Informasi penting
Belanda: Before you leave

5 HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM KULIAH DI BELANDA

share image
214

Belanda mungkin Negara yang kecil bagi sebagian orang, tapi ketahuilah, Belanda memiliki segalanya. Dari Amsterdam hingga Rotterdam, pusat modern dengan gedung-gedung bertingkat dan perpaduan budaya, Belanda juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu dapat mengitari kota dengan bersepeda. Ada banyak hal yang dapat ditemukan di Belanda, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah belajar di sana. Inilah 5 hal yang perlu kamu ketahui sebelum belajar di Belanda: 

 

Lingkungan yang ramah

Sebagai siswa internasional di Belanda, kamu akan menyadari bahwa tinggal di Belanda relatif mudah untuk menyesuaikan diri. Bahasa Inggris dituturkan secara luas, karena Belanda menduduki posisi kedua setelah Swedia yang memiliki kecakapan tertinggi dalam bahasa Inggris. Hal ini menciptakan ruang yang bagus untuk siswa internasional. Setiap kota di Belanda berbeda, dan kamu dapat memilih pengalaman yang paling cocok untuk kamu. Banyak siswa internasional yang menginginkan tinggal di kota besar di Belanda, namun jika kamu mencari pengalaman kampus yang berbeda, masih ada banyak pilihan, belajar di Universitas Teknologi Delft misalnya, yang memiliki salah satu kampus terbesar di seluruh dunia! Jadi, apa pun yang kamu cari, kemungkinan besar kamu bisa menemukannya di Belanda.

 

 

Pengalaman pendidikan yang unik

Belajar di Belanda berarti banyak belajar sendiri dan disiplin dengan diri sendiri, karena dosen tidak ada di sana untuk mengingatkan kamu untuk melakukan pekerjaan kamu. Sebagai gantinya, mereka memfasilitasi diskusi di kelas dan memandu proses. Ini berlaku untuk program Sarjana dan Master.

 

Pasar Lowongan Kerja

Tahukah kamu? Belanda memiliki tingkat pengangguran yang rendah loh! Hanya 3,6% dari seluruh penduduknya dan banyak perusahaan ingin mempekerjakan lulusan baru dari universitas-universitas di  Belanda. 

 

 

Visa

Sebagai siswa internasional khususnya dari Indonesia, kamu tentu membutuhkan visa untuk belajar di Belanda. Untuk masa tinggal jangka pendek, Kamu memerlukan Persyaratan Izin Tinggal Provinsi, atau dikenal sebagai MVV, ini adalah visa masuk yang akan kamu butuhkan bahkan jika kamu sedang mengejar gelar penuh di Belanda. Begitu tiba di Belanda, kamu harus mengajukan permohonan izin tinggal melalui universitas kamu. 

 


 

Biaya hidup di Belanda

Bergantung pada lokasi, kamu akan menghabiskan antara € 800 dan € 1200 setiap bulan. Amsterdam berada di posisi teratas biaya hidup termahal dan Groningen dan Enschede di posisi termurah. Jika kamu hidup sendiri, sekitar € 170 sebulan akan digunakan untuk membeli makanan. Lidl, Aldi dan Albert Heijn adalah tempat yang termurah untuk membeli bahan makanan. Tempat tinggal kamu juga akan menentukan biaya yang akan kamu keluarkan setiap bulannya.

 

 

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image