Informasi penting
Inggris: Kehidupan Pelajar

MEMAHAMI SISTEM PENDIDIKAN DI INGGRIS - CERITA DARI ANINDYA KUSUMA PUTRI

memahami sistem pendidikan di Inggris

Ingin tahu seputar sistem edukasi yang ada di Inggris? Berikut bocorannya dari Anin yang saat ini sedang berkuliah di London!

 

Apakah banyak perbedaan antara sistem edukasi di Indonesia dengan di Inggris?

Di Inggris ada yang namanya Turnitin. Turnitin adalah aplikasi yang digunakan universitas untuk mendeteksi plagiarisme suatu karya akademik. Di Inggris, kita harus belajar secara independent, baik di dalam sekolah maupun luar sekolah. Kita harus mempunyai waktu untuk belajar sendiri after school, jika tidak maka kemungkinan untuk berhasil kuliah di Inggris sangat kecil karena para dosen di Inggris hanya memberi perintah dan membuka ruang diskusi. Jadi selain independent learning, kita juga harus aktif.

 

 

Bagaimana dosen di Inggris menurut kamu?

Di kelas suasananya interaktif dan dosennya sangat supportive. Dosen di Inggris menurut saya sangat sabar dalam membimbing mahasiswa dari yang pintar sampai yang harus diajarkan pelan-pelan semuanya dibimbing dengan sabar dan setiap materi dijelaskan dengan sangat detail. 

 

 

Apakah susah untuk menghubungi dosen?

Dosen di Inggris sangat aktif jika dihubungi melalui email. Jika ada pertanyaan dan jika ada janji dengan dosen, selama ini saya selalu menghubungi melalui email. Sangat penting untuk menyimpan email kampus di handphone karena setiap minggu bahkan setiap 2 hari sekali pasti ada pengumuman dari kampus atau ada tugas dari dosen. Jadi tetap harus stand by.

 

 

Apa tips belajar yang berguna untuk kamu selama ini?

Cari partner belajar. Misalnya, jika saya belum mengerti pelajaran akuntansi maka saya mencari partner belajar baik itu teman sekelas atau teman dari Indonesia yang lulusan ekonomi. Dengan begitu, kita menjadi ada teman sharing sambil mendapatkan ilmu juga.

 

 

Apakah susah mencari teman belajar di kampus?

Mencari teman belajar di kampus untuk saya lumayan mudah. Intinya kembali pada diri sendiri harus proactive dan tidak boleh malu untuk bertanya, selain itu tidak boleh sering negative thinking. Kita juga harus mengenal karakter teman-teman kita masing-masing seperti apa. 

 

 

Pernah mencoba seminar terbuka dari universitas lain?

Saya pernah mengikuti seminar di Oxford SaÏd Business School. Mereka memiliki 4 kali recruitment, dan setiap jeda recruitment mereka mengadakan workshop. Jika ingin mengikuti workshop kita harus daftar online terlebih dahulu karena mereka membatasi jumlah peserta workshopnya. Pengalaman yang saya dapatkan sangat berkesan karena saya mendapat kenalan baru tak hanya sebatas mahasiswa tetapi banyak juga traveller dan pekerja yang datang ke workshop tersebut sehingga kita dapat berbagi banyak pengalaman disana.

 

 

Baca juga:

CERITA PUTERI INDONESIA 2015 KULIAH DI INTO LONDON WORLD EDUCATION CENTRE

CERITA & TIPS KULIAH DI LONDON DARI ANINDYA KUSUMA PUTRI

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Wajib dibaca

Dapat Beasiswa Inggris Sambil Membawa Keluarga

Hotcourses Indonesia sangat senang dapat mengundang Bapak Asep Setiawan , jurnalis radio BBC London, sebagai blogger tamu Hotcourses bulan ini. Sebagai alumni Birmingham University dengan pengalaman tinggal dan kerjanya yang sudah lama di Inggris, Bapak Asep mengulas tentang apa yang patut diperhatikan bagi mahasiswa yang ingin membawa keluarga saat menerima beasiswa atau hendak kuliah di Inggris .   Bagi penerima beasiswa yang sudah berkeluarga,

21.6K