Informasi penting
Amerika Serikat: Before you leave

6 UNIVERSITAS BERGENGSI DI AS DENGAN TRADISI NATAL UNIK

6 Universitas Bergengsi Di AS Dengan Tradisi Natal Unik

Peringatan Hari Raya Natal memang selalu identik dengan suasana yang meriah dan hangat. Beberapa negara dan daerah bahkan punya tradisi unik saat Natal, seperti penduduk Caracas di Venezuela yang ramai-ramai bersepaturoda ke gereja untuk mengikuti misa Natal. Tapi ternyata bukan hanya negara dan daerah tertentu saja yang punya tradisi-tradisi seperti ini lho. Beberapa universitas bergengsi di AS juga punya tradisi yang tak kalah menariknya. Mau tahu tradisi apa saja yang ada di universitas-universitas tersebut? Langsung saja baca di bawah ini.


Massachusetts Institute of Technology (MIT)

(Peringkat 1 di QS World University Rankings 2021)


Sejak tahun 1930-an, Women's League (Liga Perempuan) di universitas ini selalu mengadakan acara pembuatan Christmas Wreath (karangan bunga Natal berbentuk lingkaran) untuk dipajang di pintu masuk utama MIT. Dalam acara ini, para sukarelawan yang telah dikumpulkan akan membantu tim ahli untuk membuat karangan bunga dengan ukuran ekstra besar.

 

Sayangnya aktivitas ini tidak bisa dilakukan pada tahun 2020 karena Covid-19, namun tim pemeliharaan gedung dan taman MIT untuk sementara mengambil alih tugas ini dengan bantuan dana dari Women's League.

 

 

 

Standford University

(Peringkat 2 di QS World University Rankings 2021)

 

Salah satu perayaan natal yang menjadi tradisi Stanford adalah Messiah Sing/Play-Along. Dalam acara terbuka ini, para musisi dari departemen musik Stanford akan menampilkan salah satu karya Handel, yaitu 'Messiah'. Uniknya, para penonton diundang untuk bernyanyi solo di panggung atau memainkan alat musik yang mereka bawa sebagai bagian dari orkestra. Kepopuleran acara ini berhasil menarik sekitar 1.200 musisi dan penyanyi untuk berpartisipasi setiap tahunnya.

 

Penasaran dengan suasana acara ini? Langsung saja tonton video Messiah Sing/Play-Along di link ini.

 

Harvard University

(Peringkat 3 di QS World University Rankings 2021)

 

Dalam 50 tahun terakhir, Harvard memiliki tradisi untuk mengadakan acara yang bertajuk The Christmas Revels. Acara yang diadakan di Teater Sanders ini menampilkan berbagai jenis musik, tarian, cerita rakyat dan ritual musim dingin dari berbagai belahan dunia. Contohnya, The Christmas Revels berfokus pada budaya negara-negara Nordik pada tahun 2018 dan budaya Wales pada tahun 2015. Acara ini juga memberi kesempatan berpartisipasi langsung bagi para penontonnya.

 

Kamu bisa menyaksikan cuplikan acara ini di video berikut:

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Purdue University

(Peringkat 109 di QS World University Rankings 2021)
 

Kalau kamu suka pertunjukan bertemakan Natal, pasti kamu akan tertarik dengan Purdue Christmas Show di Purdue University. Tradisi yang telah berlangsung sekitar 8 dekade ini menghadirkan lebih dari 100 penampil yang menyanyikan dan menarikan lagu-lagu yang sering kita dengar di masa liburan akhir tahun. Perlu dicatat bahwa universitas ini tidak memiliki jurusan musik, jadi para penampil adalah mahasiswa dari berbagai jurusan di Purdue yang kebetulan memiliki hobi menyanyi dan menari. Kualitas acara ini sangat tinggi, sehingga ditayangkan di televisi tiap tahunnya.

 

Dalam video berikut, kamu bisa menyaksikan Purdue Christmas Show 2020 yang diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan terbaru.

 

 

Princeton University

(Peringkat 29 di QS World University Rankings 2021)

 

Salah satu tradisi Natal unik di universitas ini adalah 25-Hour Holiday Radio Show yang diselenggarakan oleh WPRB (radio kampus di Princeton). Sejak tahun 1988, penyiar Jon Solomon selalu menemani para pendengar dari tanggal 24 hingga 25 Desember dengan maraton lagu-lagu natal. Awalnya program lagu natal ini hanya berlangsung selama 12 jam, namun kini durasi program ini bertambah hingga 25 jam. Jumlah koleksi lagu bertema Natal di radio ini telah mencapai sekitar 6.000 lagu dan Jon menyeleksi 300 lagu dari koleksi tersebut untuk diputar selama seharian penuh.

 

Untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku, tahun ini Jon Solomon menyiarkan acara ini dari rumahnya.

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jon Solomon (@jonsolomon)

 

Boston University

(Peringkat 110 di QS World University Rankings 2021)

 

BU Today, situs berita Boston University (BU), memiliki satu tradisi Natal yang mengundang tawa: Ugly Sweater Contest. Tiap tahunnya, para staf dan mahasiswa BU bisa berkompetisi untuk mencari sweter bertemakan Natal dengan nilai estetika terendah. Semua peserta kemudian akan diundang ke studio BU Today untuk difoto dan 3 orang akan dipilih sebagai pemenang.

 

Mau tahu sweter apa saja yang sempat masuk dalam kontes ini? Kamu bisa lihat di bawah ini:

 

  

Masih ingin mendalami serba-serbi universitas di AS? Baca saja panduan lengkap kami mengenai kuliah di Amerika Serikat atau unduh brosur resmi dari berbagai universitas AS di sini. Jangan lupa juga untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

Sumber:

Northwestern.edu
Ivywise.com
MIT.edu
Stanford.edu
BU.edu

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.