Informasi penting
Finlandia: Info Negara Tujuan

MEMILIKI KEMAMPUAN BERBAHASA FINLANDIA BISA MENGURANGI BEBAN BIAYA HIDUPMU

228

Finlandia memiliki 2 bahasa resmi, yaitu: Finlandia dan Swedia. 91% masyarakat menggunakan bahasa Finlandia, 5% menggunakan bahasa Swedia. Sisanya menggunakan bahasa lain seperti Sami, Romani, dan Karelia.

 

 

Mahasiswa internasional tidak diwajibkan untuk menguasai bahasa Finlandia untuk dapat berkuliah di sana. Hampir semua warga Finlandia dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Terlebih lagi di kampus, semua materi, bahasa pengantar, dan fasilitas menggunakan bahasa Inggris. Tetapi, mahasiswa internasional yang bisa berbahasa Finlandia sangat dihargai, terutama di dunia kerja. Karena ini menunjukkan rasa antusias mahasiswa terhadap negara yang mementingkan kejujuran dan profesionalisme tersebut. Dengan menguasai bahasa Finlandia, kamu bisa menikmati manfaat sebagai berikut:

 

1. Mengurangi biaya kuliah

Kuliah di Finlandia memang tidak lagi gratis, tetapi kamu bisa menghemat biaya kuliah jika kamu bisa berbahasa Finlandia.

 

2. Lebih luwes dalam bergaul

Dengan bisa bahasa lokal, tidak ada lagi batasan antara mahasiswa internasional dan mahasiswa lokal.

 

 

 

3. Lebih banyak sumber informasi

Warga lokal sangat respect terhadap orang asing yang bisa menggunakan bahasa mereka. Dengan demikian kamu mendapat nilai plus. Kamu mungkin bisa mendapatkan lebih banyak informasi yang bermanfaat.

 

4. Peluang untuk diterima bekerja lebih besar, baik itu kerja sambilan ataupun kerja formal setelah lulus kuliah nanti.

Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja selama 25 jam per minggu. Tetapi sebelumnya, kamu perlu memiliki kartu pajak yang bisa diperoleh dari kantor pajak di setiap kota Finlandia. Pemotongan pajak berkisar antara 1-4%. Penghasilan per jam adalah sekitar 7€ hingga 12€ (atau Rp.113,000 – Rp. 193,000 berdasarkan kurs Desember 2017), dan lebih tinggi waktu akhir pekan (sekitar 15€). Berarti, jika seminggu kamu bekerja 25 jam dengan penghasilan 10€ per jam, kamu akan mendapatkan 250€, sangat lumayan untuk mencukupi biaya hidup bulanan, yang berada di kisaran 700€.

 

Walau demikian, pastikan jam kerja kamu tidak mengganggu pelajaran ya. Budaya belajar di kampus Finlandia sangat fleksibel, dosen tidak akan menegur mahasiswa jika mereka tidak hadir, karena mahasiswa dianggap sudah dewasa dan memahami konsekuensi dari perbuatan mereka sendiri.

 

Jika kamu ingin memiliki pengalaman kerja formal di Finlandia, sangat disarankan untuk menguasai bahasa Finlandia. Karena cukup sulit bagi mahasiswa internasional untuk menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah di sana, kecuali jika kamu bisa bahasa Finlandia, itu akan menjadi suatu kelebihan yang sangat signifikan.

 

Jika di kota tempat tinggalmu di Indonesia tidak ada kursus bahasa Finlandia yang memadai, atau kamu tidak punya waktu luang untuk belajar, tidak perlu khawatir. Karena semua universitas menyediakan kelas bahasa Finlandia gratis bagi mahasiswa internasional. Jadi, sampai di sana kamu punya banyak kesempatan untuk belajar, dan yang lebih menguntungkan lagi, kamu bisa langsung praktek di sana dan berlatih bersama teman-teman sekelas. Jadi lebih semangat bukan?

 

 

Jika kamu ingin mulai belajar dari sekarang, berikut adalah sumber online yang bisa kamu jadikan panduan:

 

1. Speak Languages, The Finnish Teacher, This is Finland

Situs-situs di atas lebih bersahabat dengan pemula karena menggunakan bahasa Inggris

 

2. Hei Finland

Di sini, kamu bisa mendengarkan rekaman suara dari frase yang umum dipakai, misalnya cara menyapa, menanyakan arah, dan lain-lain. Kamu juga bisa mencari video di youtube untuk memantapkan pelafalan kamu.

 

3. Puhutaan Suomea

Jika sudah memiliki dasar, kamu bisa berlatih di sini, ada banyak kumpulan artikel dan bacaan, untuk menguji tingkat kelancaran bahasa Finlandiamu.

Menurut beberapa mahasiswa internasional, belajar bahasa Finlandia itu tidak sulit. Tata bahasanya lebih sederhana dari bahasa Inggris dan pelafalannya juga sama dengan tulisannya.

 

Sumber:

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS