Informasi penting
Study abroad: Keuangan

MENDANAI BIAYA KULIAH KE LUAR NEGERI

MENDANAI BIAYA KULIAH KE LUAR NEGERI
3243

Kuliah di luar negeri sudah pasti bukan pilihan yang murah bagi mayoritas pelajar Indonesia. Selain biaya kuliah, ada berbagai pengeluaran lain yang perlu diperhitungkan. Misalnya saja akomodasi, proses pembuatan visa pelajar, tiket pesawat, serta asuransi kesehatan dan perjalanan. Jadi tidak mengherankan kalau sebagian mahasiswa Indonesia memerlukan bantuan pendanaan untuk bisa belajar di luar negeri. Khusus untuk kamu yang saat ini sedang bingung memikirkan masalah biaya kuliah di negara tujuanmu, Hotcourses Indonesia akan membagikan beberapa cara mendanai biaya kuliah yang bisa kamu pertimbangkan.

 

 

Bantuan Keluarga

 

Sebagian besar mahasiswa internasional biasanya mendapat sokongan dana dari keluarga. Ada yang mendapat dukungan penuh dan ada juga yang hanya dibiayai untuk perkuliahan saja. Khusus untuk kategori yang terakhir, tentunya harus mempersiapkan tambahan dana agar bisa menutupi biaya-biaya lainnya yang diperlukan saat kuliah di luar negeri.

 

Untuk bisa memastikan apakah keluargamu bisa mendanai perkuliahanmu, sebaiknya perhatikan dulu situasi finansial keluargamu. Kalau keluargamu sepertinya belum bisa memberikan dukungan penuh pada saat ini, bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja. Kalau kamu bisa memberi tahu keluargamu dari jauh-jauh hari tentang rencanamu kuliah di luar negeri, ada kemungkinan mereka bisa membuat perencanaan keuangan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Namun untuk bisa melakukan hal ini, tentunya kamu harus benar-benar bisa meyakinkan keluargamu tentang besarnya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kuliah di luar negeri. Kalau kamu masih belum tahu cara melakukannya, coba baca 4 tips meyakinkan orang tua agar diperbolehkan kuliah di luar negeri.

 

 

Pendanaan Dari Pemerintah

 

Kamu juga bisa menemukan berbagai beasiswa untuk belajar di luar negeri dari pemerintah Indonesia. Saat ini, pemerintah menyediakan berbagai beasiswa agar bibit-bibit unggul di Indonesia dapat membekali diri dengan keahlian dan pengetahuan yang bisa digunakan untuk berkontribusi bagi kemajuan negara. Ditambah lagi, kehadiran mahasiswa asal Indonesia di negara-negara lain akan menjembatani kerjasama antar negara kita dan negara-negara tersebut. Contoh pendanaan yang masuk dalam kategori ini antara lain:

  1. Beasiswa LPDP
  2. Beasiswa S2 luar negeri dari Kementerian Kominfo
  3. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana DIKTI
  4. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

 

 

Pendanaan Dari Pemerintah Negara Tujuanmu

 

Kalau kamu sudah memiliki negara tujuan yang pasti, coba selidiki apakah pemerintah negara tersebut memiliki program beasiswa untuk pelajar Indonesia. Program seperti ini tak hanya menguntungkan bagi Indonesia saja, karena kehadiran mahasiswa internasional di negara-negara asing membawa sumbangan tersendiri bagi perekenomian negara-negara tersebut. Dalam masa perkuliahan, para pelajar internasional yang mendapat beasiswa tentu harus tetap mengeluarkan uang untuk makan, berbelanja dan membayar berbagai fasilitas umum. Terlebih lagi, negara yang memiliki banyak pelajar internasional akan mendapatkan citra yang positif sebagai pusat pendidikan tinggi tingkat dunia. Beberapa program beasiswa dari pemerintah negara asing yang terbuka untuk pelajar Indonesia antara lain:

  1. Beasiswa Fullbright
  2. New Zealand ASEAN Scholarships
  3. Australia Awards Scholarships
  4. Beasiswa Chevening

 

 

Apakah Universitas Pilihanmu Menawarkan Beasiswa?

 

Saat kamu diterima di universitas pilihanmu di luar negeri, kamu bisa langsung menanyakan mengenai beasiswa atau bantuan dana yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Biasanya, jenis-jenis bantuan pendanaan ini memiliki kriteria berdasarkan prestasi akademismu atau negara asalmu. Lalu ada juga beasiswa yang hanya terbuka untuk mahasiswa jurusan tertentu di universitas tersebut. Salah satu alasan universitas-universitas di luar negeri memberikan bantuan dana untuk mahasiswa internasional adalah untuk menciptakan citra yang positif di media massa. Selain itu, bertambahnya jumlah mahasiswa internasional di universitas-universitas tersebut akan meningkatkan popularitas semua universitas itu sebagai tempat yang ideal untuk menuntut ilmu.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh beasiswa/bantuan dana dari universitas:

  1. Vice-Chancellor International Scholarships dari University of Sydney, Australia (Terbuka untuk mahasiswa internasional dan diberikan berdasarkan prestasi akademis)
  2. Denys Holland Scholarship dari University College London, UK (Terbuka untuk mahasiswa internasional dan diberikan berdasarkan prestasi akademis)
  3. Toronto Polish-Canadian Hall Award dari University of Toronto, Kanada (Terbuka untuk mahasiswa internasional yang mengambil bidang ilmu Sastra Slavia dengan  fokus khusus pada bahasa Polandia)
  4. Tahir Indonesian Scholarship dari Singapore Management University, Singapura (Terbuka untuk mahasiswa asal Indonesia yang berprestasi)

 

Temukan beasiswa dari universitas-universitas luar negeri lainnya di sini.

 

 

Apakah Kamu Bisa Memilih Negara Yang Menggratiskan Biaya Kuliah?

 

Saat mencari negara tujuan kuliah, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan negara-negara yang membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional dari Indonesia. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan dana untuk biaya hidup selama berkuliah di negara tersebut. Coba simak daftar negara-negara dengan biaya kuliah gratis ini:

 

 

 

Apakah Kamu Sudah Bekerja?

 

Kamu sudah bekerja tapi ingin kuliah di luar negeri untuk meningkatkan performamu di tempat kerja? Coba diskusikan masalah ini dengan atasanmu. Ada kemungkinan perusahaanmu memiliki program pembiayaan kuliah di luar negeri dengan syarat ikatan kerja. Namun keberhasilanmu untuk mendapatkan pendanaan melalui cara ini tergantung dari beberapa faktor, seperti jabatanmu dan berapa lama kamu sudah menjadi karyawan di perusahaan itu. Lakukan juga riset mendalam agar kamu bisa memberikan presentasi yang meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu layak dibiayai kuliah ke luar negeri.

 

Kalau tempat kerjamu tidak memiliki program pembiayaan kuliah, solusi lain yang bisa kamu jalankan adalah mencari tambahan tabungan lewat pekerjaan sampingan atau paruh waktu. Mungkin cara ini tidak akan bisa menutupi semua biaya untuk kuliah di luar negeri, tapi pengalaman kerja ekstra ini akan memperkaya CV-mu.

 

 

Cari Bantuan Lewat Crowdfunding

 

Kalau semua pilihan di atas masih belum cocok untukmu, mungkin kamu bisa mencoba membiayai kuliahmu dengan membuat kampanye kreatif di situs-situs crowdfunding lokal seperti KitaBisa.com atau DanaDidik.com. Sudah ada banyak pelajar yang bisa menyelesaikan pendidikannya melalui metode ini.

 

Walaupun telah banyak cerita sukses, crowdfunding tidak selalu bebas dari resiko. Baru-baru ini, seorang mahasiswa Indonesia di University of Oxford meminta bantuan dana di sebuah situs crowdfunding lokal untuk bisa menyelesaikan kuliahnya. Walaupun kampanyenya sukses mengumpulkan dana yang dibutuhkan, muncul pro dan kontra di kalangan netizen Indonesia. Alasannya adalah ada sebagian orang yang menganggap kampanye ini kurang meyakinkan. Selain itu, sang mahasiswa juga tidak langsung memberikan laporan mengenai penggunaan dana tersebut, sehingga ada kecurigaan bahwa dana yang terkumpul tidak digunakan dengan semestinya.

 

Dari contoh di atas, terlihat jelas bahwa kamu harus memiliki perencanaan yang matang kalau mau menggunakan metode crowdfunding. Siapkanlah kampanye yang memaparkan alasan yang kuat bahwa kamu memang perlu dan layak mendapatkan bantuan dana. Jangan lupa untuk memberikan laporan secara berkala sesudah pengumpulan dana berakhir agar para donatur yakin bahwa dana yang telah mereka berikan digunakan dengan sebaik mungkin. Coba tonton video di bawah ini untuk mendapatkan tips cara membuat kampanye crowdfunding:

 

 

Kalau kamu sudah berhasil menemukan cara terbaik untukmu mendanai biaya kuliah ke luar negeri, jangan lupa untuk mulai mencari universitas yang sesuai dengan jalur karir impianmu. Kamu bisa mulai dengan mendaftar untuk konsultasi GRATIS dengan konsuler IDP mengenai universitas-universitas terbaik di seluruh dunia!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Baca juga:

Tips untuk meringankan beban finansial saat kuliah di luar negeri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

MENDANAI BIAYA KULIAH KE LUAR NEGERI

Wajib dibaca

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

26464

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

25634

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

24067

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

9945