Informasi penting
Inggris: Kehidupan Pelajar

KULIAH HUBUNGAN INTERNASIONAL DI UK - INTERVIEW SISWA

KULIAH HUBUNGAN INTERNASIONAL DI UK - INTERVIEW SISWA

Mengambil gelar master di UK pada jurusan hubungan internasional mungkin menjadi mimpi bagi sebagian orang. Namun, Agung Adi Nugraha sudah berhasil merasakan serunya hal tersebut. Simak hasil wawancara tim HCID bersama Agung yang bercerita pengalaman dia selama mengambil master hubungan internasional di Leeds Beckett University.


 

Pengalaman kuliah HI (Hubungan Internasional) di Luar Negeri

 

Sangat berbeda HI di Indonesia dan LN, karena ketika mengambil jurusan HI kita juga bisa memilih fokusnya. Pilih HI di kampus sangat beragam, seperti international development, political economy, keamanan global. Aktivitas di kampus menawarkan sesuatu yang baru, karena kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk social development. 

 

 

 

Setiap tahun kita mempersiapkan festival piliti, seperti seminar2 yang su2nya dunia politik, global. HI disini memiliki pola yang berbeda, kita lebih diarahkan untuk menerapkan ilmu untuk menganalisa isu-isu yang sedang terjadi.

 

 

 

Apa added value selama kuliah HI di luar negeri?

 

Kuliah HI di luar negeri merupakan pengalam unik tersendiri, karena di kampus/kelas saya satu-satunya siswa dari Asia Tenggara. Mempelajari budaya lain menjadi kelebihan saat kuliah HI disini. Saya bisa memupuk kepercayaan diri, karena di jurusan HI kita dituntut untuk mengungkapkan pendapat kita dan aktif. 

 

Dosen dan akademik sangat memfasilitasi siswa. Hampir setiap satu minggu sekali kami mengadakan pertemuan. Mulai dari makan bareng dengan dosen dan siswa lain, pernah juga melakukan kegiatan fundraising. 

 

 

 

Modul yang diberikan juga sangat beragam dan lanjutan, ada elemen dimana kita dituntut untuk menerapkan teori HI ke isu-isu aktual, kita dituntut untuk memiliki daya analisis yang tajam. Dosen juga selalu terbuka dan peluang diskusi selalu ada.


 

Apa pengalaman seru tinggal dan belajar di kota Leeds?

 

Saya suka sejarah dan menikmati kondisi kota yang tidak terlalu ramai dan touristy. Leeds memiliki daya tarik tersendiri, terlebih suasana country side. Kampus saya juga memiliki gaya Victorian dan ini yang menjadi daya tarik. Olahraga dan sepakbola juga salah satu minat saya, dan Leeds juga menawarkan aura kompetisi yang menyenangkan. 

 

 

 

Leeds juga memiliki lokasi yang strategis, karena dekat untuk pergi kemana-mana. Jika memiliki hobi traveling, Leeds sangat cocok untuk ditinggali siswa internasional. Perpaduan modern dan klasik juga yang menjadikan Leeds menarik untuk saya. Biaya hidup di Leeds juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan London.

 

Karena kampus saya letaknya sangat strategis, manajemen waktu juga lebih fleksibel. Sangat mudah untuk mencari inspirasi dan ketenangan dengan melihat hal-hal diluar kampus yang untuk menjangkaunya tidak memakan waktu banyak, sehingga lebih efisien.

 

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Wajib dibaca

article Img

DAPAT BEASISWA INGGRIS SAMBIL MEMBAWA KELUARGA

Hotcourses Indonesia sangat senang dapat mengundang Bapak Asep Setiawan , jurnalis radio BBC London, sebagai blogger tamu Hotcourses bulan ini. Sebagai alumni Birmingham University dengan pengalaman tinggal dan kerjanya yang sudah lama di Inggris, Bapak Asep mengulas tentang apa yang patut diperhatikan bagi mahasiswa yang ingin membawa keluarga saat menerima beasiswa atau hendak kuliah di Inggris .   Bagi penerima beasiswa yang sudah berkeluarga,

22.4K
article Img

TUJUAN WISATA: SCOTLAND (SKOTLANDIA)

Inggris Raya (atau Britania Raya) adalah salah satu tujuan terfavorit di dunia bagi siswa internasional. Alasan terbesar untuk kepopuleran tersebut tidak lain dari banyaknya ragam pilihan pariwisata yang tersedia. Dengan infrastruktur transportasi yang sangat memadai dan berbagai atraksi, pemandangan dan bunyi, Inggris merupakan tempat kunjungan terbaik dan lingkungan belajar yang terkemuka. Dalam artikel ini, editor mahasiswa Hotcourses internasional – Nuannat

4.3K