Informasi penting
Study abroad: Before you leave

PROSPEK PASCA-STUDI DI IRLANDIA, BELANDA, JERMAN DAN SELANDIA BARU

Prospek Pasca-Studi Di Irlandia, Belanda, Jerman dan Selandia Baru

Saat membuat rencana studi di luar negeri, tentunya kamu perlu mengumpulkan informasi mengenai berbagai peluang pasca-studi bagi mahasiswa internasional asal Indonesia di berbagai negara. Nah, setelah membahas visa pasca-studi di AS, Kanada, Inggris dan Australia beberapa waktu lalu, kini tim Hotcourses Indonesia akan membagikan info serupa untuk Irlandia, Belanda, Jerman dan Selandia Baru.


Irlandia

Informasi visa pasca-studi di Irlandia

Irlandia menawarkan banyak hal menarik untuk pelajar internasional, mulai dari budaya yang unik, beragam universitas kelas dunia, hingga keindahan alam yang memesona. Selain itu, biaya hidup dan kuliah di negara ini juga jauh lebih terjangkau dibanding destinasi studi populer lainnya.


Setelah lulus dari universitas Irlandia, mahasiswa asal Indonesia bisa menggunakan Third Level Graduate Scheme untuk mendapatkan visa pasca-studi. Dalam skema ini, lulusan institusi pendidikan third-level (setingkat universitas) di Irlandia bisa menetap di sana untuk mencari kerja dalam jangka waktu tertentu. Mahasiswa yang memenuhi syarat skema ini adalah mahasiswa yang mengambil program kuliah dengan sertifikasi level 8 atau lebih tinggi dari badan resmi di Irlandia, seperti Quality and Qualifications Ireland (QQI). Kamu bisa menemukan syarat dan ketentuan terbaru untuk skema ini di situs badan imigrasi Irlandia.

 

Saat ini, skema ini berlaku untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan program gelar primary (setara S1), master atau doktor. Mahasiswa program primary bisa tinggal di Irlandia selama 12 bulan setelah kelulusan, sementara mahasiswa lulusan program pascasarjana bisa menetap selama 24 bulan. Perlu diingat bahwa visa dalam skema ini hanya memberikan kesempatan bekerja selama 40 jam/minggu. Setelah visa pasca-studi ini kedaluwarsa, kamu bisa mengajukan permohonan status Permanent Resident

 

Kalau kamu tidak memenuhi kriteria Third Level Graduate Scheme, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan Critical Skills Employment Permit atau General Employment Permit. Kedua jenis visa ini adalah visa kerja untuk WNA yang mengisi lowongan di bidang-bidang yang kekurangan tenaga kerja. Pemegang kedua permit tersebut bisa tinggal dan bekerja di Irlandia selama 2 tahun.

 

(Baca juga: MENGAPA HARUS KULIAH DI IRLANDIA? BERIKUT ALASANNYA)

 

Belanda

Informasi visa pasca-studi di Belanda

Negeri kincir angin ini adalah salah satu destinasi studi populer di Eropa bagi pelajar asal Indonesia. Ini tak mengherankan, karena Belanda memiliki ikatan budaya yang cukup kental dengan Indonesia dan juga menawarkan pendidikan dengan kualifikasi internasional.

 

Nah, para mahasiswa universitas Belanda yang baru lulus bisa mengajukan visa Orientation year highly educated persons (juga sering disebut dengan nama Dutch Search Year Visa atau Zoekjaar hoogopgeleiden). Visa yang sering disingkat menjadi Zoekjaar ini membebaskan para lulusan berstatus WNA untuk mencari kerja di Belanda selama 1 tahun. Visa ini bertujuan menarik tenaga kerja terdidik untuk memasuki bursa kerja di negara tersebut.

 

Zoekjaar terbilang cukup unik, karena visa ini membebaskan pemegangnya untuk bekerja di berbagai jenis perusahaan/kantor tanpa persyaratan gaji minimal. Selain itu, pemegang Zoekjaar juga diizinkan untuk mendirikan perusahaan sendiri dan mendapatkan akses ke layanan kesehatan dari Pemerintah Belanda. Di sisi lain, visa ini memberi kemudahan bagi para pemberi kerja di Belanda, karena mereka tidak perlu mengurus administrasi izin kerja bagi pemegang Zoekjaar.

 

Kalau kamu berhasil mendapatkan pekerjaan dengan visa ini, kamu bisa terus bekerja sampai tanggal kedaluwarsa Zoekjaar. Setelah itu, kamu harus mengajukan GVVA (visa izin tinggal dan kerja) untuk bisa melanjutkan bekerja di perusahaan/kantormu. Perlu diingat bahwa GVVA mensyaratkan bahwa perusahaan/kantormu harus menjadi sponsormu dan gajimu harus sesuai dengan ketentuan gaji minimal.

 

Untuk mendapatkan Zoekjaar, kamu sebaiknya menghubungi IND (Badan Imigrasi Belanda) sebelum masa studimu selesai. Kami menyarankan kamu mengajukan visa ini secara online, karena waktu pemrosesannya jauh lebih cepat dibanding mengurus langsung di kantor IND. Informasi terbaru mengenai syarat dan biaya Zoekjaar bisa kamu temukan di sini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

Jerman

Informasi visa pasca-studi di Jerman

Sebagai pusat inovasi di bidang teknik dan teknologi, Jerman telah lama menjadi pilihan populer bagi mahasiswa internasional. Selain itu, negara ini adalah destinasi studi yang menarik karena sebagian besar universitasnya tidak memungut biaya kuliah untuk program S1. Kamu juga bisa memperkaya diri dengan berkuliah di Jerman, karena kota-kota utamanya - seperti Berlin, Munich dan Hamburg - adalah pusat seni dan budaya.

 

Kalau kamu ingin bekerja di Jerman setelah lulus kuliah di sana, kamu dapat memperpanjang izin tinggal hingga 18 bulan untuk mencari pekerjaan yang berkaitan dengan studimu. Persyaratan dokumen untuk mengajukan perpanjangan izin ini adalah:

  • Paspor;

  • Ijazah atau dokumen resmi dari universitas sebagai bukti bahwa kamu telah menyelesaikan studimu;

  • Berkas asuransi kesehatan;

  • Bukti bahwa kamu memiliki dana untuk hidup mandiri di Jerman.


Izin tinggal 18 bulan ini akan berlaku saat kamu menerima hasil ujian akhir kuliah, jadi sebaiknya kamu sudah mulai mencari pekerjaan di semester akhir. Selama memegang izin tinggal ini, kamu dapat bekerja di berbagai jenis tempat usaha.


Setelah mendapatkan tawaran pekerjaan yang sesuai dengan rencana karirmu di Jerman, kamu bisa mengajukan visa kerja jenis EU Blue Card. Sesuai dengan namanya, EU Blue Card membuka kesempatan untuk bekerja di berbagai negara Uni Eropa. Salah satu syarat utama untuk mendapatkan EU Blue Card adalah kamu harus mendapatkan tawaran pekerjaan dengan gaji minimal EUR 53.000/tahun. Khusus untuk ahli matematika, insinyur, ilmuwan, teknisi atau dokter, syarat gaji minimalnya adalah sebesar EUR 41.808/tahun. Syarat dan ketentuan lain serta prosedur pengajuan EU Blue Card bisa kamu baca di sini.

 

Setelah memegang EU Blue Card selama 2 tahun, kamu diperbolehkan untuk mengajukan 'settlement permit' yang akan memberikanmu status Permanent Resident di Jerman.

 

Selandia Baru

Informasi visa pasca-studi di Selandia Baru

Kalau kamu suka dengan keindahan alam, maka kuliah di Selandia Baru wajib kamu pertimbangkan. Selain memiliki universitas-universitas berkualitas internasional, negara ini menawarkan berbagai aktivitas seru di alam bebas. Selandia Baru juga memiliki kualitas hidup yang tinggi dan komunitas lokal yang ramah, jadi kamu pasti akan bisa dengan mudah beradaptasi di sana.

 

Saat ini, ada beberapa opsi visa pasca-studi yang terbuka untuk lulusan program Diploma, Bachelor (S1), Master (S2) dan PhD (S3) di Selandia Baru. Berikut adalah penjelasan jenis visa yang bisa kamu dapatkan berdasarkan program kuliahmu:

 

Program Kuliah Level 4 - 6 (Setara dengan Diploma) dengan durasi minimum 60 minggu:

Lulusan program ini bisa mendapatkan visa pasca-studi untuk menetap dan mencari pekerjaan di Selandia Baru selama 12 bulan. Kalau kamu memenuhi kriteria yang diperlukan setelah periode 12 bulan ini berlalu, kamu bisa mengajukan visa kerja dalam kategori Skilled Migrant.

 

Kalau kamu tengah mengambil program pada level ini dan akan lulus sebelum Desember 2021, maka kamu bisa mendapatkan visa pasca-studi untuk dua tahun. Namun kalau kamu lulus setelah Desember 2021, maka kamu hanya bisa mendapatkan visa pasca-studi satu tahun (dengan tambahan satu tahun kalau kamu tengah belajar untuk mendaftar dengan badan profesi tertentu).

 

Program Kuliah Level 7 - 10 (S1, S2 dan S3/program yang setara)
Lulusan program S1, S2 dan S3 di Selandia Baru bisa mendapatkan visa pasca-studi untuk 3 tahun. Khusus untuk lulusan program Graduate Diploma yang masuk kategori Level 7, visa pasca-studinya hanya berlaku selama 1 tahun.

 

Visa pasca-studi ini memberikan banyak keuntungan bagi para pemegangnya. Contohnya, kamu bisa bekerja untuk berbagai jenis perusahaan/kantor dan mengisi sebagian besar lowongan yang terbuka di Selandia Baru. Pasangan pemegang visa ini juga diperbolehkan mengajukan izin kerja. Jika pemegang visa membawa anak, maka sang anak bisa menikmati pendidikan gratis yang ditawarkan di sekolah negeri Selandia Baru.

 

Beberapa syarat yang diperlukan untuk mengurus visa pasca-studi ini adalah:

  • Bukti kelulusan/penyelesaian program kuliah atau bukti bahwa kamu telah memenuhi syarat kelulusan;

  • Dokumen bank yang membuktikan bahwa kamu memiliki uang dengan jumlah minimal NZD 4.200;

  • Paspor;

  • Foto ukuran paspor.

Kamu juga bisa langsung mengakses situs Badan Imigrasi Selandia Baru untuk mengetahui syarat lengkap visa pasca-studi dan profesi-profesi yang saat ini tengah dibutuhkan di sana. Untuk kamu yang masih bimbang mengenai negara ini, coba baca 5 alasan yang akan meyakinkanmu untuk memilih Selandia Baru sebagai destinasi studi.

 

Setelah membaca berbagai pilihan visa pasca-studi yang tersedia di 4 negara ini, kamu pasti bisa memilih destinasi studi dengan lebih bijak. Kalau kamu ingin memilih jurusan dan universitas yang tepat di negara pilihanmu, kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami. Jangan lupa juga untuk bergabung sebagai anggota di Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan informasi terhangat mengenai visa dan prospek pasca-studi di luar negeri.

 

Mau kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

Sumber:​

Inis.gov.ie

Ind.nl

Immigration.govt.nz

Make-it-in-germany.com

Wajib dibaca