Informasi penting
Korea Selatan: Keuangan

BEASISWA S1 DI KAIST

share image

Kalau kamu sedang mempertimbangkan kuliah di Korea Selatan, pasti kamu sudah sering melihat KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) di daftar universitas-universitas terbaik di negara tersebut. Didirikan pada tahun 1971, KAIST adalah institusi pendidikan teknik dan sains pertama di Korea Selatan yang berorientasi pada penelitian. Sebagai hasil dari banyaknya penelitian yang dilaksanakan di institusi ini, KAIST telah menjadi pemegang 6.000 hak paten domestik dan 800 hak paten internasional. Tingkat pendidikan di KAIST juga tidak perlu diragukan lagi, karena staf pengajar di KAIST dikenal memiliki kualifikasi dan pengalaman terbaik.

 

Salah satu keuntungan berkuliah di KAIST bagi mahasiswa internasional adalah semua kelasnya diajar menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, hampir 100% alumni KAIST mendapat pekerjaan di perusahaan-perusahaan ternama seperti Samsung, LG dan Hyundai hanya dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. Para alumni institut ini yang terjun ke bidang penelitian juga berhasil memasuki universitas-universitas ternama, seperti MIT, CalTech dan UCLA. 

 

Untuk kamu tertarik kuliah di KAIST tapi masih terbentur masalah biaya, tersedia beasiswa untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu gunakan untuk kuliah S1 di sana. Hotcourses Indonesia akan memberikan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Apa Latar Belakang Beasiswa Ini?

 

KAIST mengadakan program beasiswa ini untuk membina mahasiswa internasional yang berprestasi dalam bidang sains agar mereka bisa berkontribusi pada masyarakat dan negara.

 

 

Apa Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Ini?

 

Untuk mengajukan beasiswa ini, pendaftar harus memenuhi semua persyaratan berikut:

  • Telah lulus SMA.

  • Tidak memiliki kewarganegaraan Korea Selatan.

  • Bila pendaftar berasal dari Korea Selatan atau merupakan anak dari warga negara Korea Selatan, maka pendaftar harus bisa membuktikan bahwa ia telah menjalani pendidikan SD, SMP dan SMA di luar Korea Selatan pada tingkat yang setara dengan pendidikan di Korea. (Sekolah internasional yang berlokasi di Korea Selatan TIDAK diakui sebagai sekolah asing)

  • Memenuhi syarat kemampuan berbahasa Inggris. Berikut adalah daftar tes kemahiran bahasa Inggris yang diterima KAIST dan skor yang direkomendasikan: TOEFL iBT minimal 83 / TOEFL PBT minimal 560 (versi lama) atau 63 (versi baru) / TOEFL CBT minimal 220 / IELTS minimal 6,5 / TOEIC Listening & Reading minimal 720.

  • Bila diterima, pendaftar harus mempertahankan IPK di atas 2,7 untuk tetap menerima beasiswa.

  • Setelah diterima sebagai mahasiswa KAIST, pendaftar harus memiliki sertifikat TOPIK II (Intermediate-Advanced Level) sebagai syarat kelulusan.

 

 


Apakah Beasiswa Ini Memiliki Prioritas Bidang Studi?

 

Beasiswa ini bisa digunakan untuk semua program studi S1 yang ditawarkan KAIST.

 

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?

 

Beasiswa ini menanggung biaya-biaya berikut:

  • Biaya kuliah selama 8 semester.

  • Biaya tunjangan hidup sebesar 350.000 KRW tiap bulannya.

  • Biaya asuransi kesehatan nasional.

Sebagai catatan, beasiswa ini tidak menanggung biaya akomodasi dan tiket PP ke Korea Selatan.

 

 

Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Dibuka?

 

Pendaftaran beasiswa ini sudah terpadu dengan proses pendaftaran mahasiswa internasional tingkat sarjana (tidak perlu mengajukan beasiswa secara terpisah). Untuk mengetahui jadwal pendaftaran terkini di KAIST, kamu bisa langsung lihat di sini.

 

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan?

 

Kamu perlu mempersiapkan berkas-berkas berikut:

  1. Formulir pendaftaran.

  2. 1  (satu) surat rekomendasi dalam bahasa Inggris atau Korea dari wali kelas/ pembimbing akademik / guru Matematika/Sains. Dokumen ini harus diunggah sendiri oleh sang penulis surat ke situs pendaftaran mahasiswa KAIST.

  3. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolahmu atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil ini bisa berupa brosur/website resmi sekolah atau informasi relevan yang memungkinkan panitia seleksi mengenal sekolahmu.

  4. Salinan transkrip Nilai/Rapor SMA/SMK/Sederajat.

  5. Hasil tes kemahiran bahasa Inggris yang masih berlaku saat mendaftar (daftar tes yang diterima KAIST dan skor yang direkomendasikan telah disebutkan di atas)

  6. Salinan hasil nilai Ujian Nasional beserta penjelasan sistem penilaian UN.

  7. Salinan bukti kewarganegaraan pendaftar (bisa berupa KTP atau paspor)

  8. Formulir Statement of Financial Resources yang menyatakan bahwa pendaftar ingin dipertimbangkan sebagai penerima KAIST Scholarship. Formulir ini adalah bagian dari formulir pendaftaran.

  9. Salinan sertifikat penghargaan atau prestasi (tidak wajib)

 

Seluruh dokumen di atas wajib di-scan dalam ukuran A4. Pastikan bahwa dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah (transkrip nilai, hasil nilai UN, profil sekolah) telah dilegalisir oleh pihak sekolahmu. Dokumen-dokumen dalam bahasa Indonesia perlu disertai dengan terjemahan dalam bahasa Inggris yang dikerjakan oleh seorang penerjemah tersumpah.

 

 

Komunitas mahasiswa internasional di KAIST

(Sumber foto: International Office KAIST)

 


Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Ini?

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengajuan beasiswa ini sudah terpadu dengan proses pendaftaran S1 mahasiswa internasional. Prosedurnya adalah sebagai berikut:
 

  1. Baca bagian 'Guideline for the Current (or Upcoming) Application' di link ini dengan seksama.

  2. Klik link ini untuk membuat akun baru. Akun ini dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran.

  3. Isi formulir pendaftaran dengan selengkap mungkin dan simpan formulir tersebut. Untuk dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa dari KAIST, pendaftar harus memilih “KAIST Scholarship” sebagai sumber pembiayaan kuliah di bagian Statement of Financial Resources dalam formulir pendaftaran.

  4. Pendaftar akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar 80.000 KRW yang bisa dibayar via transfer bank atau kartu kredit. Biaya tambahan seperti biaya transfer bank harus ditanggung oleh pendaftar. Setelah pembayaran ini dilakukan, pendaftar tidak bisa mengubah isi formulir pendaftaran atau membatalkan proses pendaftaran.

  5. Setelah pembayaran diterima, pendaftar bisa mengakses halaman untuk mengunggah dokumen. Selain itu, wali kelas / pembimbing akademik / guru Matematika/Sains yang diminta untuk menulis surat rekomendasi untuk pendaftar akan menerima email berisi link untuk mengunggah surat rekomendasi.

  6. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan. Pastikan hasil scan semua dokumen yang akan diunggah bisa terbaca dengan jelas. Periksa kembali untuk memastikan semua dokumen yang diperlukan telah sukses terunggah. 

  7. Pastikan penulis surat rekomendasi mengunggah dokumen tersebut sebelum deadline. Setelah surat rekomendasi ini diunggah, maka proses pendaftaranmu dianggap telah lengkap.


Kalau kamu kesulitan melakukan pendaftaran online, kamu bisa mengirimkan berkas-berkas pendaftaran via pos ke alamat berikut:

 

Undergraduate Admissions Team, Office of Admissions, KAIST
#102, Yang Boon Soon Bld. (E16-1)
291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea
Tel: (+82-42) 350-4803

 

Khusus untuk surat rekomendasi, panitia seleksi tidak menerima hard copy via pos. Surat tersebut harus diunggah lewat link yang akan dikirimkan ke wali kelas / pembimbing akademik / guru Matematika/Sains yang menuliskan surat rekomendasi untuk pendaftar. Panitia seleksi juga tidak akan mengembalikan semua dokumen yang dikirimkan via pos.

 


Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

Saat melakukan seleksi, pihak KAIST akan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti prestasi akademik pendaftar (terutama di bidang matematika dan sains), potensi, keterampilan interpersonal, prestasi pribadi, integritas dan pengalaman kepemimpinan. Jika panitia seleksi merasa perlu melakukan sesi wawancara untuk membantu mengambil keputusan, maka pendaftar akan dihubungi untuk mengatur jadwal wawancara (tidak semua mahasiswa internasional yang diterima harus melewati sesi wawancara ini). Hasil seleksi bisa dilihat di link ini.

 

Kalau masih ingin mencari informasi tambahan mengenai KAIST atau beasiswa ini, kamu bisa langsung klik link ini.


Untuk kamu yang ingin tahu suasana di KAIST, coba tonton video tur kampus KAIST berikut yang dipandu oleh Dilla:

 

 

Masih ingin mencari universitas-universitas terbaik lain di luar negeri yang memiliki program beasiswa? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas yang tepat untukmu.

 

 

Sumber:

Greatyop.com

IndBeasiswa.com

Wikipedia.org

Mencari jurusan

Korea Selatan
Sarjana