Informasi penting
Republik Irlandia: Info Jurusan

3 BIDANG STUDI TERPOPULER DI IRLANDIA

3 Bidang Studi Terpopuler Di Irlandia

Perencanaan kuliah di luar negeri tentunya harus memperhitungkan berbagai faktor, salah satunya adalah budaya negara destinasi studimu. Kalau kamu ingin kuliah di negara yang memiliki kekayaan budaya yang unik, Irlandia bisa jadi pilihan sempurna untukmu. Negara ini memiliki tradisi sejarah yang kompleks dan kokoh, serta warisan budaya yang penuh keragaman. Karena itu, kuliah di Irlandia bisa memberimu kesempatan istimewa untuk memperluas perspektif sosial dan mengembangkan kreativitasmu. Selain itu, Irlandia sangat aman dan penduduknya penuh toleransi, jadi lingkungannya kondusif untuk kehidupan pelajar internasional.

 

Kamu tak perlu ragu dengan kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan, karena sistem pendidikan Irlandia termasuk kelas elit. Berbagai universitas di negara ini menduduki peringkat 3% teratas secara global dan para lulusannya mendapat pengakuan di tingkat internasional. Irlandia juga memiliki daya saing global yang tinggi, sehingga pasti ada banyak peluang karir tersedia untukmu di sana.

 

Nah, untuk membantumu memulai pencarian jurusan dan universitas di Irlandia, tim Hotcourses Indonesia akan membagikan tiga bidang studi di Irlandia yang wajib kamu pertimbangkan. Ketiga bidang studi ini dipilih berdasarkan data dari CAO (Central Applications Office / Kantor Aplikasi Pusat yang mengawasi pendaftaran program sarjana di institusi pendidikan tinggi Irlandia) yang menunjukkan bidang studi terpopuler di Irlandia.

 

Kesehatan Dan Kedokteran


Bidang studi yang satu ini memang populer di seluruh dunia, jadi tak heran kalau kesehatan dan kedokteran banyak menjadi pilihan pelajar internasional di Irlandia. Menurut laporan CAO pada tahun 2019, bidang ini adalah bidang studi terpopuler di Irlandia dengan sekitar 71.000 peminat.


Salah satu alasan studi kesehatan dan kedokteran populer di negara ini adalah karena gelar kedokteran dari universitas Irlandia diakui secara global dan dianggap setara dengan gelar dari universitas Inggris. Ini tentunya menarik bagi para pelajar internasional karena membuka kesempatan berkarir di berbagai negara. Universitas-universitas Irlandia yang terdepan untuk bidang studi ini antara lain adalah Trinity College Dublin dan Royal College of Surgeons in Ireland (RCSI).

 

 

Kuliah Bidang Kesehatan dan Kedokteran di Irlandia

 


Karena durasi kuliah kedokteran lebih lama dibanding jurusan-jurusan lain (sekitar 5-6 tahun), kamu harus memastikan bahwa kamu merasa nyaman di destinasi studimu. Untungnya, lingkungan di Irlandia menawarkan banyak hal untuk para pelajar internasional. Mulai dari pemandangan alam yang rindang hingga kota dengan arsitektur klasik, ada banyak area yang bisa kamu jelajahi di Irlandia.


Kalau kamu khawatir tentang pembiayaan studi, daya tarik lain dari Irlandia adalah peraturan yang memungkinkan pelajar internasional bekerja 20 jam selama semester berlangsung dan 40 jam selama liburan. Jadi kamu bisa bekerja untuk membantu menutupi biaya hidup dan kuliah di sana. Selain membantu aspek finansial, pengalaman kerja yang kamu dapatkan pasti akan memperkaya CV-mu.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

Bisnis dan Administrasi

 

Sebagai bidang studi yang serbaguna dan populer, lulusan bidang bisnis dan administrasi banyak dicari di seluruh dunia - terutama yang memiliki kualifikasi internasional. Menurut CAO, lebih dari 58.000 pelajar telah mendaftar untuk mengambil jurusan bisnis dan administrasi di Irlandia. Saat ini, ada sekitar 310 jurusan bisnis yang dapat dipilih di Irlandia. Untuk membantu pencarianmu, kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan jurusan bisnis dan administrasi yang terbaik untukmu di 40 institusi pendidikan tinggi Irlandia.

 

Sebagai mahasiswa bidang bisnis, kamu akan memperoleh pendidikan di bidang ekonomi, akuntansi, manajemen dan statistik. Kamu juga diperbolehkan untuk menyesuaikan jalur pendidikanmu sesuai dengan minatmu. Misalnya, kalau pengalaman kerja penting untukmu, beberapa universitas menawarkan satu tahun tambahan untuk program pengalaman kerja nyata. Kamu juga bisa mencari jurusan yang menawarkan program penempatan kerja selama setahun di luar negeri - selain memperkaya pengalaman, program ini akan membantumu mempelajari bahasa negara tujuanmu.
 

 

Kuliah Bisnis dan Administrasi di Irlandia

 

 

Kalau kamu tertarik mempelajari bisnis dan/atau administrasi di Irlandia, kamu perlu terlebih dahulu memahami berbagai cabang bidang studi ini - misalnya bisnis internasional, akuntansi, kajian bisnis dan manajemen bisnis. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai cabang apa yang kamu minati.


Seni

 

Dengan pemandangan yang mengesankan, sejarah penuh mistisisme dan skena seni yang berkembang pesat, Irlandia adalah negara yang penuh inspirasi untuk kuliah seni. Maka itu, tak mengherankan kalau bidang studi ini mendapatkan lebih dari 42.000 pendaftar di Irlandia pada tahun ajaran 2018/2019. Program studi populer dalam bidang ini termasuk seni murni, desain grafis, sejarah seni, fotografi dan fashion. Jurusan seni yang bergengsi di tingkat internasional bisa kamu temui di institusi-institusi berikut: National College of Art and Design (NCAD), Trinity College Dublin dan National University of Ireland.

 

 

Kuliah seni di Irlandia

 


Sebagai mahasiswa bidang seni, kamu dapat memanfaatkan berbagai fasilitas universitas seperti studio, dark room untuk fotografi dan galeri. Di luar kampus, kamu bisa mengunjungi beragam galeri untuk mendapatkan inspirasi dan menghadiri pameran. Contohnya antara lain Galeri Nasional Irlandia, Museum Seni Modern Irlandia dan Galeri Hugh Lane yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu membeli tiket masuk.

 

Tertarik kuliah di Irlandia? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas ternama di Irlandia.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Mencari jurusan

Republik Irlandia
Sarjana