Informasi penting
Selandia Baru: Keuangan

BERKENALAN DENGAN NEW ZEALAND ASEAN SCHOLARSHIPS

share image
7683

Selain dikenal dengan pemandangannya yang indah, Selandia Baru juga memiliki reputasi sebagai penyedia pendidikan tinggi berkualitas internasional. Negara ini hanya memiliki 8 universitas dan semua universitas tersebut masuk dalam peringkat 500 besar di QS World University Rankings 2020. Kelebihan lain Selandia Baru adalah tingkat kejahatannya yang rendah dan masyarakatnya yang bisa menerima berbagai kebudayaan dengan tangan terbuka. Jadi lingkungannya pasti aman dan kondusif untuk pelajar internasional.

 

Nah, kalau kamu berminat kuliah di Selandia Baru tapi masih belum punya sumber pendanaan, ada banyak beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Kali ini, Hotcourses Indonesia akan menjelaskan tentang beasiswa dari pemerintah Selandia Baru yang terbuka untuk pelajar Indonesia: New Zealand ASEAN Scholarships (NZAS). Beasiswa ini cukup menarik karena proses pendaftarannya tidak perlu melampirkan hasil tes bahasa Inggris dan tidak harus memiliki LoA. Jika berhasil mendapatkan beasiswa, pihak penyedia NZAS akan mendaftarkanmu di perguruan tinggi yang sesuai dengan pilihanmu di formulir pendaftaran. Namun untuk pelamar beasiswa yang ingin mengambil program S3/PhD, diwajibkan memiliki Letter of Support/email dari staf pengajar yang menyatakan kesediannya menjadi pembimbingmu.

 

 

Apa Latar Belakang New Zealand ASEAN Scholarships (NZAS)?


Beasiswa untuk studi S2 & S3 ini diberikan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT) Selandia Baru dengan tujuan membentuk calon-calon pemimpin yang berkualitas dari negara-negara ASEAN. Dengan dukungan NZAS, para penerima beasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang bermanfaat bagi negara asalnya. Informasi lebih lanjut mengenai latar belakang NZAS bisa kamu lihat di sini.

 

 

Apa Persyaratan Untuk Mendaftar NZAS Bagi WNI?


Persyaratan untuk melamar NZAS adalah sebagai berikut:

 

  1. Usia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki status kewarganegaraan Indonesia.
  3. Tidak memiliki kewarganegaraan atau status penduduk tetap di negara-negara berikut: Selandia Baru, Israel, Korea Selatan, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, Inggris, Kanada, Qatar, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.
  4. Telah menetap di Indonesia setidaknya dua tahun atau lebih pada saat melamar beasiswa.
  5. Bukan anggota militer.
  6. Memenuhi semua persyaratan imigrasi untuk visa pelajar Selandia Baru.
  7. Memenuhi semua persyaratan akademis (termasuk kemampuan berbahasa Inggris) untuk mengikuti program studi pilihan.
  8. Berkomitmen kembali ke Indonesia minimal dua tahun setelah beasiswa berakhir untuk memberikan kontribusi bagi negara.
  9. Memiliki pengalaman kerja purnawaktu minimal 1 tahun (2 tahun untuk kerja paruh waktu) yang relevan dengan jalur karir/kualifikasi yang dimiliki.
  10. Jika pelamar sudah pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Selandia Baru dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, maka pelamar harus bisa membuktikan bahwa ia tidak pernah diberhentikan dari program beasiswa tersebut karena hasil akademis yang buruk atau pelanggaran kontrak beasiswa.

 


Biaya Apa Saja Yang Ditanggung NZAS?


Pendanaan yang diberikan oleh NZAS meliputi hal-hal berikut:

 

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup per minggu sebesar 491 NZD.
  3. Biaya awal berupa biaya buku dan bahan studi lainnya sebesar 3000 NZD
  4. Asuransi kesehatan
  5. Tiket pesawat pada awal dan akhir masa perkuliahan. Untuk mahasiswa yang mengambil program lebih dari 2 tahun, beasiswa ini juga menyediakan tiket PP ke Indonesia untuk reuni dengan keluarga.
  6. Asuransi perjalanan.
  7. Biaya penelitian dan tesis untuk mahasiswa pascasarjana.
  8. Biaya pembuatan visa pelajar.
  9. Biaya medical check-up.
  10. Biaya tes IELTS (Biaya ini diberikan untuk pendaftar yang lolos tahap wawancara namun belum mengambil tes IELTS/skor tes bahasa Inggris yang dimiliki belum memenuhi syarat. Sementara itu, pendaftar yang telah mengambil tes bahasa Inggris secara mandiri sebelum mendaftar beasiswa ini akan mendapatkan penggantian biaya tes).
  11. Pelatihan bahasa Inggris untuk pendaftar yang lolos tahap wawancara.


 

 


Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar NZAS?


Kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen berikut:

 

  1. Fotokopi ijazah perguruan tinggi resmi yang dilegalisir dan terjemahannya dalam bahasa Inggris.
  2. Fotokopi transkrip nilai perguruan tinggi yang dilegalisir dan terjemahannya dalam bahasa Inggris.
  3. Bukti kewarganegaraan (KTP atau paspor).
  4. Surat rekomendasi dari pimpinan atau atasan.
  5. Jika sudah pernah mengambil tes IELTS/TOEFL/PTE/CAE dalam kurun waktu 12 bulan sebelum mendaftar NZAS, kamu bisa menyertakan salinan sertifikat tes tersebut (Nilai minimal: IELTS 6.5, TOEFL iBT 90, PTE 58 dan CAE 176). Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dokumen ini tidak wajib disertakan karena NZAS akan menanggung biaya tes IELTS bagi pendaftar yang telah lolos tahap wawancara.


Persyaratan dokumen ini tentunya bisa berubah tiap tahunnya, jadi jangan lupa memeriksa ulang daftar berkas yang kamu perlukan saat pendaftaran beasiswa ini dibuka.

 

Apakah NZAS Memiliki Daftar Prioritas Tertentu?


Khusus untuk Indonesia, NZAS akan memprioritaskan pelamar yang berasal dari kawasan Indonesia Timur, seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,  Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

 

Selain itu, bidang-bidang keilmuan yang menjadi prioritas utama NZAS untuk Indonesia adalah:

  1. Pengembangan pertanian (Agriculture development)
  2. Energi terbarukan (Renewable energy)
  3. Manajemen risiko bencana (Disaster risk management)
  4. Pengelolaan sektor publik (Public sector management)
  5. Pengembangan sektor swasta (Private sector development)

 


Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Dibuka?


Biasanya pendaftaran NZAS dibuka pada awal bulan Februari dan ditutup pada bulan Maret tiap tahunnya. Untuk tahun 2020, pendaftaran akan dibuka tanggal 1 Februari pada jam 00.01 dan ditutup tanggal 28 Februari pada jam 12.00 (waktu Selandia Baru)

 

 

Bagaimana Proses Pendaftaran Beasiswa Ini?


Pendaftaran NZAS hanya bisa dilakukan online di link ini. Pertama-tama, kamu akan diminta mengisi kuesioner untuk mengetahui apakah kamu memenuhi syarat untuk beasiswa ini. Kalau dinilai memenuhi syarat, kamu akan mendapatkan Eligibility Code (kode kelayakan).

 

Di tahap selanjutnya, kamu akan diminta membuat akun di RealMe (Sistem verifikasi identitas online milik pemerintah Selandia Baru). Kamu memerlukan akun ini dan kode kelayakan untuk bisa mendapatkan akses ke formulir pendaftaran online NZAS.

 

Setelah mendapat akses ke formulir pendaftaran, kamu tinggal mengisi formulir dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran.

 

 

Apa Saja Tahapan Yang Dilalui Untuk Mendapatkan NZAS?


Setelah mendaftar, semua berkas aplikasimu akan melalui proses penyaringan terlebih dahulu. Kalau lolos tahap penyaringan, kamu akan diminta mengikuti tes psikometri dan dilanjutkan dengan wawancara.

 

Setelah lolos tahap wawancara, pendaftar yang belum mengambil tes bahasa Inggris/nilai tesnya belum mencukupi akan dibiayai untuk mengikuti IELTS. Sebelum keberangkatan, para penerima beasiswa juga diminta mengikuti kelas persiapan bahasa Inggris.

 

Untuk mendapatkan gambaran tahapan-tahapan beasiswa ini, simak pengalaman Hikmah N. I. Ruszaini mendaftar dan kuliah di Selandia Baru dengan pendanaan dari NZAS:

 

 

 

Bagaimana? Sudah yakin mau mengambil beasiswa ini untuk kuliah di Selandia Baru? Langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah mendaftar untuk konsultasi GRATIS dengan konsuler IDP mengenai beasiswa ini dan universitas Selandia Baru mana yang cocok untukmu. Semoga berhasil!

 

 

 

Sumber:

Mfat.gov.nz

Schoters.com

Beasiswapascasarjana.com

Coba lihat...

Mencari jurusan

Selandia Baru
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

author image