Informasi penting
Belanda: Before you leave

PACKING LIST STUDI KE BELANDA

tips packing ke belanda

Kuliah di Belanda yang menyenangkan dimulai dari packing yang sempurna. Jika sudah menentukan tanggal keberangkatan, segera tentukan waktu untuk packing. Jangan terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan. 

 

Packing list studi ke Belanda tidak terlalu rumit. Kami telah menyusun packing list yang perlu kamu bawa ke Belanda dan beberapa informasi yang akan sangat bermanfaat untuk kamu.

 

Uang tambahan

 

Jika kamu memiliki tabungan, bawalah uang lebih untuk perjalanan kamu. Pertukaran IDR ke Euro tidak hanya lemah, dan Belanda tidak selalu merupakan tempat yang murah untuk hidup. Pertimbangkan setiap perjalanan yang tak terduga, petualangan bepergian spontan ke negara lain, dan kebutuhan dasar seperti keperluan pribadi, atau perlengkapan kuliah. Uang yang cukup akan memungkinkan kamu untuk mengantisipasi hal tak terduga dan akan membuat kamu benar-benar menikmati apa yang ditawarkan oleh Belanda. 

 

 

Perlengkapan hujan

 

Perlengkapan hujan artinya sepatu boot, ponco, jaket, dan celana. Hujan sering terjadi di Belanda. Ada banyak toko di Belanda yang menawarkan produk-produk perlengkapan hujan ini namun harganya cenderung mahal. 

 

 

Ransel kedap air

 

Jangan sampai lupa membawa ransel kamu ya! Ransel hampir lebih penting daripada jas hujan karena kamu akan membawa barang-barang penting di ransel mu. Kami sarankan untuk membawa ransel yang kedap air. 

 


Pakaian 

 

Cuaca di Belanda tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin meskipun kamu akan mengalami perubahan musim selama semester kamu. Karena itu, bawalah beberapa pakaian, seperti 14 pasang untuk seminggu pertama kamu disana.

 

Kamu bisa membawa t-shirt, kemeja lengan pendek, kemeja lengan panjang, long john, celana jeans, celana/rok formal, celana/rok santai, blazer, dress, jacket, dll. Jangan khawatir tentang style! Gaya hidup orang Belanda cukup santai. Kamu tidak perlu berpakaian stylist karena hujan dapat turun kapan saja, sebagian besar orang juga bersepeda, dan tidak banyak yang mengenakan pakaian "mewah" kecuali jika memang itu gaya kamu.

 

 

Topi, syal, sarung tangan, dan kaus kaki

 

Jika kamu berada di Belanda untuk semester Musim Gugur atau Musim Semi, bawalah topi, syal, sarung tangan, kaus kaki, serta pakaian hangat karena cuaca sangat dingin apalagi jika kamu mengendarai sepeda. Belum lagi jika kamu berencana melakukan perjalanan ke negara yang lebih dingin, ini akan berguna.

 

Sepatu 

 

Bawalah sepatu nyaman yang bagus untuk berbagai keperluan, seperti bersepeda, hiking, dan berjalan. Pastikan mereka tahan lama. Sekali lagi, di Belanda tidak ada yang memikirkan tentang gaya & kebanyakan orang hanya memakai sepatu kets.


 

Sandal jepit

 

Jika kamu tinggal di asrama kampus, kamu perlu sandal jepit karena kamu dapat berbagi kamar mandi dengan beberapa orang.

 

 

Powerbank

 

Dari perjalanan kamu ke Belanda, perjalanan pulang ke Indonesia, serta perjalanan ke negara lain,  powerbank adalah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Smartphone kehabisan baterai akan membuatmu mati gaya loh.

 

USB stick

 

Para profesor tidak terlalu sering menggunakan portal online. Sebagian besar tugas dikirim melalui email, tetapi ada beberapa yang membutuhkan USB untuk presentasi di kelas dan sejenisnya.

 

 

Laptop, Kamera, Smartphone

 

Bawalah laptopmu, karena akan sangat dibutuhkan untuk kegiatan perkuliahan. Selain itu, kamu tidak akan mau ketinggalan semua kenangan indah kamu selama di Belanda, kan? Jadi, bawalah kamera! Jangan lupa bawa Smartphone, karena smarphone adalah hal yang penting bagi semua orang, apalagi saat pertama kedatanganmu di Belanda, kamu akan sangat membutuhkan google maps untuk mencari alamat. 

 

Kebutuhan lain yang perlu dibawa:

  • Perlengkapan mandi

  • Skin Care & Make-Up

  • Lotion untuk tubuh yang menghidrasi dan mengandung SPF. 

  • Parfum dan deodoran.

 

 

Baca juga:

KULIAH SINGKAT KE BELANDA DENGAN BEASISWA STUNED

5 HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM KULIAH DI BELANDA

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

tips packing ke belanda