Informasi penting
Jerman: Before you leave

PANDUAN KOTA BERLIN UNTUK SISWA INTERNASIONAL

PANDUAN KOTA BERLIN UNTUK SISWA INTERNASIONAL

Berlin adalah kota di Eropa yang pernah terpecah dan tertindas tetapi sekarang berubah menjadi lebih baik karena kebebasan ekspresi diri, kreativitas, keragaman, dan kelimpahan budayanya. Berlin adalah kota yang dinamis dan unik yang menawarkan berbagai macam situs dan aktivitas untuk penduduk setempat, pengunjung, dan pelajar. Dari museum dan galeri terkenal di dunia hingga toko kaset dan pasar makanan, Berlin adalah tujuan studi utama bagi siswa internasional.

 

 

 

Tempat terbaik untuk belajar di Berlin

Terpilih sebagai kota pelajar terbaik ke-5 di dunia (QS World University Ranking 2019) Berlin adalah tujuan populer bagi pelajar di seluruh dunia. Ini bisa jadi karena sejumlah faktor seperti budaya, seni, kehidupan malam, sikap ramah dan biaya sekolah yang relatif lebih rendah.

 

Untuk membantu kamu mengetahui lebih lanjut tentang belajar di Berlin, kami akan memulai panduan kota ini dengan beberapa universitas terbaik:

 

Universitas Humboldt

Free University of Berlin

Technical University of Berlin

Berlin School of Business and Innovation

 

Tentu saja, itu tergantung pada jurusan mana yang ingin kamu pelajari, karena beberapa universitas akan lebih baik untuk program tertentu. Butuh bantuan memilih kursus? Silakan gunakan alat pencari jurusan dari Hotcourses Indonesia.

 

 

 

Apa tempat terbaik untuk dikunjungi di Berlin?

Kamu benar-benar tidak akan terjebak dengan hal-hal yang harus dilakukan di Berlin di luar studi. Karena sejarah kota yang luas sejak Perang Dunia 2, ada banyak situs bersejarah dan tugu peringatan yang menggugah pikiran. Dengan berjalan-jalan di kota, kamu akan menemukan banyak bangunan dan patung bersejarah yang biasanya gratis untuk dikunjungi dan akan mengajari tentang kekayaan sejarah kota.

 

 

Checkpoint Charlie

Titik persimpangan terkenal antara Berlin Timur dan Barat ketika tembok Berlin membagi dua sisi kota selama Perang Dingin. Objek wisata populer ini berada di pusat kota antara lingkungan Mitte dan Kreuzberg. Saat mengunjungi pos pemeriksaan, kamu bahkan bisa berfoto dengan salah satu aktor yang berpakaian tentara Amerika.

 

 

 

Pulau Museum

Dengan begitu banyak sejarah, Berlin bahkan memiliki pulau yang didedikasikan untuk museumnya. Terletak di distrik Mitte, pulau Spree adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, rumah bagi lima museum; Altes Museum, Neues Museum, Alte Nationalgalerie, Bode museum dan Pergamon Museum. Jadi, Anda pasti tidak akan kehilangan budaya selama tinggal di Berlin.

 

 

 

Memorial Holocaust

Situs bersejarah penting lainnya yang dibangun untuk mengingat orang-orang Yahudi yang kehilangan nyawa selama Holocaust. Tugu peringatan ini patut dikunjungi jika kamu tertarik dengan sejarah Berlin dan perang. Struktur yang dirancang oleh arsitek Peter Eisenman ini terdiri dari balok beton dengan ukuran berbeda dan menimbulkan perasaan disorientasi saat berjalan di sekitar tugu peringatan.

 

 

 

Seni Jalanan

Seperti banyak situs bersejarah kota, Berlin juga terkenal dengan bakat artistiknya. Kamu bahkan tidak perlu mengunjungi galeri untuk melihat karya seni yang mengesankan karena tembok kota telah menjadi kanvas bagi banyak seniman grafiti. Wisatawan senang mengambil foto selain mural cerah, penuh warna, dan seringkali bernuansa politik yang menghiasi kota.

 

 

 

Gaya Hidup yang Dinamis

Berlin terkenal dengan budaya penerimaan dan keterbukaan pikirannya, yang ditunjukkan dalam kehidupan malam kota, kebebasan berpikir dan ekspresi seni dan musik. Hal ini menjadikan Berlin tujuan studi yang sempurna bagi siswa internasional yang ingin membenamkan diri di negara baru dan bertemu banyak orang yang berbeda. Jenis sikap dan rasa kebersamaan ini juga harus membantu dengan perasaan rindu rumah.

 

 

 

Taman

Salah satu daya tarik utama untuk tinggal di Berlin adalah bahwa Berlin adalah rumah bagi lebih banyak taman daripada kota lain di Eropa. Faktanya, ada lebih dari 2.500 taman dan kebun yang bisa dipilih. Hebatnya, di mana pun lokasi tinggal, kamu pasti berada dalam jarak dekat dengan salah satu ruang hijau yang tersebar di sekitar kota. Taman seperti Tiergarten dan Temperholder Feld termasuk yang paling terkenal dan indah. Ruang-ruang ini memungkinkan pelarian dari jalanan kota yang ramai, memberimu kesempatan untuk mendekatkan diri dengan alam.

 

 

 

Makanan

Saat pindah ke tempat baru, mencoba makanan adalah bagian utama dalam merangkul budaya. Jadi, di Berlin, beberapa hidangan yang disukai termasuk:

 

  • Sosis babi goreng dengan saus kari, biasanya disajikan dengan kentang goreng
  • Schnitzel - daging dilapisi tepung roti tipis dengan lapisan renyah
  • Bratwurst - sosis yang dibumbui dan dibumbui
  • Pretzels (Breze atau Brezel dalam bahasa Jerman) - kue yang dibuat dari adonan berbentuk simpul
  • Apple strudel (Apfelstrudel) - kue yang diisi dengan apel matang dan penyedap kayu manis
  • Berliner Pfannkuche - kue tradisional, mirip dengan donat karena biasanya diisi dengan selai

 

 

 

Kamu juga dapat mencoba banyak makanan Turki di Berlin, ditemukan di banyak restoran dan pasar. Kamu akan menemukan berbagai masakan Turki yang lezat di distrik Kreuzberg, yang juga dikenal sebagai Istanbul kecil. Makanan yang ditawarkan seperti:

 

  • Doner and shish kebab - irisan tipis daging yang terkandung dalam beberapa bentuk pita atau flatbread
  • Kue borek - kue serpihan tipis yang diisi dengan daging atau keju

 

 

Transportasi Umum

Berlin memiliki sistem transportasi umum yang efisien, memungkinkan kamu untuk berkeliling kota dengan mudah, nyaman dan aman. Sistem tersebut terdiri dari U-Bahn (bawah tanah), S-Bahn (kereta nasional), bus dan trem. Biasanya, U-Bahn beroperasi mulai pukul 04.30-12.30 pada hari kerja dan beroperasi 24 jam pada akhir pekan. Selama waktu sibuk, kamu dapat naik kereta setiap 3-5 menit di stasiun utama.

 

Perjalanan terjangkau di Berlin dengan tiket reguler seharga EUR 2,90 untuk semua jenis transportasi hingga dua jam. Pastikan kamu memeriksa zona tujuan dan dari mana kamu ingin bepergian karena ini akan memengaruhi biaya tiket. 

 

Namun, cara populer lainnya untuk berkeliling kota adalah dengan bersepeda. Bersepeda melintasi taman dan singgah di atraksi yang tercantum di atas untuk alternatif sehat untuk berkeliling kota. Tentu saja, ini mungkin kurang dapat dinimkati selama musim dingin!

 

 

 

Cuaca

Sebaiknya kamumempersiapkan berbagai musim di Berlin dan merencanakan pengepakan sesuai dengan musim. Musim panasnya hangat dengan suhu rata-rata 24 derajat, sedangkan musim dinginnya dingin, dengan suhu di bawah nol. Kamu bahkan mungkin cukup beruntung untuk melihat salju jika belajar selama musim dingin.

 

 

Baca juga:

CARA MEMBUAT BLOCKED ACCOUNT UNTUK KULIAH DI JERMAN

PROSPEK PASCA-STUDI DI IRLANDIA, BELANDA, JERMAN DAN SELANDIA BARU