Informasi penting
Malaysia: Akomodasi Pelajar

TIPS AKOMODASI MAHASISWA DI MALAYSIA

share image
181

Salah satu pelajaran hidup paling berharga yang akan kamu dapatkan sebagai siswa yang tinggal jauh dari rumah adalah tentang bagaimana cara kamu mengelola keuangan kamu setiap bulan. Keuntungan utama bagi siswa internasional yang memilih untuk belajar di Malaysia adalah biaya hidup yang relatif masuk akal. 

 

 

Biaya hidup kamu yang sebenarnya akan bergantung pada gaya hidup pribadi kamu. Lalu bagaimana dengan akomodasi? Berikut tips nya untuk kamu:

 

Pilihan Akomodasi

Ketika kamu kuliah di Malaysia, kamu akan memiliki berbagai pilihan akomodasi yang tersedia untuk kamu. Pilihan kamu akan sangat bergantung pada apakah perguruan tinggi atau universitas kamu memiliki asrama mahasiswa, di kota mana kamu berada, dan jumlah keuangan bulanan kamu. 
 


Ketika kamu telah diterima di perguruan tinggi atau universitas tertentu di Malaysia, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu memerlukan akomodasi. Jangan berasumsi bahwa kamu akan secara otomatis diberikan akomodasi, tetapi sebagai aturan umum, siswa internasional akan diberikan prioritas daripada siswa lain.

 

Akomodasi Kampus

Setiap universitas dan perguruan tinggi memiliki kantor akomodasi yang berurusan dengan aplikasi dan melayani pertanyaan untuk akomodasi, jadi jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah, kamu harus menghubungi salah satu dari staf mereka. 

 

 

Kamu harus memperkirakan sekitar MYR 300-600 (Rp 1,020,209 – 2,040,419) untuk akomodasi kamu per bulan. Biaya sewa akan bervariasi tergantung pada lokasi & jenis akomodasi (tinggal di asrama kampus; atau tinggal di apartemen, dll.).

 

Harga Akomodasi

Harga akomodasi di kota-kota besar cenderung lebih mahal tetapi universitas biasanya menawarkan akomodasi di dalam kampus dengan biaya sekitar MYR 600-3000 ( IDR 2,040,419 – 10,202,096) per semester. Akomodasi di dalam kampus pada umunya berupa akomodasi tanpa fasilitas, namun ada juga yang dilengkapi dengan fasilitas bagi siswa untuk menyiapkan makanan sendiri dan mencuci pakaian sendiri. 

 

 

Beberapa universitas akan menyediakan akomodasi yang sepenuhnya dipenuhi & akan mencakup makanan dengan biaya antara MYR10-20 ( IDR 34,000 – 68,013) per siswa per hari. Sebagian besar akomodasi di kampus adalah untuk siswa internasional itu sendiri. Jika kamu membawa keluarga kamu, kecil kemungkinan kamu mendapatkan akomodasi di kampus. 

 

Akomodasi Luar Kampus

Di luar kampus, tinggal di area perumahan sangat umum di kalangan mahasiswa lokal dan internasional, karena sebagian besar area perumahan terletak tidak jauh dari kampus atau universitas. Area perumahan biasanya terdiri dari rumah (satu / dua lantai), memiliki 3 atau 4 kamar tidur bersama dengan ruang tamu, dapur, dan kamar mandi.

 

 

Apartemen

Jika kamu menyewa kamar di apartemen, pastikan kamu memeriksa apa saja yang disertakan. Pastikan untuk membaca semua dokumen dengan cermat sebelum menyewa karena mereka memiliki biaya serta syarat & ketentuan yang berbeda.

 

 

Baca juga:

6 UNIVERSITAS ASIA MASUK DALAM 10 BESAR TERBAIK DI DUNIA

10 FAKULTAS BISNIS TERBAIK DI ASIA

5 UNIVERSITAS UNGGULAN ASIA PASIFIK UNTUK PROSPEK KERJA SETELAH LULUS

 

Sumber:

http://www.studyadvisor.com.my/about_malaysia/accommodation.htm

https://www.studymalaysia.com/education/top-stories/the-cost-of-living-for-an-international-student-in-malaysia

Study in Malaysia

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.

Download

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image