Informasi penting
Inggris: Before you leave

BIAYA HIDUP SISWA INTERNASIONAL DI INGGRIS

BIAYA HIDUP SISWA INTERNASIONAL DI INGGRIS

Kami telah melakukan penelitian dan menganalisis semua biaya yang terkait dengan memilih untuk belajar di Inggris. Angka-angka mewakili rata-rata dan dapat bervariasi sesuai dengan tempat kamu belajar, jenis akomodasi yang dipilih, serta gaya hidup. 

 

 

Akomodasi

 

Ketika belajar di UK, siswa memiliki berbagai pilihan akomodasi untuk dipilih. Ini berarti bahwa biaya dapat sangat berbeda tergantung pada jenis akomodasi. Selain itu, London umumnya memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota lain di Inggris. Dengan mengingat hal tersebut di atas, kami telah melihat dua jenis akomodasi utama yang tersedia bagi siswa, yaitu asrama universitas dan perumahan pribadi. Ini selanjutnya dibagi menjadi biaya rata-rata di London dan untuk lokasi lain di Inggris.

 

 

  • Tempat tinggal / asrama universitas

Mayoritas universitas dan institusi di Inggris memberikan siswa pilihan untuk tinggal di kampus di asrama atau di akomodasi universitas yang terletak dekat dari kampus. Akomodasi yang tersedia dapat berbeda dari kamar bersama di aula tempat tinggal hingga kamar pribadi dengan kamar mandi en suite. Selain itu, beberapa akomodasi siswa akan menyediakan katering, yang merupakan bagian dari biaya, yang berarti siswa tidak perlu terlalu menekankan tentang belanja bahan makanan dan tagihan makanan. 

 

 

  • Sewa pribadi

Siswa memiliki pilihan untuk menyewa apartemen atau rumah sambil belajar di Inggris. Poin penting yang perlu diingat adalah bahwa sewa untuk akomodasi sewaan, bahkan perjanjian jangka pendek, sebagian besar selhanya ama 52 minggu, sementara istilah universitas umumnya berlangsung lebih dari 38 hingga 42 minggu. Salah satu cara untuk meringankan dan mengelola biaya adalah dengan menandatangani perjanjian berbagi flat / rumah dengan siswa lain. Tidak hanya cara ini untuk menghemat uang, ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk bertemu orang-orang baru dan mengenal sesama siswa.

 

Ada biaya tambahan untuk dipertimbangkan saat menyewa secara pribadi, seperti tagihan utilitas untuk energi dan air, WiFi, makanan, dan perjalanan. Kadang-kadang ada kemungkinan tagihan listrik termasuk dalam sewa keseluruhan dengan tarif tetap.

 

Salah satu faktor yang tidak dapat dihilangkan ketika membahas penyewaan pribadi adalah pajak dewan, sering membuat biaya melonjak. Pajak dewan di Inggris dibebankan oleh otoritas lokal untuk layanan seperti pengumpulan sampah, pengelolaan limbah, dan pemeliharaan. 


 

Makanan

 

Tip yang berguna adalah membuat rencana makan dan jadwal yang memungkinkan daftar belanja prioritas yang jelas, membantu menghindari pembelian impulsif yang pasti akan menghabiskan anggaran.

 

Siswa juga dapat membeli susu dan makanan kaleng, dalam jumlah besar yang seringkali berarti menghemat uang karena ada potongan harga. Cara yang baik untuk berhemat adalah dengan berbelanja di toko-toko yang lebih besar atau online, daripada toko-toko ekspres (convenience store), yang cenderung lebih mahal. 

 

 

 

Transportasi

 

Berkeliling dengan cepat, efisien, dan dengan biaya yang murah adalah keharusan bagi siswa. Biaya transportasi memang berbeda dari kota ke kota dan juga tergantung pada bentuk transportasi yang digunakan. Cara termurah untuk berkeliling, selain berjalan dan bersepeda, adalah bus dan kereta. Siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon dan harga khusus untuk bus dan kereta.

 

Sebagian besar kota di Inggris memiliki sistem transportasi yang menggunakan kartu perjalanan dari berbagai jenis. Beberapa kartu bekerja dengan model pay-as-you-go dengan setiap perjalanan mengurangi kredit dari saldo keseluruhan.

 

 

Hiburan

 

Bagian tak terpisahkan dari pengalaman siswa adalah dapat menikmati waktu luang dan memiliki kesempatan untuk bersosialisasi. Terapat  beberapa diskon siswa yang besat untuk beberapa hiburan. 

 

 

Konektivitas, komunikasi dan TV

 

Kebutuhan mungkin berbeda dari satu siswa ke siswa lainnya, namun ada beberapa hal penting yang sebagian besar siswa inginkan. Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman adalah prioritas, artinya data seluler dan WiFi akan menjadi kebutuhan utama. Mendapatkan kartu dan paket SIM bukanlah proses yang terlalu rumit atau sulit, dengan beragam penyedia layanan untuk dipilih. Melakukan sedikit riset tentang penawaran apa yang tersedia selalu merupakan langkah bijak.

 

 

 

Baca juga:

BERAPA KISARAN BIAYA KULIAH DI LUAR NEGERI? - UPDATE 2020 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD