Informasi penting
Jerman: Before you leave

TIPS & INFORMASI MENCARI AKOMODASI DI JERMAN BAGI SISWA INTERNASIONAL

tips akomodasi di jerman

Ada beberapa pilihan akomodasi yang tersedia bagi siswa di Jerman, namun pilihan utama yang harus dibuat adalah antara akomodasi siswa atau menyewa tempat tinggal pribadi. Universitas di Jerman tidak secara otomatis memberikan akomodasi, kamu perlu melakukan riset yang relevan untuk menemukan tempat sendiri. Berikut tips & informasi mencari akomodasi di jerman bagi siswa internasional.

 

 

Ada dua jenis akomodasi yang bisa kamu dapatkan di Jerman sebagai mahasiswa, yaitu akomodasi  ekonomis dan akomodasi pribadi. 

 

Akomodasi Ekonomis: Asrama siswa di Jerman 

 

Asrama tetap menjadi pilihan termurah untuk akomodasi siswa di Jerman. Bentuk akomodasi ini sangat dicari oleh siswa tahun pertama dan juga siswa internasional. Alasan mengapa siswa internasional memilih jenis akomodasi ini adalah biaya, dan kesempatan  untuk memiliki sosialisasi yang lebih besar. Ruang siswa biasanya terletak di dekat kampus universitas dan menjanjikan interaksi sosial yang lebih besar dibandingkan dengan akomodasi pribadi. 

 

Tidak semua siswa dianggap memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan akomodasi di asrama. Disarankan agar surat permohonan akomodasi diajukan segera setelah menerima surat penerimaan dalam studi, karena tempat yang tersedia habis dengan sangat cepat. Ketika sebuah kamar tiba-tiba tersedia di Asrama siswa, pemberitahuan akan dikirim melalui email pada saat yang sama kepada semua orang yang ada dalam daftar tunggu. Jadilah orang pertama yang menjawab email agar kamu mendapatkan tempat.

 

 

Akomodasi pribadi di Jerman 

 

Sebagian besar siswa internasional di Jerman memilih untuk tinggal di akomodasi pribadi. Saat kamu memutuskan untuk menyewa seluruh apartemen secara pribadi berarti kamu harus berurusan dengan biaya sewa dan utilitas sendiri. 

 

Untuk harga sewa cenderung lebih tinggi di kota-kota seperti Berlin, Munich, Frankfurt am Main, Cologne, & Hamburg, dibandingkan dengan tempat lain di Jerman. Jika ingin tinggal di akomodasi pribadi maka kamu harus mencari dan melakukan semuanya sendiri. 

 

Kamu juga harus memahami singkatan yang digunakan dalam iklan sebagai berikut: 

 

  • 2-Zi.-Whg untuk apartemen dengan dua kamar 

  • 2 ZKDB untuk apartemen dengan dua kamar, aula, kamar mandi dan dapur, 

  • KT untuk setoran, 

  • + NK termasuk biaya untuk air, pembuangan sampah, lift, pembersihan rumah, juga dapat mencakup biaya pemanasan, gas dan listrik, 

  • NR tidak diizinkan merokok

  • WBS sertifikat dukungan pendapatan diperlukan.

 

Menyewa akomodasi pribadi mewajibkan penyewa untuk membayar biaya sewa tiga bulan pertama, sebagai jaminan bagi pemilik bahwa kamu tidak akan kabur. Uang jaminan akan dikembalikan oleh pemilik jika apartemen dan furnitur tidak rusak oleh penyewa.


 

Flatshare 

 

Akomodasi ini adalah cara yang sangat populer untuk tinggal di Jerman, karena sekitar 30% dari siswa internasional di Jerman menerapkannya. Tinggal di flatshare mengharuskan siswa berbagi biaya sewa  dan flat yang sama,. Dalam jenis akomodasi ini, siswa harus berbagi dapur, kamar mandi, balkon, dan ruang tamu. Namun ada ruang untuk privasi karena masing-masing dari siswa biasanya memiliki kamar tidur sendiri.

 

 

Kota Termurah di Jerman

  • Bochum

  • Leiptzig

  • Dortmund

  • Halle an der Saale

  • Kiel

 

 

Baca juga:

KULIAH S1 DI JERMAN LEBIH MURAH DARIPADA KULIAH DI INDONESIA

WAJIB: MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN JIKA INGIN KULIAH KE JERMAN

5 TEMPAT ASIK YANG BISA KUNJUNGI SEWAKTU KULIAH DI JERMAN

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

tips akomodasi di jerman