Informasi penting
Malaysia: Before you leave

FAKTA – FAKTA MENARIK SEPUTAR KULIAH DI MALAYSIA

share image
78

Malaysia merupakan tempat yang ideal untuk melanjutkan kuliah. Selain terjangkau, kamu juga dapat menjelajahi keharmonisan yang indah antara penduduk yang multi-etnis & interfaith.  

 

Terletak di antara Samudra Hindia dan Laut Cina Selatan, Malaysia adalah negara dengan cuaca hangat yang berbatasan dengan Thailand dan Indonesia. Malaysia dibagi menjadi dua bagian, yaitu Semenanjung Malaysia, yang memiliki beberapa pegunungan dan dataran subur, dan Malaysia Timur, yang memiliki banyak sungai dan hutan hujan tropis.

 

 

 

 

Destinasi Populer

 

Ada tiga lokasi utama atau destinasi populer untuk belajar di Malaysia. Masing-masing lokasi ini memiliki kualitas yang berbeda dan memungkinkan pengalaman yang beragam:

 

Kuching.

Kuching, ibukota Sarawak, digambarkan sebagai salah satu kota paling menarik di Malaysia. Kuching memiliki gaya yang sangat unik, karena ia adalah kota modern dengan banyak sentuhan dunia lama. Kota ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Hanya sepuluh menit dari Universitas Teknologi Swinburne Sarawak, Malaysia. Sebagai siswa internasional, kamu tidak akan bosan jika tinggal di kota ini karena Kuching memiliki banyak restoran, toko, dan banyak hiburan lainnya!

 

Kuala Lumpur.

Kuala Lumpur, adalah kota kosmopolitan dengan gedung pencakar langit paling mengesankan di Asia. Kuala Lumpur dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik untuk berbelanja dan makan di Asia, dengan department store besar di seluruh kota dan masakan fusion Asia yang unik karena budaya Malaysia yang beragam. Selain memiliki banyak gedung pencakar langit, Kuala Lumpur memiliki arsitektur kolonial yang cantik dan cagar alam hutan hujan, sehingga siswa yang mengunjungi kota ini dapat menikmati pemandangannya yang luar biasa!

 

 

 

Johor Baru.

Jika kamu ingin belajar tentang lingkungan, kota ini adalah pilihan yang sangat baik. Tepat di seberang perbatasan dari Singapura, kota ini dulunya adalah desa nelayan kecil tetapi sekarang difokuskan pada industri pariwisata. Siswa Internasional pasti akan sangat senang mengunjungi kota ini.

 

 

 

Rencana Perjalanan

 

Karena belajar di Malaysia adalah sesuatu yang baru, kamu harus merencanakan perjalanan kamu dengan matang.

 

1) Bahasa: Siswa yang belajar ke Malaysia tidak perlu terlalu khawatir tentang hambatan bahasa. Meskipun bahasa asli yang digunakan di Malaysia adalah bahasa Melayu, Cina, dan Tamil, namun sebagian besar orang Malaysia fasih berbahasa Inggris. Program Globalinks Learning misalnya, menawarkan kepada siswa internasional di semua kelas untuk diajarkan materi kuliah  dalam bahasa Inggris. Meskipun para siswa dapat berbicara dengan bahasa Inggris, mereka sangat dianjurkan untuk memperluas pengetahuan mereka dan berusaha untuk berkomunikasi dalam bahasa Melayu, Cina atau Tamil.

 

2) Kehidupan Akademik: Akademisi sangat dihargai di Malaysia, sehingga siswa yang belajar disana akan sangat terkesan dengan lingkungan belajar mereka. Selain banyak laboratorium, ruang kuliah, dan laboratorium komputer, universitas-universitas di Malaysia juga menawarkan sumber daya digital canggih. Universitas-universitas di Malaysia menyediakan berbagai jurusan termasuk bioteknologi, bisnis, teknik, dan desain multimedia.

 

3) Akomodasi: Di Malaysia, tersedia akomodasi berbeda-beda tergantung pada program apa yang kamu ikuti. Contohnya saja Program Globalinks Learning di Malaysia menawarkan kepada siswa untuk tinggal di asrama kampus, atau di apartemen yang berada di luar kampus.

 

 

BEASISWA & BIAYA HIDUP

 

Meskipun Malaysia adalah tempat yang sangat terjangkau untuk melanjutkan kuliah, ada juga berbagai beasiswa untuk belajar di Malaysia yang tersedia untuk siswa internasional. Biaya hidup relatif rendah dibandingkan dengan sebagian besar lokasi di Amerika Serikat & Eropa, bahkan lebih murah dari negara tetangga, Singapura. Rata-rata, makan di restoran yang bagus harganya hanya sekitar Rp.113,520 sampai Rp.212,850, street food bahkan lebih murah. Jika kamu berbelanja di pasar lokal dan memasak sendiri, kamu dapat menghemat lebih banyak.

 

 

Baca juga:

HAL - HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBELUM BERKULIAH DI UNIVERSITAS MALAYA

INFO LENGKAP BIAYA DAN BEASISWA DI SUNWAY UNIVERSITY MALAYSIA

TIPS AKOMODASI MAHASISWA DI MALAYSIA

 
 
 

 

Sumber:

https://www.gooverseas.com/study-abroad/malaysia

https://www.goabroad.com/study-abroad/search/malaysia/study-abroad-1

 

Study in Malaysia

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.

Download

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image