Informasi penting
Inggris: Before you leave

PENGALAMAN KULIAH JURUSAN HUKUM LINGKUNGAN DI INGGRIS

share image
544

Seperti apa rasanya kuliah di Inggris? Menurut Mbak Mbak Indira Pratiwi, alumni dari Jurusan Hukum Lingkungan dari Queen Mary University of London, kuliah di Inggris tidaklah susah jika kita sudah mencari informasi sebelumnya. Dan informasi-informasi tersebut mudah ditemukan di internet, terutama di situs resmi universitas. Mari kita dengar cerita lengkapnya…

 

 

Jurusan apa yang kamu ambil dan mengapa kamu memilih jurusan tersebut?

 

Karena sewaktu kuliah S1 saya memilih jurusan hukum, saya memutuskan untuk mengambil S2 bidang hukum lingkungan, yang hanya berdurasi 1 tahun. Dengan banyaknya isu lingkungan di sekitar kita, saya harap dengan mempelajari ilmu tersebut dapat memberikan kontribusi pada saat bekerja nantinya.

 

 

Bagaimana kesanmu begitu tiba di kampus? Apakah sama dengan seperti yang kamu bayangkan sebelumnya? Atau apakah ada hal-hal yang di luar dugaan?

 

Foto dan realita semua sama dengan yang saya lihat di website/internet. Mahasiswa internasional sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir dengan lingkungan baru, karena sebelum tiba di kampus, pihak universitas sudah memberikan keterangan lengkap mengenai cara menuju kampus.

 

 

Apa yang kamu sukai tentang QUML?

 

QMUL termasuk salah satu universitas dalam Russel group ( yang merepsentasikan 24 Universitas terbaik di Inggris), Selama kuliah  dosen selalu memberikan dukungan dan waktu untuk berdiskusi apabila mahasiswa mengalami kesulitan. Administrasi di kampus juga sangat efektif dan efisien sehingga mahasiswa dapat belajar dengan optimal. Saya akan merekomendasikan QUML kepada semua orang.

 

KLIK UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG QUML

 

 

Apa beda penyampaian pelajaran di Inggris dengan Indonesia? Apakah kamu bisa langsung menyesuaikan diri?

 

Sangat berbeda, di Inggris cara belajar lebih mandiri, kita sebagai pelajar dituntut untuk belajar sendiri atau dengan membentuk grup belajar, selain mendengar perkuliahan dari dosen. Saya memerlukan sekitar 1 bulan untuk menyesuaikan diri.

 

 

Bagaimana dengan kehidupan di sana? Apa yang kamu sukai dan apa yang membuatmu merasa susah beradaptasi?

 

Hmm..saya tidak menemukan kesulitan yang berarti selama menjalani kuliah. Yang saya sukai di Inggris adalah mahasiswa internasional diijinkan bekerja part-time. Dan dengan hasil kerja part-time selama kuliah, saya bisa membiayai sendiri liburan ke Eropa. Rasanya sesuatu banget.

 

 

Apakah susah bagi mahasiswa internasional untuk bekerja sambilan?

 

Tidak sama sekali, karena kerja sambilan sangat fleksibel waktunya. Kerja sambilan bisa berupa part time di restaurant, atau di kampus sebagai admin atau student union. untuk part time di kampus, ada career centre yang memberikan infomasi lowongan pekerjaan part time.

 

 

Menurutmu, apa dampak positif yang kamu rasakan dari berkuliah di luar negeri?

 

Saya menjadi lebih mandiri, lebih terbuka dan apresiatif terhadap keanekaragaman lingkungan sekitar.

 

 

Apa persiapan yang menurutmu perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk kuliah ke luar negeri? Khususnya untuk para pelajar Indonesia?

 

Harus banyak riset tentang mata kuliah dan kampus yang diinginkan. Sebaiknya mengetahui fasillitas apa saja yang tersedia di kampus, bukan hanya yang bisa kita manfaatkan sewaktu kuliah, tetapi juga beragam fasilitas dan layanan yang bisa membantu perkembangan kita setelah lulus. Misalnya,  di QMUL tersedia pusat karir yang dapat membantu para mahasiswa internasional yang ingin bekerja di Inggris setelah lulus kuliah.

 

 

Apakah susah mendaftar ke universitas di Inggris? Apakah dengan memenuhi semua persyaratan masuk sudah cukup menjamin untuk diterima universitas?

 

Tidak, karena informasi diberikan di situs universitas sangat lengkap. Untuk pertanyaan kedua tidak ada jaminan,  karena kompetisi sangat tinggi apalagi untuk universitas top 10. Personal statement sangat penting sebagai dokumen pendukung agar diterima di universitas yang diinginkan.

 

 

 

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image