Informasi penting
Belanda: Before you leave

TIPS AKOMODASI DI BELANDA

tips bagi mahasiswa untuk mencari akomodasi di belanda

Mencari akomodasi selama kuliah di Belanda boleh di kata susah-susah gampang. Kesulitan itu semakin tinggi jika dilakukan dari Indonesia. Menemukan penyewa yang tepat adalah syarat mutlak. Siswa internasional kerap kali mengalami kesulitan dalam menemukan tempat tinggal yang cocok di Belanda. Berikut adalah tips akomodasi di Belanda yang telah kami rangkum untuk kamu.

 

 

Akomodasi Universitas

 

Salah satu aspek kehidupan siswa internasional yang pertama dan paling penting adalah memiliki tempat tinggal. Mencari tempat tinggal untuk siswa internasional di kampus sangat memungkinkan karena akomodasi kampus biasanya diperuntukkan bagi siswa tahun pertama.

 

 

Banyak universitas Belanda yang memiliki asrama. Kamu cukup mencari 'akomodasi' pada situs web universitas kamu, dan kamu dapat yakin bahwa mereka memiliki beberapa rekomendasi tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan kamu di universitas mereka. 

 

Perumahan

 

Tidak ada universitas yang dapat menampung semua siswanya. Jika kamu tidak dapat tinggal di asrama, kamu masih bisa mendapatkan bantuan dengan mencari perumahan. Ada beberapa  universitas yang bekerjasama dengan agen perumahan di kota untuk menyediakan akomodasi untuk siswa internasional. Mungkin karena mereka menyadari betapa sulitnya menemukan tempat yang layak untuk tinggal ketika kamu tidak terbiasa dengan negara yang baru. Sebaiknya hubungi universitas mu untuk melihat opsi apa yang tersedia untuk kamu. 

 

 

Agen perumahan

 

Kurangnya perumahan berbasis universitas telah membuka jalan bagi agen untuk menawarkan tempat tinggal untuk siswa internasional. Ini adalah opsi yang sempurna jika kamu menginginkan langkah bebas gangguan. Kamar-kamar sudah full furnish jadi yang harus kamu bawa hanyalah kebutuhan pribadi kamu. Beberapa agen terbesar adalah SSH (aktif di banyak kota, termasuk Rotterdam dan Utrecht) dan DUWO (aktif  di Amsterdam dan  Den Haag).

 

 

 

Pilihan populer lainnya

 

The Student Hotel merupakan perpaduan hotel reguler dan perumahan siswa jangka panjang yang hadir di banyak kota besar di Belanda dan luar negeri. Meskipun kehidupan siswa di The Student Hotel sangat bagus, biayanya tentu jauh lebih mahal daripada pilihan akomodasi lainnya yang telah kami uraikan di atas.


 

 

Pertama dan paling penting adalah kamu harus mulai mencari akomodasi lebih awal. Selain itu, sebagai siswa internasional di tahun pertama penting untuk menjaga ekspektasi kamu. Sesuaikan akomodasi kamu dengan budget yang kamu miliki. Tidak apa-apa memilih kamar yang berukuran kecil dengan tempat tidur & lemari kecil untuk bulan pertama hingga setahun. 

 

Selain itu, jangan mengabaikan penyewaan jangka pendek. Memilih akomodasi penyewaan jangka pendek dapat membuat kamu memiliki banyak peluang untuk mengunjungi dan mencoba beberapa tempat tinggal lain di Belanda yang cocok untuk kamu, hal ini bisa sangat menguntungkan daripada terikat pada kontrak di satu tepat selama bertahun - tahun. 

 

 

Baca juga:

KULIAH SINGKAT KE BELANDA DENGAN BEASISWA STUNED

5 HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM KULIAH DI BELANDA

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

tips bagi mahasiswa untuk mencari akomodasi di belanda