa. Universitas swasta biasanya memiliki staf terbaik dengan reputasi unggul dalam bidang mereka masing-masing.

 

 

Kebudayaan Akademis Kanada

Kebudayaan Akademis Kanada - Hotcourses Indonesia

Budaya akademis di Kanada tentunya tidak sama persis dengan budaya akademis di Indonesia. Agar kamu tidak kaget saat kuliah di sana, baca dulu bocoran budaya akademis di Kanada berikut ini.

 

  • Berinteraksi dengan dosen

Cara interaksi dengan dosen di Kanada agak berbeda dengan yang biasa kita temui di Indonesia. Di Kanada, para dosen memiliki jam kerja di mana mahasiswa dapat mengunjungi mereka dan mengajukan pertanyaan. Dosen-dosen sangat ramah dan mudah didekati. Mereka juga akan menjawab pertanyaan sewaktu kelas berlangsung.

 

  • Susunan program kuliah

Dalam 1 semester, mahasiswa dapat mengambil 5 mata kuliah. Setiap mata kuliah terdiri dari kelas berdurasi 2 jam /minggu dan satu jam tutorial dimana asisten dosen memimpin diskusi dengan topik yang dibahas di kelas di minggu tersebut.

 

  • Multikultural

Keragaman budaya adalah hal yang sangat dihargai di Kanada. Kebijakan mengenao hal ini telah ada sejak 1970an dan terus berlanjut hingga sekarang. Jadi kamu akan berkuliah di Kanada bersama rekan-rekan dengan latar belakang kebudayaan yang sangat beragam, serta belajar dari para dosen yang berasal dari berbagai negara (atau setidaknya memiliki pengalaman bekerja di luar negeri).

 

  • Terminologi

Kanada memiliki banyak terminologi pendidikan yang sama dengan Amerika Serikat. Contohnya adalah kata ‘school’ yang lazim digunakan untuk menyebut institusi pendidikan dari taman kanak-kanak hingga universitas.

 

***

 

Suka dengan artikel di atas? Kamu juga bisa membaca berbagai artikel mengenai serba-serbi kuliah di Kanada yang telah kami susun untuk membantu perencanaan studimu.

 

Ingin mencari jurusan dan universitas di Kanada? Coba gunakan alat Pencari Jurusan kami. Kamu hanya perlu memasukkan info mengenai kualifikasimu dan kriteria pribadimu. Setelah itu, alat ini akan menunjukkan pilihan jurusan dan universitas yang cocok untukmu - termasuk info persyaratan masuk dan biaya kuliahnya.

 

Jika kamu sudah mantap mau kuliah di Kanada, kamu tak perlu mencari hunian atau akomodasi seorang diri, lho! Kamu bisa daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap menemani tiap langkahmu ke Kanada.

 

Kamu bisa mendapatkan bantuan dalam pendaftaran ke universitas, pengurusan visa, pembukaan rekening bank, dan juga pencarian tempat tinggal di Kanada. Impianmu untuk kuliah di Kanada pasti jadi lebih mudah diraih!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA: