Informasi penting
Finlandia: Keuangan

TIPS BEASISWA DI FINLANDIA

share image
202

Universitas-universitas di Finlandia populer di kalangan mahasiswa lokal dan internasional. Salah satu hal yang membuat universitas Finlandia unik dari universitas di negara lain adalah universitas di Finlandia tidak mengenakan biaya kuliah. Ini memiliki dampak langsung pada keuangan siswa karena memiliki program gelar gratis. Sebagai hasilnya, tidak banyak program beasiswa yang tersedia. Beberapa yang tersedia di Finlandia biasanya diberikan untuk membantu menutupi biaya hidup yang berkaitan dengan belajar.

 

 

Dari 2010 hingga 2014, Finlandia memiliki masa percobaan biaya kuliah. Selama waktu ini sejumlah beasiswa tersedia. Mereka dirancang untuk membantu siswa menutupi berbagai macam biaya.
 

Jenis beasiswa dan lembaga pemberi beasiswa 

 

Universitas-universitas itu sendiri adalah salah satu penyedia beasiswa utama bagi mahasiswa. Tujuan, kriteria, dan tingkat penghargaan bervariasi tetapi biasanya diberikan untuk membantu menutupi sebagian biaya hidup. Siswa internasional dapat mengajukan permohonan beasiswa melalui skema beasiswa Erasmus Mundus untuk siswa dari negara berkembang. Ada juga beasiswa dari Centre for International Mobility (CIMO). Di Finlandia, beasiswa CIMO biasanya mencakup biaya hidup dasar. 

 

Beasiswa lokal untuk pelajar internasional

 

Beasiswa diberikan kepada siswa internasional langsung oleh universitas. Centre for International Mobility (CIMO) menawarkan beasiswa kepada siswa internasional untuk studi dan penelitian PhD. Untuk mendaftar beasiswa ini, siswa harus mendapat tempat di program studi di universitas di Finlandia.

 

Meskipun tidak banyak beasiswa tersedia di Finlandia, khususnya di tingkat Sarjana dan Magister, situasi biaya kuliah mengimbangi hal ini. Di negara lain salah satu tujuan utama beasiswa adalah untuk menutupi biaya kuliah. Karena siswa tidak perlu membayar biaya kuliah, beasiswa tidak perlu banyak. Siswa internasional juga tidak perlu membayar biaya sekolah.

 

Simak kisah Intan Farhana yang mendapatkan kesempatan kuliah di Finlandia melalui jalur beasiswa Erasmus Plus yang dulunya dikenal dengan nama Erasmus Mundus.

 

 

 

Baca juga:

5 TEMPAT YANG WAJIB UNTUK DIKUNJUNGI DI FINLANDIA

UNIVERSITAS TERBAIK DI FINLANDIA UNTUK KULIAH JURUSAN POPULER

AKOMODASI MAHASISWA DI FINLANDA

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image